Makanan Dan Minuman

Bingung Mau Bawa Bekal Buat di Perjalanan? Bikin Abon Ayam Aja!

resep membuat abon ayam - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : rumahmesin

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, jumpa lagi dalam artikel kuliner atau resep makanan. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas resep membuat abon ayam yang super lezat dan mudah. Makanan yang satu ini memang sudah menjadi makanan umum keluarga di Indonesia. Hanya dimakan dengan nasi hangat saja rasanya sudah nikmat sekali ya sahabat explorer, apalagi jika dicampur dengan lauk lainnya, wah makin enak aja deh rasanya! Selain itu, makanan ini juga awet untuk waktu yang cukup lama, asalkan penyimpanannya benar sahabat explorer. Oleh karena itu, abon itu merupakan makanan yang paling cocok untuk keluarga saat traveling. Bisa dinikmati saat di dalam mobil (kecuali si pengemudi ya :D), atau saat berhenti sejenak di rest area. Sahabat explorer biasanya kalau makan abon itu beli atau bikin sendiri? Abon memiliki berbagai macam olahan daging, mulai dari sapi, ayam, ikan, udang dan lain-lain. Dijamin semuanya nikmat-nikmat deh!

Resep Membuat Abon Ayam

Kali ini, YoExplore akan memberikan resep membuat abon ayam yang mudah dan nikmat. Kenapa ayam? Karena dagingnya lebih murah daripada daging sapi, dan juga sudah menjadi daging favorit masyarakat Indonesia. Baiklah, kalau begitu langsung kita simak saja yuk cara membuat abon ayam dan kira-kira bahannya apa saja sih yang diperlukan? Cekidot!

Baca Juga : Ngantor di Wilayah Jakarta Selatan? Makan Siang di Sini Aja!

Sebelum masuk ke bahan-bahannya, kalian harus tahu terlebih dahulu nutrisi yang ada pada daging ayam. Daging ayam ini memiliki protein yang tinggi dan juga terdapat asam amino. Asam Amino ini berfungsi untuk membangun otot di dalam tubuh. Daging ayam juga memiliki mineral dan vitamin yang banyak. Salah satu vitaminnya adalah Vitamin A dimana bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan juga menajamkan penglihatan. Lalu ada Vitamin B, yang dapat mencegah penyakit katarak, menjaga sistem pencernaan, mengatasi gangguan jantung dan lain lain. Lalu ada juga Vitamin D yang berfungsi untuk penyerapan kalsium dan menyehatakan tulang.

Bahan-Bahan Membuat Abon

Bahan-bahan untuk membuat abon ini memang sedikit banyak, namun tentu rasanya akan lebih nikmat dan juga lebih sehat karena bikin sendiri. Usahakan menggunakan bahan-bahan yang baru dan segar ya sahabat explorer, agar rasanya semakin ‘keluar’ dan tentunya lebih gurih tanpa MSG.

Bahan yang diperlukan :

  • 500 gram daging ayam/ fillet ayam
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 centimeter lengkuas (dimemarkan)
  • 1 batang Serai
  • 400 ml Santan
  • Air secukupnya untuk merebus
  • Minyak goreng secukupnya

 

Itulah bahan-bahan resep membuat abon ayam yang perlu kalian miliki. Semuanya ini tersedia di pasar, dan tidak susah untuk dicari kok sahabat explorer. Memang kalau makanan Indonesia itu banyak akan bumbu dari rempah-rempah, mungkin bagi kalian yang tidak terbiasa masak makanan Indonesia, harus memperhatikan cara membuatnya berikut ini.

Bumbu Yang Dihaluskan

Selain itu, masih ada bumbu lainnya lagi yang harus dihaluskan terlebih dahulu sahabat explorer, yaitu :

  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri, di sangrai
  • 1 cm kunyit
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Garam secukupnya
  • 25 gram gula merah, sisir halus
  • Minyak secukupnya (takaran untuk menumis)

Setelah kalian mempersiapkan bumbu yang sudah dihaluskan ini, barulah kita langsung masuk ke cara membuat abon ayamnya. Sejauh ini bagaimana sahabat explorer? Apakah sudah merasa kesulitan mencari takaran bumbu yang pas? Hehe, jangan menyerah ya! Terus mencoba.

Cara Membuat

Rebus daging ayam hingga matang atau melunak, lalu kalian angkat dan tiriskan. Pukul atau tumbuk daging ayam yang sudah lunak tersebut hingga seratnya keluar. Setelah itu, daging ayam yang sudah ditumbuk tadi langsung kalian suwir-suwir secara halus.

Selanjutnya, kalian langsung tumis bahan-bahan yang dihaluskan tadi hingga harum. Kemudian tambahkan bahan-bahan lainnya yaitu serai, daun salam, daun jeruk dan juga lengkuas. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur ya sahabat explorer. Dari aromanya saja sudah bikin perut keroncongan, apalagi pas sudah jadi ya? Dijamin rasanya nikmat banget deh dengan perpaduan bumbu-bumbu tersebut!

Selanjutnya dalam resep membuat abon ayam, kalian bisa masukkan santan ke dalam tumisan tersebut, lalu masak hingga mendidih. Setelah itu, kalian langsung masukkan ayam-ayam yang sudah disuwir tadi, kemudian aduk-aduk dan masak hingga santannya mulai menyusut dan ayamnya agak sedikit kering. Setelah itu, kalian bisa angkat lalu tiriskan, dan kemudian sisihkan sejenak.

Panaskan minyak secukupnya, lalu goreng suwiran ayam tadi di atas api yang sedang hingga mengering. Setelah itu kalian bisa angkat, tiriskan dan taruh di atas tisu serap minyak, lalu peras hingga benar-benar minyaknya keluar semua.

Kemudian apa lagi nih kira-kira? Langsung sajikan abon ayam buatan rumah kalian ke anggota keluarga! Dijamin rasanya nikmat banget deh sahabat explorer. Penulis saja jadi ngiler sendiri dan ingin coba bikin sesampai di rumah nanti.

Makanan Yang Cocok Untuk Dibawa Traveling

Sahabat explorer, itulah resep membuat abon ayam yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk ceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Kalian juga bisa request resep makanan lainnya dengan tulis di kolom komentar. Sampai bertemu lagi di tulisan dan resep makanan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar