Makanan Dan Minuman

Suka Makanan Gurih? Langsung Bikin Cheese Stick Keju Yuk!

resep membuat cheese stick - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: agenstikkejumurah

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian penyuka makanan dengan rasa yang gurih? Kalau iya, kita sama sahabat explorer! Pasti kalian akan suka dengan makanan yang akan kita bahas resepnya ini. Dalam tema makanan dan minuman hari ini, kita akan membahas resep membuat cheese stick yang tentunya renyah, gurih dan mudah dibuat! Rasanya yang gurih ini memang bakalan bikin ketagihan, jadi bisa sering-sering nih buatnya sahabat explorer. Cocok bagnet buat cemilan disaat sore hari atau sambil menemani kegiatan kalian misalnya membaca buku, main game, atau sekedar menonton tv dan streaming film. 

Resep Membuat Cheese Stick

Cara membuat cemilan ringan yang satu ini tidak susah kok sahabat explorer. Tidak memerlukan skill masak yang tinggi untuk dapat membuatnya, yang penting kalian perhatikan saja langkah-langkah yang akan kami berikan ini. 

Baca Juga: Kurangi Sampah Saat Naik Pesawat Dengan Melakukan Hal Ini

Bahan-Bahan

Sebelum masuk ke dalam cara membuat, ada beberapa bahan-bahan yang perlu kalian siapkan sahabat explorer. Tenang saja, bahan-bahannya mudah dicari di pasar kok! Semuanya mudah ditemukan di pasar tradisional atau mungkin minimarket. Berikut adalah bahan-bahannya: 

  1. Bahan utama yang harus kalian persiapkan adalah 250 gram Tepung Terigu protein sedang yang biasa digunakan di rumah.
  2. Setengah sendok makan Tepung Maizena.
  3. 100 gram Tepung Sagu. Ayak dahulu agar hasilnya jadi kue yang renyah.
  4. 50 Gram Mentega kuning atau mentega yang biasanya buat olesan roti.
  5. 180 gram Keju tua atau keju Parmesan. Keju diparut di tempat terpisah.
  6. 2 butir Telur ayam ukuran kecil. Dikocok di tempat terpisah dahulu.
  7. 100 ml air masak matang atau juga bisa menggunakan air mineral.
  8. Setengah sendok kecil atau sendok teh baking powder.
  9. Setengah sendok teh kaldu ayam bubuk (Berguna untuk menambah aroma dan rasa renyah dan gurih di Stick kejunya nanti)
  10. Setengah sendok teh garam dapur beryodium.

Bagaimana sahabat explorer? Bahan-bahannya mudah dicari semua kan? Pasti gampang deh menemukannya! Mungkin di warung-warung yang lumayan besar dekat rumah kalian juga dijual loh jika kalian tidak memilikinya di rumah. 

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan tersebut sudah dipersiapkan, sekarang waktunya untuk masuk ke resep membuat cheese stick-nya sahabat explorer. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar hasilnya maksimal dan rasanya luar biasa!

  1. Ambil wadah dengan ukuran yang lumayan besar. Masukkan Tepung Terigu, Tepung Maizena dan Tepung Sagu. Aduk menggunakan spatula atau pengaduk lainnya sampai merata.
  2. Masukkan baking powder, garam dapur dan juga kaldu ayam bubuk. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  3. Masukkan 180 gram Keju Parmesannya dan Telur yang sudah di kocok di atas. Aduk kembali dengan tangan sambil diuleni ya sahabat explorer.
  4. Masukkan air matang sedikit demi sedikit sambil diuleni dan diaduk dengan tangan. Pastikan semua bahan adonan tercampur dengan sempurna sampai kelihatan menggumpal.
  5. Masukkan 50 gram parutan mentega ke dalam adonan. Uleni lagi sampai adonan Cheese stick goreng tercampur sempurna.
  6. Masukkan adonan yang sudah jadi di atas ke dalam alat penggiling. Kemudian potong dengan panjang sekitar 8 cm sampai 11 cm atau sesuai dengan selera kalian.
  7. Panaskan wajan dengan minyak secukupnya dan api sedang. Goreng adonan yang sudah dipotong sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Gampang kan sahabat explorer resep membuat cheese stick yang satu ini? Rasanya dijamin gurih dan enak banget deh! Cocok banget buat kalian yang suka ngemil makanan rasa gurih. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar