Makanan Dan Minuman

Bingung Masakan Untuk Makan Malam? Masak Dendeng Sapi Kering Aja Yuk!

resep membuat dendeng sapi kering - yoexplore - yoexplore.co.id
image source: harianmu.com

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, pada saat jam makan siang, kemungkinan besar memang anggota keluarga tidak akan lengkap berada di rumah. Masih ada yang bekerja, sekolah, kuliah atau aktifitas lainnya yang justru membuat mereka semua malah makan di luar. Dengan demikian, sepertinya membuat makanan yang spesial untuk malam hari itu menjadi sebuah hadiah yang terbaik bagi anggota keluarga. Dalam tema makanan dan minuman kali ini, YoExplore akan memberikan resep membuat dendeng sapi kering yang tentunya akan sangat nikmat sahabat explorer. Hanya dengan sambal dan sepiring nasi hangat, rasanya akan sangat nikmat sahabat explorer. Boleh banget nih kalian bikin sambelnya juga! Bisa sambal terasi, sambal bawang, sambal mangga atau sambal gandaria. Semua jenis sambal sepertinya cocok untuk dendeng sapi kering ini.

Resep Membuat Dendeng Sapi Kering

Rasanya yang gurih, nikmat dan juga daging yang empuk dipadu dengan bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia membuat makanan ini menambah selera makan kita. Cara membuatnya memang lumayan memakan waktu yang cukup lama dan juga butuh ketelitian. Kenapa? Karena bumbunya lumayan banyak sahabat explorer, namun itulah ciri dari masakan Indonesia. Memang lebih mudah membuat makanan western dibanding makanan Indonesia, karena bumbunya tidak banyak dan juga gampang dicari. Berbeda dengan Indonesia sahabat explorer, namun untuk urusan rempah dan bumbu, kita juaranya dan tidak akan kesulitan untuk membuatnya. Baiklah kalau begitu, mari kita langsung simak resep membuat dendeng sapi kering-nya ya! Cekidot

Baca Juga: Tempat Ini Bakal Bikin Kalian Serasa Di Surga!

Bahan-Bahan

Sahabat explorer, sebelum masuk ke dalam cara mengolah resep membuat dendeng sapi kering ini, ada beberapa bahan-bahan yang perlu kalian persiapkan terlebih dahulu. Tentunya selain bahan utamanya yaitu Daging Sapi 1kg, ada beberapa bahan untuk bumbu tepatnya yang harus kalian persiapkan. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

  • 8 siung bawang putih, kupas 
  • 4 buah cabe merah, diulek kasar 
  • 1/2  sdm asam jawa 
  • 1 sdt merica bubuk 
  • 2 sdm garam 
  • 1/2 ons ketumbar 
  • 300 gr gula merah 
  • Air kaldu dari rebusan daging 
  • 1 liter air untuk merebus daging

Setelah bahan ini siap, masih ada hal lain yang harus kalian lakukan sahabat explorer. Hal ini adalah dalam mengolah daging sapi sebelum diberikan bumbu. Hal ini dilakukan agar daging sapi bisa meresapi bumbu yang akan kalian berikan, sehingga rasanya tetap juara!

Cara Mengolah Daging Sapi

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu adalah dengan memotong-motong daging sapi yang sudah kalian siapkan dengan bentuk sesuai dengan selera. Hanya saja, usahakan untuk memotong daging melawan arah serat daging agar ketika daging dimasak tidak mudah hancur, selain itu, daging yang dipotong dengan arah melawan serat akan membuat daging menjadi lebih mudah empuk. 
  2. Setelah selesai memotong-motong daging, selanjutnya silahkan masukan potongan daging kedalam wadah atau mangkuk berukuran besar. 
  3. Siapkan talenan atau berikan alas yang bersih di bagian bawah daging, kemudian ambil pemukul daging dan pipihkan daging dengan menggunakan pemukul hingga daging menjadi bentuk pipih. 
  4. Setelah dipipihkan, masukkan kembali daging kedalam wadah atau mangkuk dan sisihkan sementara sebelum kita olah dan dibumbui dengan rempah.

Setelah hal ini kalian lakukan, barulah kita masuk ke dalam resep membuat dendeng sapi kering ini. Langsung disimak cara memasaknya ya sahabat explorer, ikuti langkah-langkahnya agar tidak salah dan hasilnya maksimal!

Cara Memasak

  1. Siapkan panci, berikan air secukupnya dan masukkan potongan daging kedalam panci tersebut kemudian masukkan bawang putih dan rebus daging hingga teksturnya menjadi lebih empuk dan hampir matang serta kuah rebusan daging menjadi menyusut lebih sedikit. 
  2. Selanjutnya, silahkan haluskan semua bumbu hingga bumbu benar-benar halus secara merata. 
  3. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan tersebut kedalam wadah dan angkat daging dari rebusan kemudian lumuri semua permukaan daging dengan bumbu halus ini. Pastikan jika semua bagian permukaan daging dibersihkan dengan baik. 
  4. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 2-3 jam sampai bumbu yang dilumuri pada daging bisa meresap secara keseluruhan ke dalam daging. 
  5. Selesai didiamkan selama waktu yang telah ditentukan, sekarang jemur daging di bawah terik sinar matahari sampai dendeng daging menjadi benar-benar kering secara merata dan tidak ada kandungan air pada daging. 
  6. Setelah daging kering dari jemuran, sekarang siapkan minyak diatas wajan yang panas dan tunggu hingga minyak panas. Kemudian goreng dendeng hingga matang, jangan dulu membalikan dendeng, biarkan terlebih dahulu hingga kering dan baru balikan.

Setelah matang, angkat dendeng tersebut dari penggorengan dan tiriskan terlebih dahulu minyaknya. Setelah itu, baru tuangkan pada mangkuk saji dan kini dendeng daging sapi kering manis kita siap untuk disantap dan disajikan untuk keluarga. Ingat, jangan lupa untuk membuat sambal dan juga nasi hangat yang pulen sahabat explorer, dijamin makin nikmat deh makan malam kalian!

Tunggu Resep Nikmat Lainnya!

Sekian tulisan mengenai resep membuat dendeng kering sapi ini, semoga bermanfaat dan selalu bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga kalian. Seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar