Makanan Dan Minuman

Cara Membuat Donat Kentang Yang Empuk Dan Nikmat!

resep membuat donat kentang - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: selerasa

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, soal kuliner memang Indonesia tidak pernah habis ide. Mulai dari makanan berat hingga cemilan seperti donat kentang ini tentu menggugah selera kita semua. Siapa si yang tidak suka donat? Kue berbentuk bulat dan bolong di tengahnya ini sudah menjadi favorit orang Indonesia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Mencari donat ini tidak susah sama sekali sahabat explorer, mulai dari toko kue besar sampai jajanan di pinggir jalan juga mudah ditemukan. Donat sendiri sekarang sudah banyak macamnya sahabat explorer, mulai dari donat biasa dengan taburan gula halus, lalu dengan topping coklat sampai ke donat kentang. Dalam artikel kali ini YoExplore akan membahas mengenai resep membuat donat kentang yang empuk dan nikmat tentunya. 

Resep Membuat Donat Kentang

Seperti biasa, ada beberapa bahan-bahan yang perlu disiapkan pada resep membuat donat kentang ini sahabat explorer. Bahan-bahan ini bisa kalian cari di toko kue terdekat. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya! Cekidot!

Baca Juga: Kue Kamir, Cemilan Yang Gurih Dan Enak Buat Ngopi!

Bahan-Bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kalian persiapkan untuk membuat donat kentang ini sahabat explorer. Mungkin kalian bisa beli di toko kue atau pasar tradisional terdekat dari rumah kalian. 

  • 1/2 kg tepung terigu (kualitas terbaik)
  • 4 butir telur
  • 1/4 kg kentang
  • 1/4 kg mentega
  • 10 gram ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 4 sdm gula (atau secukupnya sesuai selera)
  • 4 sdm susu bubuk full cream
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 gelas air (sekitar 100 ml)
  • Minyak goreng (secukupnya)

Bahan Topping

  • 100 gram dark cooking chocolate (lelehkan)
  • 1 sdm margarin
  • Meses, tepung gula, cokelat stroberi (lelehkan)

Mungkin di Minimarket atau Supermarket juga ada nih bahan-bahannya sahabat explorer. Gak perlu belanja online kok, bahannya mudah dicari!

Cara Membuat

Setelah bahan-bahannya terkumpul, kita langsung masuk ke dalam cara membuatnya sahabat explorer. Resep membuat donat kentang ini tidak sulit, kalian hanya perlu mengikuti saja langkah-langkah berikut ini agar hasilnya maksimal. 

  1. Kupas kentang dan potong menjadi beberapa bagian lalu kukus hingga matang dan empuk. Jika sudah matang, haluskan kentang dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Masukkan tepung terigu, susu, susu bubuk, ragi, telur, baking powder dan kentang yang telah dihaluskan ke sebuah wadah. Aduk semua bahan hingga rata.
  3. Aduk semua bahan hingga adonan kalis lalu diamkan kira-kira selama 30 menit sampai adonan mengembang.
  4. Ketika adonan sudah kalis, masukkan mentega, garam dan air secukupnya. Aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata dan adonan benar-benar kalis. Diamkan kira-kira selama 20 menit agar adonan mengembang dengan sangat baik.
  5. Bentuk adonan yang sudah mengembang menjadi donat. Kamu bisa membentuknya dengan cara manual atau dengan mencetaknya dengan cetakan donat.
  6. Panaskan minyak lalu goreng donat hingga warnanya kuning keemasan serta matang. Goreng donat dengan api kecil agar donat terbentuk dengan sempurna.
  7. Donat yang sudah matang bisa diberi toping berupa dark chocolate, cokelat stroberi, tepung gula atau meses.

Sahabat explorer, itulah resep membuat donat kentang yang empuk dan nikmat. Mudah bukan? Kalian bisa langsung buat di rumah sekarang juga loh. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar