Makanan Dan Minuman

Lebaran Sudah Lewat 1 Bulan, Tapi Kue Ini Tetap Banyak Dicari Orang!

resep membuat kastengel - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: resepcaramemasak

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Siapa yang lebaran kemarin di rumahnya makan kue kastengel? Pasti banyak deh! Bisa dibilang kue ini adalah kue wajib saat momen lebaran! Kue khas Belanda ini memang menjadi kue kegemaran orang Indonesia. Rasanya yang gurih dan juga lezat, ditambah dengan paduan keju dan mentega yang bikin kue ini menjadi asin dan nagih. Zaman sekarang kue kastengel ini sudah banyak variasinya, mulai ada yang polos, lalu topping keju, lalu ada kastengel dengan isian, dan lain-lain. Meskipun lebaran sudah lewat, namun kenikmatan kue ini rasanya tetap dicari oleh orang-orang ya. Daripada beli, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah loh! Kali ini akan kita bahas resep membuat kastengel yang gurih dan nikmat! Simak ulasannya ya!

Resep Membuat Kastengel

Membuat kue ini memang susah-susah gampang, karena dibutuhkan perhatian khusus agar kue ini garing walaupun bentuknya sedikit tebal. Selain itu, rasa asin dari keju dan juga mentega juga harus diperhatikan, takarannya harus pas agar tidak terlalu asin sahabat explorer. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan dalam resep membuat kastengel ini seperti loyang, mixer, dan juga oven. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak bahan-bahan dan juga cara membuat kue kastengel ini ya sahabat explorer! Cekidot!

Baca Juga: Kue Wajib Saat Lebaran? Ya Nastar Keju Dong!

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Sebelum masuk ke dalam cara membuat kue kastengel, maka kalian harus mempersiapkan bahan-bahan ini terlebih dahulu. Bisa dicari di toko perlengkapan kue setempat, atau mungkin di mini market untuk bahan-bahan dasar seperti terigu dan telurnya sahabat explorer. Persiapkan bahan-bahan ini ya!

  1. Bahan utama yang harus dipersiapkan adalah 450 gram Tepung terigu. Gunakan Tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah (merk yang cukup terkenal yang sering digunakan adalah Kunci Biru).
  2. 1 sdt baking powder.
  3. 100 gram margarin.
  4. 200 gram Mentega tawar atau mentega unsalted butter. Diparut.
  5. 250 gram Keju Parmesan atau Keju Edam (bisa di sebut juga keju tua, diparut)
  6. 3 butir Telur ayam. Dipecah dan diambil bagian kuningnya saja.
  7. Kaldu ayam bubuk sedikit (sekitar 1 sendok teh, untuk menambah rasa gurih di hasil jadi).
  8. Garam dapur beryodium satu sendok teh.
  9. 50 gram susu bubuk full cream.
  10. Bahan untuk olesan yang dibutuhkan adalah 1 butir telur ayam diambil kuningnya saja dan 70 gram Keju Cheddar diparut dan ditaburi di atas kue.

Lumayan banyak juga ya sahabat explorer, jangan sampai salah untuk kejunya ya! Karena ada 2 jenis keju yang kalian pakai dalam membuat kue kastengel ini. Kalau bahan-bahan sudah dipersiapkan semua, sekarang mari kita langsung praktek resep membuat kastengel ini!

Cara Membuat

Perhatikan langkah-langkah berikut ini ya sahabat explorer, jangan sampai ada yang skip! Karena pembuatannya juga cukup rumit apalagi bagi kalian yang masih pemula. Mari langsung kita simak ya!

  1. Ambil satu wadah yang cukup besar buat adonan utama.
  2. Masukkan 200 gram mentega tawar, 100 gram margarin, 1 sendok teh garam dan kaldu ayam. Kocok dengan menggunakan mixer berkecepatan sedang hingga  mengembang.
  3. Masukkan satu persatu 3 butir kuning telur ayamnya. Mixer lagi semua bahan sampai tercampur rata.
  4. Ambil wadah kedua. Masukkan 450 gram tepung terigu protein sedang dan 50 gram susu bubuk full creamnya. Aduk dan campur sampai rata dan ayak.
  5. Masukkan campuran tepung terigu, baking powder dan susu bubuk di atas ke dalam adonan utama sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk. Aduk terus menggunakan spatula atau tangan sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.
  6. Masukkan 250 gram Keju parmesan atau keju edam di atas ke dalam adonan. Aduk terus semua bahan sampai rata dan terasa kalis.
  7. Cetak adonan sesuai selera. Biasanya berbentuk persegi panjang dengan ukuran 0.8 cm x 5 cm. Taruh ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan sedikit margarin (supaya tidak lengket) dengan rapi. Jaga jarak antar kue tidak terlalu rapat.
  8. Panaskan oven sampai mencapai suhu sekitar 170 derajat celcius. Masukkan loyang yang sudah berisi cetakan kue ke dalam oven. Panggang sampai matang dan berwarna coklat muda.
  9. Sambil menunggu kue kering di loyang matang, siapkan bahan untuk olesannya. Ambil satu wadah kecil dan masukkan kuning telurnya. Tidak perlu di kocok. Cukup diaduk sebentar.
  10. Kue Kastengel yang sudah matang diolesi sedikit kuning telur di atasnya. Taburi dengan Keju parut di atasnya. Dinginkan sebelum dimasukkan ke dalam tempat kue.

Kastengel Gurih & Nikmat!

Bagaimana sahabat explorer? Susah susah gampang kan resep membuat kastengel ini? Bisa langsung kalian praktikan di rumah ya! Untuk urusan mentega, kalian bisa pilih merk yang paling kalian suka atau yang memang sudah terkenal enak. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar