Makanan Dan Minuman

Lebaran? Ya Pasti Makan Ketupat Lah! Simak Resepnya Ya!

resep membuat ketupat sayur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : resepcaramemasak

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer! Lebaran telah tiba! Kami segenap keluarga besar YoExplore dan Qloti mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2019, Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga puasa kita selama sebulan ini diterima oleh Allah SWT, amin. Berhubung dengan datangnya hari suci ini, di Indonesia sudah menjadi tradisi untuk menikmati yang namanya ketupat sayur dan juga opor ayam! Makanan yang satu ini memang biasanya disajikan pada saat lebaran saja sahabat explorer, jadi rasanya pasti ngangenin! Gurih dari bumbu dan juga rasa yang sedikit pedas ini memang Indonesia banget deh! Tradisi yang sudah menjadi turun temurun ini memang menjadi ciri khas di Indonesia. Di negara lain tidak ada nih menikmati ketupat sayur pada saat lagi lebaran. Kalau dirunut, sejarahnya panjang deh sahabat explorer, kita akan bahas kapan-kapan dalam episode sejarah di YoExplore magazine ya! Sekarang mari kita simak resep membuat ketupat sayur ini terlebih dahulu yuk!

Resep Membuat Ketupat Sayur

Oia, makanan yang satu ini memang enak, namun jangan sering-sering dikonsumsi ya sahabat explorer, karena mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Namun, sesekali saja tidak apa-apa, karena ada kandungan santan dan juga berbagai jenis bumbu lainnya yang memang mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Untuk mengobati rasa kangen dan menjalankan tradisi setahun sekali ya tidak apa-apa deh sahabat explorer. Yang terpenting adalah suasana kekeluargaan dan juga sepertinya gak lebaran kalo gak makan ketupat! Bagi kalian yang penasaran dengan rasa nikmat ketupat tersebut dan ingin mencobanya, kali ini YoExplore akan berikan resepnya dan sekaligus cara membuatnya. Baiklah kalau begitu, mari kita simak saja yuk ulasannya!

Baca Juga : Takjil Favorit Bulan Puasa Kalian Apa?

Bahan-Bahan

Sebelum masuk ke dalam proses pembuatan ketupat sayur, ada beberapa bahan-bahan yang perlu kalian persiapkan nih sahabat explorer. Kira-kira seperti ini lah bahan-bahan yang diperlukan :

  • Lontong atau ketupat secukupnya (potong kecil-kecil)
  • Labu siam 2 buah, potong korek api (kecil dan memanjang)
  • Tahu 1 kotak, potong dadu dan goreng sebentar sampai berkulit sedikit renyah
  • Tempe 1 papan, potong dadu, goreng sebentar, angkat dan tiriskan
  • Udang kecil 100 gram, dan jangan lupa buang kulitnya!
  • Telur puyuh rebus 15 butir (bisa diganti dengan telur ayam rebus dan daging ayam, jika suka) sesuai dengan selera kalian
  • Daun salam 2 lembar
  • Serai 2 batang, ambil bagian putihnya saja lalu dimemarkan
  • Cabai rawit 15 buah
  • Santan 1000ml (dibuat dari 1/2 butir kelapa setengah tua)
  • Minyak 2 sendok makan, digunakan untuk menumis

Bumbu Halus

Masih belum selesai sahabat explorer, masih ada 2 kategori bahan lagi yang harus kalian persiapkan. Wajar saja, makanan Indonesia itu memang banyak bumbunya, maka dari itu rasanya sangat luar biasa. Persiapkan bahan-bahan ini juga ya :

  • Cabai merah besar 10 buah (boleh dibuang bijinya, kalau tidak mau terlalu pedas)
  • Bawang merah 7 butir
  • Bawang putih 3 siung
  • Kemiri 2 butir, sangrai
  • Garam 3 sendok teh (bisa disesuaikan dengan selera)
  • Gula pasir 1-2 sendok teh

Masih ada juga bumbu pelengkap lainnya yang harus kalian persiapkan agar rasanya lebih mantap!

  • Bubuk kedelai
  • Bawang goreng
  • Kerupuk warna-warni, kerupuk udang atau emping
  • Sambal, jika di rasa kurang pedas

Bumbu pelengkap ini tentunya disajikan saat ketupat sayur sudah siap disantap ya sahabat explorer. Biar rasanya semakin top markotop jos ganjos!

Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan tersebut siap, maka kalian bisa langsung mulai resep membuat ketupat sayur ini sahabat explorer. Caranya memang susah-susah gampang, ada feeling yang diperlukan untuk membuat makanan yang satu ini, agar rasanya pas, tidak terlalu tajam dan tidak hambar juga.

  1. Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus sampai matang dan tercium aroma wangi yang sedap. Masukkan daun salam dan serai, aduk rata.
  2. Masukkan udang, masak sampai berubah warnanya.
  3. Kemudian tuang santan, masukkan tahu, tempe dan telur puyuh. Dan lanjut di masak sambil di aduk sampai mendidih.
  4. Masukkan labu siam dan cabai rawit, lalu bumbui dengan garam dan gula pasir. Masak sampai matang, lalu cicipi rasanya. Silahkan tambahkan bumbu jika di rasa masih ada yang kurang.
  5. Angkat, lodeh (sayur labu siam) siap di sajikan dengan potongan lontong / ketupat dan pelengkapnya.

Nah! Kira-kira seperti itu sahabat explorer resep membuat ketupat sayur yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Jika kalian mengikuti tata cara yang disebutkan di atas tadi dengan benar, dijamin rasa makanannya top banget! Lebaran semakin terasa seru dengan rasa makanan yang luar biasa ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat libur lebaran dan have a good Eid day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar