Makanan Dan Minuman

Kue Kamir, Cemilan Yang Gurih Dan Enak Buat Ngopi!

resep membuat kue kamir - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: palmia.co.id

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian pernah mendengar yang namanya Kue Kamir? Atau kue Samir? Bentuknya bulat, seperti roti isi, namun kebanyakan kosong alias tidak ada isinya. Rasanya gurih sahabat explorer, jadi tanpa isi pun sudah terasa manis dan asin. Cocok banget nih buat temen ngopi di sore hari selain pisang goreng. Cocoknya dengan kopi pahit sahabat explorer. Dalam tema kali ini, YoExplore akan memberikan kalian resep membuat kue kamir yang enak. Yang penting memang kalian punya cetakan untuk membuat kue ini menjadi bulat seperti di gambar sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya saja yuk!

Resep Membuat Kue Kamir

Seperti biasa, kami akan memulai dengan bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat kue kamir ini. Beberapa bahan-bahan ini bisa kalian dapatkan di toko kue atau pasar tradisional sahabat explorer. Agar sempurna, usahakan semua bahan-bahan ini lengkap ya. 

Baca Juga: Cara Membuat Sop Kaki Kambing Yang Nikmat!

Bahan-Bahan

Berikut adalah bahan-bahan dalam resep membuat kue kamir:

  • ½ tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1 sdt Ragi Instan
  • 40 ons Gula Pasir
  • 250 cc air
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt Soda kue
  • ½ sdt vanili bubuk
  • Tape singkong ½ ons (buang seratnya)

Bahan-bahannya sangat mudah dicari kok sahabat explorer, kalian cukup datang ke pasar atau toko kue terdekat. Pasti kalian dapat menemukan semua bahan-bahan ini. Sekarang mari kita lanjut ke dalam cara memasak kue kamir tradisional ini sahabat explorer!

Cara Membuat

Sekarang mari kita langsung praktek resep membuat kue kamir ini sahabat explorer. Ikuti langkah-langkah berikut ini, agar hasil kuenya jadi maksimal ya!

  1. Kocok telur kemudian masukkan gula pasir, soda kue, ragi instan, vanili bubuk dan tape singkong. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit aduk sampai tercampur rata menggunakan tangan.
  2. Setelah adonan merata baru kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai mendapatkan adonan kue kamir dengan kekentalan yang pas. Jangan terlalu encer agar tidak luber dan jangan terlalu pekat agar tidak bantat. 
  3. Pukul pukul adonan agar udara yang terperangkap dapat keluar. Tutup adonan kamir dengan kain bersih lalu biarkan semalaman atau sekitar 10 jam. 
  4. Setelah 10 jam siapkan cetakan kue kamir olesi dengan margarin lalu tuangkan satu sendok sayur adonan kue kamir ke dalam cetakan. 
  5. Panggang dengan api yang kecil, saat bagian bawah mengeras dan mengeluarkan gelembung balik kue kamir dengan spatula atau sendok. Agar kamir tebal adonan jangan ditekan namun biarkan saja sampai kue kamir matang dengan sendirinya. 
  6. Angkat, lakukan proses pemanggangan sampai adonan habis. 

Sahabat explorer, itulah bagaimana resep membuat kue kamir tradisional yang rasanya dijamin mantul! Konon, kue ini berasal dari Arab, jadi pertama kali ada di Indonesia itu karena orang Arab yang datang dan membuat kue ini untuk pertama kalinya. Dengan demikian, kue yang satu ini sering disebut dengan kue Kamir Arab.

Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar