Makanan Dan Minuman

Cemilan Asyik Kue Pukis Keju Yang Lembut dan Istimewa!

resep membuat kue pukis keju - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tokomesin

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang memiliki beragam cemilan yang rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Mulai dari kue kering, kue basah semuanya ada dan rasanya juga unik-unik. Tiap daerah biasanya memiliki kue khasnya masing-masing sahabat explorer. Itulah kenikmatan menjadi warga negara Indonesia, karena kita memiliki identitas kuliner yang sangat jelas dan diakui oleh dunia. Salah satunya adalah kue pukis ini. Pada awalnya pukis ini memang hanya kue polos saja yang terbuat dari campuran terigu, telur dan lainnya. Kemudian berkembangnya zaman, pukis juga ikut berkembang, ada yang berisikan coklat, kentang, pisang dan juga keju. Khusus dalam tema resep kali ini, YoExplore akan membeberkan resep membuat kue pukis keju yang gurih, lembut dan tentunya istimewa. Simak terus ulasannya ya!

Resep Membuat Kue Pukis Keju

Kue yang satu ini juga kuat untuk waktu 2-3 hari sahabat explorer, kalian bisa menghangatkannya apabila ingin makan. Cocok untuk waktu sore hari ditemani dengan secangkir kopi pahit yang membuat rasanya menjadi ngeblend dengan kue pukis keju ini sahabat explorer. Resepnya gampang-gampang susah, karena ini berbentuk adonan, maka kalian harus mengikuti takaran yang pas agar adonannya juga berhasil sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk resep membuat kue pukis keju ini! Cekidot ya!

Baca Juga: Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan Yang Mudah!

Bahan-Bahan

Seperti biasa, kami akan memberikan kalian bahan-bahan yang diperlukan untuk resep membuat kue pukis keju ini sahabat explorer. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

  • 20 gram margarin 
  • 50 gram gula pasir 
  • 1/2 sendok teh ragi instan 
  • 1/4 sendok teh soda kue 
  • 100 gram tepung terigu 
  • 2 butir telur 
  • 125 ml susu cair
  • 30 gram keju cheddar 
  • 3 lembar keju slice

Semua bahan-bahannya mudah dicari kok sahabat explorer di toko kue terdekat. Jika kalian memang masih ada stok, kalian juga tidak perlu membelinya lagi, karena hanya sedikit saja gramasi yang digunakan dalam pembuatan kue pukis keju ini. 

Cara Memasak

Setelah semua bahan sudah siap, sekarang waktunya mempersiapkan adonannya dulu nih sahabat explorer. Dalam resep membuat kue pukis keju yang super nikmat ini, maka ada 2 tahapan dalam membuatnya. Yang pertama adalah cara mempersiapkan adonan, lalu membuat adonan hingga kue pukis jadi dan siap untuk disantap keluarga. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ya cara mengolah adonannya!

  1. Yang pertama kita akan lakukan adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat sajian kali ini. Untuk itu, silahkan siapkan sebuah cetakan pukis, baskom, mixer dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan semua peralatan ini maka kalian akan lebih mudah membuat hidangan kali ini. Untuk itu, pastikan jika kalian mempersiapkan semua peralatan ini dengan seksama.
  2. Bila sudah selesai dengan peralatan, lanjutkan langkah kali ini dengan melelehkan margarin sebagai salah satu bahan pada resep kali ini. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk melelehkan margarin adalah dengan menyiapkan sebuah wajan. 
  3. Lalu panaskan wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Tunggu sampai wajan panas secara merata. Lalu masukkan margarin ke dalamnya. Masak dan biarkan sampai meleleh. 
  4. Baru setelah itu, angkat dan sisihkan agar margarin yang telah meleleh menjadi lebih hangat pada suhu ruangan. 
  5. Selanjutnya, silahkan potong-potong keju slice dengan menggunakan pisau dengan ukuran yang kalian inginkan. Masukkan dalam mangkuk dan sisihkan sementara. 
  6. Begitu pula dengan keju cheddar yang sudah dipersiapkan. Silahkan potong bahan ini memanjang dengan menggunakan pisau secara merata. Lalu masukkan dalam wadah yang sama dan sisihkan sementara.

Kurang lebih untuk persiapannya seperti itu sahabat explorer, sekarang mari kita langsung masuk ke dalam cara membuat kue pukis keju ini. Simak terus ya!

Cara Membuat Adonan

  1. Setelah bahan dan peralatan dipersiapkan secara merata, lanjutkan langkah kali ini dengan membuat adonan pukis. Silahkan siapkan baskom dekat dengan jangkauan kalian. 
  2. Lalu masukkan ke dalamnya susu cair bersama sebagian potongan keju slice. Adu-aduk dan kocok bahan ini dengan menggunakan mixer sampai tercampur merata dan mengembang. 
  3. Lalu masukkan telur bersama dengan gula pasir. Kocok kembali bahan ini dengan menggunakan mixer pada kecepatan yang tinggi sampai pucat dan mengembang. 
  4. Perlahan silahkan masukkan tepung terigu bersama dengan ragi instan dan juga soda kue sambil disaring dengan menggunakan sarangan. Aduk dan uleni sampai merata. 
  5. Setelah itu, silahkan masukkan campuran susu tadi sedikit demi sedikit dan uleni kembali hingga semua bahan ini tercampur secara merata. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu bahan  ini sampai mengembang selama kurang lebih 30 menit. 
  6. Masukkan margarin yang telah meleleh dan aduk kembali sampai semua bahan ini tercampur merata. 
  7. Siapkan cetakan kue pukis dan olesi dengan menggunakan margarin secara merata. Lalu panaskan diatas api yang kecil. Tuangkan adonan ke dalamnya dengan merata, masak sampai setengah matang. Tutupi dan masukkan potongan keju yang masih tersisa. Tutup kembali dan masak bahan ini sampai matang secara merata.

Setelah matang dan kalian lihat bagian bawahnya sudah kecoklatan, maka angkat dan langsung sajikan kepada keluarga sekalian. Dijamin rasanya top markotop jos ganjos deh sahabat explorer! Semoga artikel resep membuat kue pukis keju ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di resep-resep selanjutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar