Makanan Dan Minuman

Kue Wajib Saat Lebaran? Ya Nastar Keju Dong!

resep membuat nastar keju - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : resepmemasakinfo

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, tanpa harus disebutkan namanya, kalian pasti sudah tau kue kering apa yang ada pada gambar tersebut. Sudah menjadi kue wajib bagi masyarakat Indonesia saat hari raya Idul Fitri sudah tiba. Kue ini menghiasi meja ruang tamu untuk disuguhkan kepada saudara dan tamu yang datang pada saat hari raya tiba. Memang tidak terasa, sekarang kita sudah semakin mendekati hari raya ya sahabat explorer. Kue Nastar keju ini sudah siap belum di meja kalian? Kalau belum YoExplore bantu deh untuk resep membuat nastar keju yang nikmat, lumer dan gurih banget! Dijamin kalian sendiri rasanya gak rela kalau kuenya dihabiskan oleh tamu! :p

Resep Membuat Nastar Keju

Namun, perlu diingat, dalam membuat kue ini diperlukan ketelitian dan takaran yang pas sahabat explorer. Jika kalian ada kekurangan atau kelebihan, bukan tidak mungkin rasanya akan amburadul sahabat explorer. Oleh karena itu, kalian harus perhatikan langkah demi langkah dalam mempraktekkan resep membuat nastar keju ini. Baikah kalau begitu, mari langsung kita simak cara membuatnya yuk sahabat explorer!

Baca Juga: Cari Jajanan Pasar Yang Unik? Ada di Jogja Nih!

Bahan Membuat Selai Nanas

Sebelum masuk ke dalam resep membuat nastar keju, kalian harus membuat isinya terlebih dahulu sahabat explorer. Umumnya, isi dari kue nastar itu adalah selai nanas, agar rasanya bisa lebih ngeblend, maka selainya kalian bisa buat sendiri. Bahan-bahannya adalah :

  • 4-5 buah nanas segar. Kupas kulitnya kemudian cuci bersih dan buang bagian tengah nanas.
  • 200 gram gula pasir
  • 1 batang kayu manis
  • 1 sdt garam

Setelah bahan-bahannya siap, kalian bisa langsung membuatnya deh! Cara membuatnya sebagai berikut:

  1. Haluskan atau blender buah nanas yang sudah dipotong-potong sampai halus tadi. Bisa juga diparut manual untuk menghaluskannya.
  2. Siapkan wajan dengan api yang kecil kemudian masukkan nanas yang sudah halus. Jangan lupa air juice blenderan nanas juga dimasukkan.
  3. Aduk-aduk nanas blenderan yang sampai airnya menguap semua.
  4. Masukkan gula pasir, lalu garam dan masukkan kayu manisnya.
  5. Aduk-aduk semua bahan selai nanas untuk nastar tadi sampai benar-benar mengental dan berbentuk menjadi selai (seperti selai roti).
  6. Angkat dan dinginkan baru kemudian masukkan ke dalam toples atau wadah yang kedap udara.

Bahan Nastar

Setelah beres membuat selai untuk isi nastar keju tadi, kalian bisa move on ke dalam resep membuat nastar keju-nya sahabat explorer. Seperti biasa, sebelum memulai ke dalam cara pembuatannya, alangkah baiknya kalian persiapkan dulu bahan-bahan berikut ini:

  • 300 gram tepung terigu berprotein rendah, (diayak halus)
  • 90 gram gula bubuk atau halus
  • 2 butir telur yang diambil hanya kuningnya saja
  • 150 gram mentega atau butter dengan kualitas bagus. Sebaiknya menggunakan merk Golden Churn, Hollman Butter atau wijsman saja.
  • 50 gram tepung Maizena
  • 100 gram margarin
  • 50 gram susu bubuk
  • 50 gram keju edam atau cheddar yang sudah diparut terlebih dahulu

Bagaimana sahabat explorer? Lumayan banyak ya bahan-bahan yang diperlukan, hehe. Namun, jika kalian mengikuti langkah ini dengan baik, bukan tidak mungkin nastar keju kalian ini bakalan banyak fans-nya!

Sekarang, masih ada bahan lagi yang harus dipersiapkan, yaitu untuk bahan olesan dan juga topping dari nastar keju itu sendiri. Bahan-bahannya adalah:

  • 1 sdm susu cair
  • 2 sdm madu
  • butir telur, diambil kuningnya saja
  • Keju parut secukupnya sesuai selera atau potongan cengkeh. (ini khusus untuk ditabur atau topping nastar)

Cara Membuat Nastar

Sahabat explorer, sekarang kita sudah sampai di penghujung dari resep membuat nastar keju. Sekarang mari kita langsung masuk ke dalam tata cara pembuatan nastar itu sendiri. Setelah semua bahan-bahan yang tadi dipersiapkan, langsung saja lakukan hal-hal berikut ini sahabat explorer, ingat ya! Lakukannya sesuai dengan langkah yang ditulis agar tidak salah! Langkahnya sebagai berikut:

  1. Ambil wadah adonan dan masukkan butter, margarin dan gula bubuk.
  2. Kocok dengan mixer dengan kecepatan yang rendah saja sampai tercampur rata kurang lebih selama 2 menit.
  3. Masukkan kuning telur ayamnya satu persatu kemudian kocok lagi dengan masih kecepatan yang rendah sampai tercampur rata. Jangan terlalu lama kurang lebih selama  1 menit saja.
  4. Campur tepung maizena dengan tepung terigu dan susu bubuknya di wadah yang lain kemudian aduk hingga merata.
  5. Tuang sedikit demi sedikit campuran tepung tadi ke adonan kulit nastar sambil diaduk dengan spatula sampai rata. Tidak perlu pakai mixer, cukup pakai spatula kayu saja sahabat explorer.
  6. Setelah tercampur rata kemudian tuanglah keju parutnya dan aduk-aduk pelan sampai semuanya tercampur rata.
  7. Setelah selesai, segera bentuk adonan nastar keju tadi sama besar dengan bentuk bulatan. Ukuran jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil, sedang-sedang saja ya.
  8. Gilas adonan hingga agak pipih dengan ketebalan yang sedang, kemudian isi dengan selai nanas secukupnya kemudian bulatkan kembali.
  9. Ulangi sampai semua adonan nastar sudah habis.
  10. Ambil loyang dan kemudian letakkan bulatan kue nastar di atasnya. Sebaiknya loyang dialasi dengan kertas roti supaya tidak lengket dan jangan diatur terlalu dekat, kasih jarak sedikit sahabat explorer.
  11. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu sekitar 150 derajat sampai 160 derajat celcius.
  12. Panggang sampai agak matang atau kurang lebih selama 15 menit saja kemudian keluarkan dari oven.
  13. Olesi atas kue nastar nanas keju tersebut dengan bahan olesan, kemudian langsung beri taburan keju parut atau cengkeh untuk toppingnya.
  14. Masukkan loyang tadi ke dalam oven dan panggang sampai matang atau kurang lebih selama 20 menit lagi.
  15. Setelah matang keluarkan dan dinginkan.

Nastar Siap Untuk Lebaran!

Sahabat explorer, itulah tata cara dari resep membuat nastar keju yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Dijamin kalau kalian mengikuti dengan tata cara yang benar, maka rasanya akan top markotop jos ganjos! Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutmya, selamat mengadon adonan dan have a good day, explorer!

Jangan Lupa Download QLOTI Apps!

By the way, jangan lupa untuk download aplikasi Qloti di sini ya. Aplikasi bisnis tanpa modal yang tentunya #gakpakeribet! Kalian bisa jualan produk wisata, tiket pesawat, hotel, token listrik, pulsa dan lain-lain ke teman-teman atau lingkungan sekitar kalian. Untuk harga hotel juga dijamin lebih murah dari OTA lainnya deh!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar