Makanan Dan Minuman

Resep Membuat Pisang Nugget Kekinian, Cocok Untuk Cemilan Sore Hari!

resep membuat pisang nugget - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, kuliner Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya memberikan inovasi-inovasi terbaru. Mulai dari makanan berat hingga ke cemilan pun ada semuanya! Kalau yang akan kita bahas ini merupakan cemilan yang memang lagi hits nih sahabat explorer, yaitu pisang goreng nugget. Seperti nugget pada umumnya, bentuknya memang terlihat ditutupi dengan tepung gurih sahabat explorer. Selain itu, yang unik dari makanan yang satu ini adalah pilihan-pilihan toppingnya yang membuat rasanya menjadi semakin manis dan gurih. Dalam kesempatan kali ini YoExplore akan memberikan kalian resep membuat pisang nugget yang renyah dan juga gurih. Pokoknya cemilan yang satu ini emang paling cocok dimakan sore hari dan ditemani bersama secangkir kopi pahit sahabat explorer

Resep Membuat Pisang Nugget

Seperti biasa, ada beberapa bahan yang perlu kalian persiapkan nih sahabat explorer. Jangan kalian pikir namanya Nugget berarti menggunakan ayam ya! Sama sekali tidak sahabat explorer, sudah jelas bahan dasar dalam pembuatannya adalah pisang. Selain itu berikan juga tepung panir agar kesan crispy sangat terasa sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, tanpa berlama-lama lagi mari langsung kita simak saja yuk bagaimana resep membuat pisang nugget ini! Cekidot!

Baca Juga: Bikin Martabak Manis Sendiri Di Rumah Yuk!

Bahan-Bahan

Seperti biasa, ada beberapa bahan-bahan yang kalian perlukan untuk membuat pisang nugget ini sahabat explorer. Bahannya sangat mudah dicari di minimarket atau pasar tradisional terdekat. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

  • 500 gr pisang matang yang sudah dikupas
  • 100 gr gula pasir (boleh dikurangi kalau pisangnya sudah manis)
  • 100 gr tepung kunci
  • 3 sdm susu bubuk
  • 1 butir telur utuh
  • 1/2 sdt garam

Balutan:

  • 100 gr tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • Air matang secukupnya
  • 200 gr tepung roti atau tepung panir

Topping Nugget Pisang:

  • Susu cokelat compound
  • Matcha  compound
  • Susu kental manis
  • Keju
  • Oreo biskuit
  • Atau bisa diganti sesuai selera kalian.

Mudah kan sahabat explorer bahan-bahannya, kalian bisa cari dan langsung membuat pisang nugget ini. Resep membuat pisang nugget ini juga terbilang mudah kok, terlihat dari bahan-bahan ini sepertinya kalian sudah terbayang bagaimana proses pembuatannya. Yuk, mari kita lanjut!

Cara Membuat

Sekarang kita masuk ke dalam cara membuatnya nih sahabat explorer. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar hasilnya tetap maksimal ya. 

  1. Cincang kasar pisang, tidak perlu halus agar terasa tekstur pisangnya.
  2. Masukkan gula pasir, tepung, susu bubuk, telur, dan garam, ke dalam adonan pisang, aduk rata dengan sendok.
  3. Masukkan dalam loyang yang sudah dialasi plastik, supaya mudah mengeluarkan saat sudah matang.
  4. Kukus adonan selama 15-20 menit.
  5. Setelah dirasa cukup padat, angkat dan dinginkan sebelum dipotong
  6. Potong-potong nugget sesuai selera, tebal sekitar 1 cm.
  7. Campur adonan balutan kecuali tepung roti, tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental (seperti adonan tepung pisang goreng biasa).
  8. Celupkan nugget ke dalam adonan tepung balutan, lalu gulingkan di tepung panir.
  9. Goreng dengan api sedang hingga kuning keemasan, sajikan dengan topping sesuai selera.

Bagaimana sahabat explorer? Mudah kan resep membuat pisang nugget ini! Oia, kalian juga bisa menyimpan sisa pisang nugget yang sudah dibalur dengan tepung roti ini di dalam freezer. Dengan demikian kalian bisa goreng kapanpun kalian mau sahabat explorer. Dijamin sip deh rasa sama gurihnya! 

Sekian info resep dari YoExplore kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian para pecinta kuliner ya. Seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar