Makanan Dan Minuman

Resep Membuat Takoyaki Ala Indonesia!

resep membuat takoyaki ala Indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: merdeka

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sekarang, sering sekali kita lihat jajanan Takoyaki di mall-mall atau bahkan di pinggir jalan di Indonesia. Sebenarnya apa sih Takoyaki itu? Takoyaki ini adalah kudapan asli dari Kansai, Jepang. Takoyaki merupakan sebuah bola-bola yang dibuat dari adonan tepung yang berisi sayuran serta potongan daging gurita matang. Di Indonesia, penggemarnya makin banyak loh sahabat explorer, dan di Indonesia sendiri jadi bervariasi nih bentuk dan isi dari Takoyaki itu sendiri. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan memberikan tulisan mengenai resep membuat Takoyaki ala Indonesia. Mungkin di Indonesia rada susah kali ya sahabat explorer untuk mencari daging gurita, maka dari itu muncul resep takoyaki ala Indonesia. 

Resep Membuat Takoyaki Ala Indonesia

Cara membuatnya tidak susah kok, kalian bisa bikin sendiri di rumah sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari kita simak bahan-bahan dan resep membuat Takoyaki ala Indonesia-nya yuk! Cekidot!

Baca Juga: Cemilan Asyik Kue Pukis Keju Yang Lembut dan Istimewa!

Bahan-Bahan

Bahan-bahan dalam membuat Takoyaki ala Indonesia ini sebenarnya mudah sahabat explorer. Semua bahannya bisa disesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di negara kita ini. Misalnya, jika kalian kesulitan mencari daging gurita, kalian bisa mengganti dengan daging ayam, udang, cumi, bakso, keju dan lain-lain sebagainya. Bahan-bahannya adalah:

  • Bahan utamanya adalah tepung terigu dengan kandungan protein rendah kurang lebih sebanyak 150 gram.
  • Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir. Kocok lepas di luar.
  • Baking powder kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Susu cair kurang lebih sebanyak 120 ml saja.
  • Katsuobushi sedikit saja atau kurang lebih 5 gram untuk campuran adonan takoyaki.
  • Kaldu bubuk rasa ayam atau daging sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Air bersih secukupnya atau kurang lebih 350 ml saja.
  • Mayonise secukupnya sesuai selera.
  • Saus sambal secukupnya sesuai selera.

Bagaimana sahabat explorer? Lumayan mudah kan mencari bahan-bahannya. Untuk Katsuobushi, kalian bisa mencarinya di toko online, di sana banyak kok yang menjualnya sahabat explorer, dan harganya juga tidak mahal. 

Cara Membuat

Setelah mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan, mari kita masuk ke resep membuat Takoyaki ala Indonesia ini. Ikuti langkah-langkahnya sahabat explorer, agar hasilnya maksimal dan rasanya juga luar biasa. Simak ya!

  1. Rebus katsuobushi bersama dengan air yang sudah dipersiapkan sampai benar-benar mendidih dan diamkan dengan api kecil kurang lebih selama 5 menit.
  2. Matikan dan tunggu sebentar sampai dingin dan selanjutnya saring. Langkah ini bisa di lewati kalau tidak memakai katsuobushi.
  3. Masukkan susu cairnya kemudian aduk bersama katsuobushi diatas sampai tercampur rata.
  4. Tuang kaldu bubuknya kedalam wadah diatas kemudian aduk kembali sampau rata.
  5. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas kemudian aduk bersama bahan adonan resep takoyaki diatas.
  6. Ambil wadah baru kemudian campurkan tepung terigu protein rendah dan baking powdernya kemudian aduk-aduk kembali sampai rata.
  7. Masukkan campuran tepung tadi kedalam wadah isi susu kemudian aduk-aduk kembali sampai rata.
  8. Saring adonan di atas supaya tidak ada gumpalan tepung.
  9. Siapkan cetakan untuk membuat takoyaki dan tunggu sampai panas. Jangan lupa olesi dahulu dengan margarin diatasnya.
  10. Tuang adonan takoyaki kedalamnya sesuai selera kemudian langsung isi dengan gurita atau bahan isian lainnya yang kalian gunakan.
  11. Setelah matang angkat. Sajikan.

Bagaimana sahabat explorer? Mudah kan cara membuatnya! Kalian bisa langsung sajikan untuk cemilan keluarga. Dijamin anak-anak akan suka deh, karena rasanya yang lezat dan Indonesia banget walaupun namanya Jepang! Jangan lupa untuk share resep membuat Takoyaki ala Indonesia ini di sosial media kalian ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar