Makanan Dan Minuman

Mau Tau Cara Bikin Kue Apem Jawa Yang Enak? Simak Resepnya Ya!

Resep mudah membuat kue apem jawa goreng - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : theboxsceneproject

YOEXPLORE, Gaya Hidup – Sahabat explorer, Indonesia memang terkenal banyak dengan cemilannya yang unik dan lezat. Kebiasaan orang Indonesia yang hobi minum kopi di pagi dan sore hari memang harus ‘ditemani’ dengan kehadiran si cemilan itu sendiri. Biasanya, orang Indonesia itu ngopi sambil ditemani dengan gorengan atau cemilan-cemilan yang gurih lainnya. Namun, tidak semuanya seperti itu, ada juga masyarakat yang memiliki cemilan khas daerahnya yang cocok juga untuk ngopi di pagi atau sore hari. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai resep mudah membuat kue Apem Jawa Goreng. Cemilan ini berbentuk kue yang berbentuk bulat dan memiliki rasa yang manis dan juga gurih. Pokoknya enak banget deh buat sambil ngopi! Mungkin kalian sudah pernah mencicipi makanan yang satu ini, namun tidak ada salahnya juga kan untuk membuatnya sendiri di rumah.

Resep Mudah Membuat Kue Apem Jawa Goreng

Kue Apem Jawa ini, menjadi makanan yang sering ada dalam setiap upacara adat Jawa seperti Kenduri, Selametan, Syukuran dan sebagainya. Resep mudah membuat kue Apem Jawa Goreng ini bisa menjadi pilihan kalian untuk membuat cemilan di sore hari untuk keluarga atau untuk dijual lagi. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak sulit untuk ditemukan kok sahabat explorer, semua tersedia di pasar atau minimarket terdekat. Agar lebih nikmat, gunakan bahan makanan yang masih baru dan segar ya sahabat explorer, biar rasanya semakin luar biasa, dan keluarga jadi ketagihan semua!

Baca Juga : Mampir ke Tegal dan Cicipi Kuliner Khasnya!

Banyak sekali varian Kue Apem yang ada di Nusantara ini, dan salah satunya adalah Apem Jawa ini sahabat explorer. Sebenarnya, membuat Kue Apem ini bukan hanya digoreng saja sahabat explorer, ada juga yang membuatnya dengan di panggang, atau dikukus. Namun, kali ini kita bahas resep mudah membuat kue Apem Jawa Goreng saja ya sahabat explorer. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan :

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

  • 500 gr tepung beras
  • 200 gr tape singkong
  • 200 gr gula merah (sisir halus)
  • 2 sdt ragi instan
  • 250 ml air kelapa
  • 500 ml santan dari setengah butir kelapa
  • Setengah sendok teh garam
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Cetakan Kue Apem

 

Setelah kalian memastikan semua bahan-bahan tersebut sudah ada, maka kalian langsung mulai membuatnya sahabat explorer. Mari kita urai satu persatu ya cara membuatnya, agar mudah dibaca dan dimengerti, langsung simak!

Cara Membuat

  1. Pertama, kalian langsung remas-remas tape singkong tersebut hingga halus. Lalu tambahkan gula merah dan ragi instan. Kemudian remas-remas kembali hingga tercampur rata dan gula larut.
  2. Yang kedua, kalian bisa langsung menambahkan tepung beras sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga tercampur rata.
  3. Yang ketiga, kalian bisa memasukkan air kelapa sambil diuleni menggunakan tangan (tentunya dengan sarung tangan plastik) hingga tercampur rata.
  4. Masukkan santan, lalu aduk lagi hingga semua tercampur rata.
  5. Masukkan gula pasir dan garam, aduk rata. Kemudian diamkan adonan minimal 1 jam agar adonan tersebut mengembang.
  6. Panaskan cetakan Kue Apem di atas api sedang, lalu tuang minyak goreng secukupnya.
  7. Tuang adonan Apem ke dalam cetakan, kemudian tunggu bagian atasnya hingga berlubang-lubang. Panggang hingga matang, lalu tiriskan.
  8. Kemudian kalian bisa taruh di piring saji, kemudian langsung hidangkan!

Keluarga Happy!

Mudah kan sahabat explorer? Oia, bagi kalian yang ingin Apem kalian ini empuk dan bentuknya tidak bantet, maka jangan masukkan garam. Karena kandungan dalam garam dapat mematikan ragi, sehingga dapat membuat kue Apem kalian menjadi bantet.

Jadi, seperti itulah resep mudah membuat Kue Apem Jawa Goreng yang dapat YoExplore berikan. Semoga ini bermanfaat bagi kalian ya!

Sebenarnya, masih banyak juga jenis Kue Apem lainnya yang bisa kalian buat dan eksplorasi. Namun, membuat Kue Apem Goreng ini merupakan Kue Apem yang paling mudah dibuat, dan bahan-bahannya juga mudah dicari. Tidak ada salahnya juga kalau kalian mau mencoba yang lain. Langsung dicoba resepnya ya sahabat explorer!

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berikan komentar bagi kalian yang ingin resep makanan yang lainnya. Jangan lupa juga untuk ceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar