Jawa Timur Makanan Dan Minuman

Bikin Kue Bikang Gak Susah Kok! Yuk Buat di Rumah Untuk Camilan!

Resep mudah membuat kue bikang jawa timur - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : reseponline

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang kaya akan kuliner yang unik-unik. Mulai dari rasanya yang gurih, manis, asam dan lain-lain hingga ke bentuk dan penyajiannya yang unik. Salah satunya adalah Kue Bikang khas Jawa Timur ini. Seperti yang kalian lihat pada gambar, bentuknya sangat unik karena menyerupai bunga yang sedang mekar. Belum lagi dengan ditambahkan pewarna makanan yang tentunya bisa membuat kue ini terlihat warna warni. Rasa Kue Bikang ini manis dan teksturnya empuk, sehingga cocok banget nih buat cemilan di pagi atau sore hari sambil ditemani dengan secangkir kopi pahit. Bagi kalian yang susah mencari kue ini di Jakarta atau kota selain Jawa Timur, maka tidak usah bingung. Kalian bisa bikin kue ini sendiri di rumah! Bahan yang diperlukan juga mudah untuk dicari kok sahabat explorer! Resep mudah membuat Kue Bikang Jawa Timur ini kami berikan khusus bagi kalian yang memang suka camilan khas Indonesia.

Resep Mudah Membuat Kue Bikang Jawa Timur

Jenis Kue Bikang ini sebenarnya banyak dijual di pasar-pasar tradisional, namun pasar tradisional sendiri sekarang sudah mulai susah ditemukan. Oleh karena itu, membuatnya sendiri di rumah juga bukan menjadi hal yang susah, justru membuatnya sangat mudah sahabat explorer. Kalian tentu juga bisa menambahkan beberapa pewarna makanan untuk mempercantik tampilan dari Kue Bikang ini agar terlihat seperti bunga mawar. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak bahan dan cara resep mudah membuat Kue Bikang Jawa Timur ini yuk sahabat explorer!

Baca Juga : Cemilan Enak Buat Traveling? Onigiri Aja! Gak Ribet dan Ngenyangin!

Bahan Yang Digunakan

Untuk membuat Kue Bikang Khas Jawa Timur, ada beberapa bahan-bahan yang kalian perlukan, bahan tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu bahan biang yang terdiri dari :

  • 2 Sendok makan tepung beras
  • 150ml Santan kepala

Lalu, ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya yaitu :

  • 340 gram tepung beras
  • kelapa parut secukupnya saja
  • 100 ml santan kelapa, untuk olesan
  • 50 gram tepung terigu
  • 1,5 sendok teh garam dapur
  • Pewarna makanan, sesuai pilihan kalian
  • 150 gram gula pasir

Walaupun maraknya cake dan kue modern lainnya, kue tradisional yang satu ini tidak sepi peminat. Dengan adanya jual beli online maka kalian juga bisa dengan mudah untuk memesan makanan yang satu ini.

Pulau Jawa menjadi salah satu wilayah yang memiliki banyak sekali jajanan tradisional. Hampir di setiap wilayah di Pulau Jawa memiliki kue tradisional yang lengkap dengan sejarah pembuatannya juga.

Mari kita lanjut ke resep mudah membuat Kue Bikang Jawa Timur. Sekarang ke dalam proses pembuatannya nih sahabat explorer, kalian lakukan sesuai dengan urutan ya, agar hasil yang didapat juga maksimal.

Cara Membuat Kue Bikang Jawa Timur

  1. Untuk membuat biang, kalian bisa memasak tepung beras dengan santan sampai mendidih kemudian aduk hingga merata.
  2. Setelah bahan biang tercampur rata dan masih hangat, kemudian masukkan tepung terigu, tepung beras, garam dapur, dan juga gula pasir lalu aduk rata menggunakan sendok kayu hingga rata sambil ditepuk-tepuk.
  3. Apabila adonan sudah terasa hangat, selanjutnya kalian bisa tuangkan santan kelapa dan diuleni selama 30 menit, dan jangan lupa untuk tepuk-tepuk kembali adonan tersebut.
  4. Setelahnya, ambil dua sendok makan adonan dan beri pewarna sesuai selera kalian hingga menjadi beberapa bagian, setelah semuanya rata lalu sisihkan.
  5. Cetakan kue bikang dipanaskan dan diolesi lebih dahulu dengan menggunakan santan kelapa dan tambahkan pula kelapa parut.
  6. Selanjutnya kalian tuang adonan tanpa warna ke dalam cetakan sampai ukuran ¾, lalu tuang lagi adonan yang berwarna, panggang hingga kue bikang memiliki pori-pori dan juga mekar.
  7. Angkat, lalu olesi lagi dengan santan
  8. Kue Bikang sudah siap untuk dinikmati

Bagaimana sahabat explorer? Resep mudah membuat Kue Bikang Jawa Timur yang satu ini mudah bukan? Rasanya yang khas, membuat kalian rasanya tidak cukup untuk memakannya sekali saja, pasti mau nambah lagi deh. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk ceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore.

Sampai bertemu lagi di resep makanan, minuman atau kue yang lainnya! Selamat mencoba dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar