Makanan Dan Minuman

Takjil Favorit Bulan Puasa Kalian Apa?

takjil bulan puasa - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id
image source : matahidup

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, sekarang sudah masuk bulan puasa nih, tepatnya dari tanggal 6 Mei 2019 kemarin. Kami dari keluarga besar YoExplore mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga Ramadhan tahun ini menjadi berkah bagi kalian semua, amin! Berhubung bulan puasa, pasti kalian sudah familiar dengan yang namanya takjil ya sahabat explorer. Takjil merupakan makanan untuk buka puasa, biasanya disantap sebelum makan berat sahabat explorer. Kebanyakan rasa makanan takjil itu manis-manis, karena setelah berpuasa seharian, tentu tubuh butuh asupan energi. Oleh karena itu, makanan manis sangat berperan penting dalam kebutuhan asupan energi manusia setelah berpuasa. Di Indonesia, tentu takjil sangat bermacam-macam variannya. Ada yang berbentuk minuman, ada juga yang berbentuk makanan ringan, mulai dari kue sampai ke olahan buah. Macamnya banyak banget deh! Kira-kira apa takjil bulan puasa favorit kalian?

Takjil Bulan Puasa

Dalam tulisan hari ini, YoExplore akan membahas mengenai takjil bulan puasa di Indonesia. Mungkin saja ada takjil favorit kalian yang akan kami bahas di artikel kali ini. Biasanya, takjil ini dijual di pinggir jalan sahabat explorer, bertebaran luas di kota-kota manapun di Indonesia. Salah satu takjil yang paling umum adalah Kolak Pisang. Takjil yang satu ini memang menjadi favorit takjil orang Indonesia. Cara membuatnya memang mudah dan juga rasanya yang sangat nikmat dengan campuran gula jawa dan pisang berpadu menjadi satu. Wah, rasanya langsung lapar ya sahabat explorer! Ditahan dulu, karena artikel ini terbit jam 10 pagi, jadi masih ada waktu 8 jam untuk menahan lapar dan haus, sabar ya sahabat explorer :D. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ya ulasannya! Takjil bulan puasa khas Indonesia!

Baca Juga : Generasi 80an? Kangen Sama Kue-Kue Ini Gak?

1. Pukis Arab

takjil bulan puasa - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id

image source: youtube

Takjil bulan puasa yang pertama adalah Pukis Arab. Sajian ini memang merupakan sajian dari Timur Tengah, namun sudah menjadi makanan khas Indonesia juga sahabat explorer. Memang makanan ini dibawa dari pedagang Arab yang dahulu kala singgah ke Indonesia untuk berdagang. Makanan yang satu ini termasuk langka loh sahabat explorer, bahkan bisa dibilang hanya ditemukan saat bulan puasa saja.

Kalaupun ada di hari biasa, bisa dipastikan sulit juga mencarinya. Secara kasat mata, makanan ini tidak begitu mirip dengan kue pukis yang biasa di pasaran. Bentuknya sangat besar sahabat explorer, sekepalan tangan orang dewasa kira-kira. Beberapa bagian dari kue ini memang tampak gosong, karena dimasukkan ke dalam oven untuk waktu yang lumayan lama. Namun, bagian gosongnya inilah yang menjadi daya tariknya, karena rasanya jadi semakin gurih.

Saat adzan Maghrib berkumandang, lalu kalian coba saja santap satu buah pukis ini. Dijamin sudah langsung kenyang sahabat explorer! Gak percaya? Silahkan dicari dan dicoba. By the way, makanan yang satu ini banyak ditemukan di Ampel, Surabaya.

2. Pakat Rotan

takjil bulan puasa - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id

image source : kissfmmedan

Takjil bulan puasa khas Indonesia yang selanjutnya adalah Pakat Rotan. Ini merupakan salah satu makanan yang unik juga sahabat explorer. Takjil yang satu ini berasal dari Sumatera Utara, mungkin bagi kalian yang belum pernah tau, penasaran dengan takjil yang satu ini. Takjil khas ini memang berasal dari batang rotan. Yap! Benar sekali! Ini adalah batang rotan yang biasa dipakai untuk membuat kerajinan sahabat explorer, unik kan!

Tapi, rotan yang digunakan tentunya rotan yang masih muda, yang dalamnya masih empuk, bukan yang sudah tua dan keras. Rotan-rotan muda ini dibakar di atas api panggangan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, rotan tersebut dikuliti, dan bagian dalamnya dikeluarkan. Setelah itu, langsung bisa disantap dengan sambal atau santan.

Bagaimana sahabat explorer? Tertarik untuk mencoba? Kalau lagi di wilayah Sumatera Utara sih wajib coba nih!

3. Jongkong Kelapa Muda

takjil bulan puasa - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id

image source: sajiansedap.grid.id

Takjil bulan puasa khas Indonesia yang selanjutnya adalah Jongkong Kelapa Muda. namanya memang terdengar sangat unik dan mungkin asing bagi kalian, terutama anak millenials. Makanan manis ini memang sering dijumpai saat bulan puasa sebagai takjil. Jongkong terbuat dari tepung beras dan saku dan diberi sedikit daun suji untuk menambah warna dan aroma yang khas.

Jongkong biasanya disajikan dengan kuah yang terbuat dari santan kelapa dan lelehan gula jawa yang manis. Sebagai pelengkap, akan ditambah juga dengan serutan kelapa muda, dan juga nangka. Makanan yang satu ini tentu sangat nikmat jika disantap selagi hangat.

4. Lemang Bambu

takjil bulan puasa - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id

image source : resep82

Takjil bulan puasa khas Indonesia yang selanjutnya adalah Lemang Bambu. Makanan yang satu ini merupakan takjil khas dari Kota Aceh dan beberapa wilayah sekitarnya sahabat explorer. Lemang dibuat dari ketan yang dimasak dalam ruas-ruas bambu. Sebelumnya, bambu dilapisi daun pisang muda agar mudah saat mengeluarkan lemang yang matang dari dalam bambu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi lemang ini sahabat explorer. Cara pertama adalah dengan dikonsumsi dengan saus manis yang dibuat dari selai, kinca, dan srikaya. Selanjutnya dengan cara asin, yaitu dikonsumsi dengan menggunakan rendang, telur, dan lauk pauk lainnya. Jadi seperti makan lauk pauk dengan nasi saja sahabat explorer, namun bedanya menggunakan lemang sebagai pengganti nasinya.

Lemang ini bisa dikonsumsikan juga dengan menggunakan buah durian loh! Rasanya mantap banget deh sahabat explorer!

Selamat Berbuka Puasa!

Sahabat explorer, itulah beberapa takjil bulan puasa khas Indonesia yang YoExplore bisa rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar