Makanan Dan Minuman

Takjil Khas Indonesia

Takjil Khas Indonesia - YOEXPLORE.co.id
image source : meramuda

YOEXPLORE.co.id – Bulan Ramadhan, merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim di seluruh dunia nih sahabat explorer. Di bulan Ramadhan ini pastinya kita diharuskan menahan hawa nafsu dan perbanyak ibadah tentunya. Jadi, sahabat explorer yang biasanya suka marah-marah, coba ditahan deh selama bulan Ramadhan ini, dan buat kalian yang juga hobi makan harus bisa tahan godaan lihat iklan-iklan makanan atau minuman ya. Sabar aja sampai Adzan Maghrib berkumandang, saat itulah kalian bisa menyantap berbagai macam makanan yang kalian suka. Biasanya, kalau lagi bulan puasa itu tukang makanan dan jajanan ringan tuh banyak banget loh sahabat explorer, bener ga sih? Sampai-sampai kita bingung mau beli apa, karena takjil khas Indonesia pastinya enak-enak dan kepengen dimakan semuanya.

Keunikan Takjil Khas Indonesia

Indonesia, merupakan negara dengan mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Di berbagai daerah, masyarakatnya memiliki tradisi sendiri dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan ini. Selain keunikan penyambutan tersebut, keunikan lainnya tentu datang dari sisi kuliner seperti takjil. Takjil merupakan makanan atau minuman yang biasanya berasa manis dan disajikan sebagai makanan pembuka saat waktu berbuka sudah dimulai sebelum memasuki ke hidangan makan berat. Setiap daerah biasanya memiliki takjil khasnya masing-masing nih sahabat explorer, mulai dari Sabang sampai Merauke. Hal ini menjadi pengalaman yang unik saat kita mungkin melaksanakan ibadah puasa di kota lain di Indonesia. Ya udah, ga usah bertele-tele, langsung aja yuk kita simak ada apa aja sih Takjil khas Indonesia!

1. Lepat Gayo, Aceh

Takjil Khas Indonesia - YOEXPLORE.co.id

imace source : steemkr

Dari ujung Sumatera nih sahabat explorer, Aceh. Mari kenalan dengan Takjil yang rasanya manis ini, yaitu, Lepat Gayo. Makanan ini memiliki keunikannya sendiri, yaitu memiliki daya tahan hingga berbulan-bulan! Tentunya, ini tanpa pengawet buatan loh sahabat explorer. Bahan dasar pembuatannya hampir sama dengan Lepat pada umumnya, yaitu dengan beras ketan putih, kelapa parut, dan gula aren. Lepat Gayo ini dimasak di atas arang agar menambah cita rasa gurih dalam rasanya. Ternyata, banyak juga loh yang suka dengan Lepat ini karena aroma gula aren yang menggugah selera makan saat lagi dipanggang. Lalu, Lepat ini dibungkus dengan kulit pisang yang digoreng sebentar agar aromanya lebih menggoda. Tekstur Lepat ini yang semakin lama didiamkan akan semakin mengeras seperti batu. Tapi inget ya, ini bukannya berarti Lepat itu basi atau rusak, sehingga, untuk mengonsumsinya kita harus memanggangnya lebih dulu di atas bara api. Konon, justru rasanya akan terasa lebih nikmat dan gurih loh sahabat explorer. Gimana? Penasaran untuk mencoba? 😀

2. Sotong Pangkong, Pontianak

Takjil Khas Indonesia - YOEXPLORE.co.id

image source : foodIDNtimes

Langsung menyeberang ke pulau yang lain nih, sahabat explorer. Sekarang kita berada di pulau Kalimantan, tepatnya di kota Pontianak. Kota yang dikenal sebagai Kota Khatulistiwa ini juga memiliki Takjil khas Indonesia yang hanya tersaji saat bulan Ramadhan tiba. Makanan ini bernama cukup unik, yaitu Sotong (cumi) Pangkong (pukul). Hidangan ini dikeringkan terlebih dahulu sebelum akhirnya dipanggang. Setelah dipanggang, Sotong ini di ‘Pangkong’ alias dipukul-pukul hingga pipih agar dagingnya menjadi lebih empuk dan tidak alot. Sotong Pangkong, biasanya disajikan dengan sambal bumbu kacang atau dilumuri dengan kuah asam manis pedas, sehingga rasa dari daging sotong ini akan terasa lebih keluar. maknyoooosssss.. Gimana nih yang lagi puasa? Masih aman kan? Tahan ya sahabat explorer yang beriman :D.

3. Wedang Cemue, Ngawi

Takjil Khas Indonesia - YOEXPLORE.co.id

image source : eastjavafood

Ngawi, ternyata juga memiliki banyak kuliner yang khas loh sahabat explorer. Untuk kalian yang belum tahu Ngawi itu ada di mana, nih kita kasih tau. Kota ini berada di wilayah Jawa Timur Kepulauan Jawa, Indonesia. Selain terdapat beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dituju, Ngawi juga memiliki kuliner yang khas. Salah satunya adalah Wedang Cemue ini nih sahabat explorer. Wedang ini hampir sama dengan Wedang Ronde dan Sekoteng. Namun bedanya adalah Wedang ini dibuat dengan perpaduan jahe, santan, gula, kacang Klici, dan lembutnya roti tawar. Tidak lupa juga biasanya minuman yang bisa juga disebut sebagai makanan ini ditaburi dengan bawang goreng di atasnya. Sangat cocok buat kalian yang sudah lebih dari 12 jam berpuasa nih sahabat explorer. Karena ini lumayan banget untuk ngisi perut kalian loh. Tapi sahabat explorer ga usah takut untuk sakit perut ya, karena Takjil ini dibuat dengan bahan-bahan alami.

4. Es Selendang Mayang, Jakarta

Takjil Khas Indonesia - YOEXPLORE.co.id

image source : grid.id

Tidak mungkin ketinggalan juga nih Takjil khas Indonesia yang berasal dari ibu kota ini. Es Selendang Mayang, dari namanya aja udah terdengar segar banget ya sahabat explorer. Cocok banget nih buat kalian yang seharian puasa, udah gitu cuaca kota lagi panas banget dan tentunya bikin kering tenggorokan. Minuman khas Betawi ini dibuat dengan perpaduan dari gula, kuah santan, dan potongan selendang mayang yang terbuat dari sagu. Tidak lupa juga, minuman ini disirami dengan air sirup dan disajikan dingin dengan es batu. Tentunya minuman ini akan sangat memanjakan tenggorokan kita sahabat explorer. Sangat cocok banget buat melepas dahaga seharian. Buat kalian yang sering main ke kawasan Kota Tua, pasti akan dengan mudah menemukan minuman khas Betawi ini. Mungkin kalian bisa ke sana pada saat weekend nih sahabat explorer, dijamin suasananya juga pasti akan menyenangkan.

5. Asidah, Maluku

Takjil Khas Indonesia - YOEXPLORE.co.id

image source : timurtimes

Berikutnya dari takjil khas Indonesia berasal dari Maluku nih sahabat explorer. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal, lembut, cenderung berbentuk bulat dan seperti ada bola mata di tengahnya. Bahan untuk membuatnya cukup mudah, hanya dengan terigu, air dan dicampurkan dengan gula kelapa, kayu manis, daun pandan, dan kapulaga. Setelahnya dibentuk menjadi bulat dan diberikan beberapa sendok lelehan mentega yang membuat rasa dari Asidah ini manis, asin dan gurih. Rasa yang sangat menggelitik lidah ini juga memiliki aroma kapulaga yang harum dan khas. Takjil ini merupakan menu favorit warga Maluku saat menjalani bulan Ramadhan. Takjil ini pastinya akan sangat mengenyangkan perut kita. Sayang banget nih kalau kita lagi berada di sana dan tidak mencicipi Takjil khas Nusantara yang satu ini.

Nah, jadi itulah beberapa Takjil Khas Nusantara yang kami rekomendasikan buat sahabat explorer. Keunikan kuliner dari Indonesia memang tidak ada habisnya, jadi apabila kita mendapat kesempatan untuk berpuasa di kota lain, jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk menikmati kuliner dan Takjil khas dari kota yang disinggahi.
Semoga, kalian yang baca artikel ini di siang hari ga batal puasanya ya sahabat explorer. Tahan aja, ga lama lagi juga buka puasa ko. Selamat beribadah, dan lancar terus puasanya sahabat explorer. Have a good day!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar