Makanan Dan Minuman

Gagal Terus Saat Membuat Klepon, Yuk Intip Tips Membuat Klepon Agar Tidak Mudah Pecah!

tips membuat klepon agar tidak mudah pecah - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: liputan6

YOEXPLORE, Tour Operator – Sahabat explorer, klepon merupakan salah satu jajanan asli Indonesia yang rasanya tidak kalah nikmat dan gurih. Dengan citarasa manis yang legit, makanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini cocok untuk menemani sore hari kamu, sahabat explorer. Salah satu kendala dalam membuat klepon adalah mudah pecah saat kita santap. Penyebabnya banyak, sahabat explorer, bisa karena bahan yang digunakan tidak fresh, ada bahan yang kurang, atau dalam proses pembuatannya ada yang salah. Dengan demikian, kami akan memberikan tips membuat klepon agar tidak mudah pecah. 

Tips Membuat Klepon Agar Tidak Mudah Pecah

Makanan yang satu ini memang harganya murah di pasaran, sahabat explorer, jadi tidak heran lebih banyak orang yang membeli daripada membuatnya. Namun, tidak ada salahnya jika kita mau coba untuk membuatnya. Caranya pun mudah untuk membuat klepon dan juga bahan-bahan yang diperlukan mudah dicari di pasar. Oia, sahabat explorer, makanan yang satu ini memiliki nama lain selain Klepon di luar Pulau Jawa, lho. Kalau di Sumatera dan Malaysia, jajanan yang satu ini biasa disebut dengan Onde-Onde. Jadi, kamu harus perhatikan dimana kamu berada saat ingin membeli atau membuat Klepon! Nanti bisa salah persepsi!

Baiklah kalau begitu, sekarang mari langsung kita simak tips membuat klepon agar tidak mudah pecah.

1. Tambah Air Kapur Sirih

Tips membuat klepon agar tidak mudah pecah yang selanjutnya adalah menambahkan air kapur sirih pada saat dalam proses pengadonan. Air kapur ini seperti cairan ajaib, sahabat explorer sehingga klepon tidak mudah pecah pada saat perebusan. Selain itu air kapur sirih dapat tekstur klepon menjadi lebih kenyal dan kasat. Namun kamu harus memperhatikan penggunaan air kapur sirih dalam resep, sahabat explorer. Jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan klepon menjadi pahit. Kamu bisa merendam air sirih tersebut semalaman hingga airnya berubah menjadi bening. 

2. Jangan Terlalu Banyak Isi Gula Merah

Tips membuat klepon agar tidak mudah pecah yang selanjutnya adalah jangan terlalu banyak mengisi gula merah, sahabat explorer. Memang, isian gula merah yang melimpah akan menambah kenikmatan klepon pada saat disantap. Rasa manis yang pecah di mulut memang tidak ada tandingannya, sahabat explorer. Namun, isian gula merah yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan klepon pecah pada saat proses pembuatan. 

Kamu harus menyesuaikan dengan ukuran klepon yang akan kamu buat. Selain dihancurkan, kamu juga bisa membuat ukuran gula merah tersebut menjadi kotak kecil-kecil saat dimasukkan ke dalam klepon. Selain itu juga dapat mencegah gula menjadi cair sebelum sempat direbus. 

3. Bentuk Klepon

Yang selanjutnya adalah bentuk dari klepon itu sendiri. Bulatkan klepon pada saat air baru mendidih dan hendak direbus. Hindari membulatkan klepon pada saat air baru saja dimasak, sahabat explorer. Hal ini dapat menyebabkan gula merah menjadi cair sesaat sebelum direbus. Jika kamu membuat dalam bentuk banyak, maka berilah jarak antar klepon agar tidak menempel satu sama lain yang akhirnya dapat merusak tekstur klepon itu sendiri, sahabat explorer. Lapisi nampan dengan tepung ketan agar tidak menempel pada permukaan. 

Sahabat explorer, itulah beberapa tips membuat klepon agar tidak mudah pecah. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kamu di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!


Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar