Makanan Dan Minuman

Siapa Yang Pecinta Kopi? Coba Liburan Ke Tempat Ini Yuk!

wisata kopi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : mldspot

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memiliki berbagai macam sensasi yang pada akhirnya dilirik oleh dunia. Selain destinasi wisata yang berlimpah dan juga berbagai macam panorama indah, urusan kuliner pun juga tidak kalah menarik. Dari Sabang sampai Merauke, keunikan kuliner Indonesia begitu berlimpah, dan membuat kita semakin cinta terhadap negeri ini. Tetapi, tidak hanya makanan saja, rempah-rempah dan hasil tani lainnya juga sangat melimpah. Tidak terkecuali juga kopi, siapa sih yang tidak tahu minuman yang satu ini? Pasti tahu semua lah ya, apalagi itu sudah sangat identik dengan kebiasaan ngopi orang Indonesia. Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia, sepertinya kegiatan wisata kopi Indonesia bisa jadikan jenis traveling yang baru. Apakah kalian tertarik sahabat explorer?

Wisata Kopi

Kopi di Indonesia itu berlimpah, karena memang banyak wilayah kita yang memiliki dataran tinggi, sehingga kopi-kopi tumbuh subur di sana. Ada dua jenis kopi yang memang sudah umum dikenal oleh masyarakat dunia, yaitu kopi jenis Arabika dan Robusta. Kedua kopi tersebut memiliki karakternya masing-masing dari segi rasa. Cara penanaman bibitnya kurang lebih sama, namun yang membedakan adalah ketinggian dari lokasi penanaman tersebut. Kopi Robusta bisa tumbuh dengan ketinggian 800 mdpl, sedangkan Arabika akan tumbuh subur dengan ketinggian 1100 mdpl atau selebihnya. Faktor tersebut tentu membuat Indonesia ini memiliki banyak perkebunan kopi. Kira-kira bagi kalian pecinta kopi, pasti tertarik dong dengan kegiatan yang satu ini? Langsung saja kita simak yuk di mana aja tempat-tempat terbaik untuk melakukan wisata kopi!

Baca Juga : Jenis Seduh Kopi Sekarang Bermacam-macam! Kalau Kamu Suka Yang mana?

1. Takengon, Aceh

wisata kopi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ninikhairani

Wisata kopi yang pertama berada di wilayah Takengon, Aceh. Siapa sih yang tidak kenal kopi Aceh yang satu ini? Kopi ini sudah mendunia loh sahabat explorer, bukan hanya diekspor ke luar negeri saja, tapi kopi ini sudah beberapa kali menjadi juara kopi internasional! Luar biasa banget kan ya!

Selain melakukan tur kopi, kalian juga bisa pergi melihat tempat wisata yang ada di sekitar perkebunan, yaitu Danau Lut Tawar. Di ketinggian 1.100 meter, tentu kalian akan merasakan suasana yang sejuk dan pemandangan yang sangat asri.

Bisa bayangkan dong, bagaimana kalian bisa menikmati pemandangan yang indah sambil menikmati secangkir kopi khas Gayo yang sangat nikmat. Petani di tempat ini, mengolah kopinya secara tradisional, dan tidak hanya menanam saja, mereka juga bisa memprosesnya agar bisa langsung dinikmati. Bagaimana sahabat explorer? Tertarik gak? Pasti tertarik dong!

2. Lampung

wisata kopi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : saibumi

Wisata kopi yang selanjutnya berada di wilayah Lampung. Daerah yang satu ini juga sudah dikenal sebagai penghasil kopi Robusta terbesar di Indonesia. Lampung, bisa memproduksi 100.000 ton kopi pertahun! Luar biasa banget kan ya sahabat explorer.

Bagi kalian penikmat kopi yang memiliki karakteristik ‘strong’ ini, sepertinya akan cocok dengan kopi Robusta Lampung.

Salah satu tempat wisata kopi dan perkebunan kopi yang cukup terkenal adalah Liwa di wilayah Lampung Barat. Tempat yang satu ini juga pernah dijadikan tempat syuting film Filosofi Kopi. Saat memasuki kawasan ini, kalian sudah dapat mencium aroma kopi yang begitu kental, dan rasanya langsung buru-buru ingin nyeruput aja deh!

3. Ambarawa

wisata kopi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jejakpiknik

Wisata kopi yang selanjutnya berada di Ambarawa. Jika kalian sedang berlibur ke daerah ini, jangan lupa untuk mampir ke kampung kopi Banaran ya sahabat explorer. Perkebunan kopi yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) ini, memiliki fungsi lain yaitu sebagai destinasi wisata kopi.

Lokasinya berada di Jalan Raya Semarang – Solo Km.35, dan untuk mencapai tempat ini juga tidak sulit kok sahabat explorer, hanya satu jam saja dari Terminal Bawen.  

Kampung Kopi Banaran berada di ketinggian 480-600 meter, jadi suasananya tentu saja sejuk. Dan untuk berkeliling kebun kopi, kalian bisa menyewa mobil golf selama 30 menit untuk melihat-lihat.

Tentu saja, yang paling ditunggu-tunggu adalah mencicipi kopi khas Banaran ini yang tentu rasanya sangat lezat. Selain itu, kalian juga bisa membeli oleh-oleh kopi kemasan yang sudah dikemas dengan praktis. Tinggal langsung bawa pulang aja sahabat explorer!

4. Toraja

wisata kopi - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : waspadaonline

Wisata kopi yang selanjutnya berada di wilayah Toraja, Sulawesi. Kalau kopi yang ini, juga sudah dikenal hingga ke dunia internasional, untuk urusan rasa jangan ditanya lagi sahabat explorer, kopi yang satu ini memiliki karakter yang sangat unik dan berbeda dengan kopi-kopi lainnya di Indonesia.

Ada sebuah perkebunan kopi yang bernama Sulotco di Bittuang, yang memiliki luas sekitar 800 hektar.

Perkebunan ini awalnya adalah milik seorang berkewarganegaraan Belanda bernama  H.J. Stock van Dykk. Saat Belanda keluar dari Indonesia, kepemilikan lahan pun berganti dan dikuasai oleh penjajah Jepang hingga kemudian diambil alih oleh Indonesia selepas kemerdekaan. Sekarang, Perkebunan dikelola oleh  PT. Sulotco Jaya Abadi dan terus mengembangkan produksi kopi khas Toraja yang memiliki rasa yang luar biasa!

Salam Sruput!

Sahabat explorer, itulah beberapa wisata kopi yang YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Jenis wisata yang ini, terbilang jarang dilakukan oleh orang-orang loh, namun bagi pecinta kopi, tentunya hal ini akan sangat menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk share pengalaman kalian di kolom komentar kalian. Selamat berlibur, salam sruput dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar