Peralatan Travel

Ingin Coba Jelajah Hutan? Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini Ya!

perlengkapan traveling untuk jelajah hutan - yoexplore - yoexplore.co.id
image source : tribun

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, apakah kalian termasuk salah satu traveler yang cinta akan petualangan? Seperti di film-film atau dokumenter yang biasa kalian lihat di Channel TV Natgeo? Tentunya memang akan sangat seru dan menjadi pengalaman yang berbeda ya sahabat explorer. Namun, untuk menjelajah hutan tersebut, dibutuhkan pemandu yang profesional loh sahabat explorer bagi kalian yang belum pernah mencobanya. Karena, banyak hal yang tidak bisa diprediksi bisa terjadi saat sudah berada di dalam hutan sana. Area yang sangat luas dan tidak terlihat ujungnya, tentu akan menjadi tantangan utama untuk dijelajahi. Biasanya, setelah menjelajah hutan tersebut, pemandangan yang akan kita dapat diakhirnya itu akan sangat luar biasa! Tetapi jangan sembarangan menjelajah ya sahabat explorer, ada beberapa perlengkapan traveling untuk jelajah hutan yang perlu kalian bawa. Kalau tidak bawa, mending pikirkan lagi rencana kalian untuk menjelajah hutan. Karena risikonya sangat tinggi sahabat explorer!

Perlengkapan Traveling Untuk Jelajah Hutan

Perlengkapan traveling untuk jelajah hutan ini memang sedikit mirip dengan perlengkapan traveling untuk naik gunung sahabat explorer. Namun, ada beberapa perbedaan yang mencolok dan tentunya sangat berfungsi jika kalian sedang menjelajah hutan tersebut. Kegiatan yang satu ini memang belum tentu digemari oleh semua orang, karena memang bukan seperti liburan biasa pada umumnya sahabat explorer. Banyak risiko yang besar, seperti salah satunya adalah bertemu dengan hewan buas. Jika memang kalian tidak tahu cara menghadapinya, maka tentu akan sangat merepotkan sahabat explorer. Oleh karena itu, pergi bersama pemandu yang profesional dan berpengalaman juga sangat penting bagi kalian yang amatir. Belum lagi risiko unpredictable lainnya yang bisa kalian hadapi. Terlepas dari hal itu semua, perlengkapan travelingnya juga jangan sampai salah ya sahabat explorer! Mari langsung kita simak saja yuk ulasannya!

Baca Juga : Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini Saat Traveling di Musim Dingin!

1. Sleeping Bag

perlengkapan traveling untuk jelajah hutan - yoexplore - yoexplore.co.id

image source : ebay

Perlengkapan traveling untuk jelajah hutan yang pertama adalah membawa sleeping bag atau kantong tidur. Tentu saja kalian akan merasakan tidur di alam bebas saat jelajah hutan ini sahabat explorer. Agar tidur kalian juga tetap bisa berkualitas dan nikmat, maka perlu untuk membawa sleeping bag ini. Ada beberapa jenis sleeping bag yang bisa juga diikatkan di pohon, sehingga mirip seperti hammock sahabat explorer. Semuanya tergantung selera kalian, yang penting tidur bisa tetap nikmat dan juga cukup.

Saat malam hari, badan kita akan kehilangan panas tubuh yang lebih cepat dari panas yang dihasilkan. Oleh sebab itu, kita perlu dilindungi oleh lapisan yang tentu dapat menahan dingin dan mencegah panas tubuh kita itu keluar atau hilang. Jadi, perlengkapan menjelajah hutan yang pertama ini sangat vital sahabat explorer. Kalau badan kita tidak terlindungi, maka kita bisa sakit. Dan penting juga, kalian membawa matras/alat tidur, jadi sleeping bag tersebut juga tidak langsung menyentuh tanah sahabat explorer (apabila bukan model yang seperti hammock). Selalu diingat ya sahabat explorer!

2. Peralatan Navigasi

perlengkapan traveling untuk jelajah hutan - yoexplore - yoexplore.co.id

image source : youtube

Perlengkapan traveling untuk jelajah hutan yang selanjutnya adalah Peralatan Navigasi. Benda-benda ini juga sangat penting sahabat explorer. Biasanya peralatan itu meliputi kompas, peta, penggaris segitiga, busur derajat, pensil, dan lain-lainnya.

Jelas saja, kemungkinan kecil bisa untuk jelajah hutan dengan menggunakan Google Maps atau Waze! Beruntung jika masih ada sinyal HP di dalam hutan tersebut ya sahabat explorer. Oleh karena itu, kalian penting untuk membawa peralatan navigasi ini. Semua benda tersebut memiliki fungsinya masing-masing yang tentunya memudahkan kita dalam mencari jalur dan rute yang tercepat untuk sampai ke tujuan.

Bagi kalian yang belum pernah menggunakannya, lebih baik pelajari dulu sampai paham sahabat explorer, karena dibutuhkan skill khusus untuk membaca peta dan alat navigasi lainnya. Apalagi di zaman modern seperti sekarang, alat navigasi tersebut juga bertambah lagi teknologinya. Dengan demikian, jika kalian mempelajarinya terlebih dahulu, maka akan terasa lebih aman saat menjelajah hutan tersebut.

3. Pisau

perlengkapan traveling untuk jelajah hutan - yoexplore - yoexplore.co.id

image source : cadventura

Perlengkapan traveling untuk jelajah hutan yang selanjutnya adalah pisau khusus. Ada beberapa jenis pisau yang biasa digunakan untuk jelajah hutan sahabat explorer, biasanya disebut dengan Pisau Survival. Tentunya, ada beberapa jenis pisau yang biasanya sudah berada dalam satu paket. Ada yang fungsinya untuk memotong pohon, menusuk batang kayu untuk memberi tanda, dan lain-lainnya. Fungsi dari yang paling penting dalam pisau ini adalah untuk memotong ranting untuk membuat api (ranting, kayu-kayu tipis, dedaunan, dan sebagainya). Selain itu, bisa juga digunakan juga untuk memotong makanan dan fungsi-fungsi lainnya.

Pisau ini sangat penting sahabat explorer bagi kalian para penjelajah hutan, dan biasakan taruh diikat pinggang kalian ya, agar mudah meraih dan menggunakannya. Terkadang, ada beberapa rintangan seperti ranting pohon yang terlalu besar, atau alang-alang yang tinggi, dan perlu kita potong agar bisa membuka jalur tracking. Lebih baik benda yang satu ini dicatat ya sahabat explorer di dalam list perlengkapan kalian!

4. Sarung Tangan

perlengkapan traveling untuk jelajah hutan - yoexplore - yoexplore.co.id

image source : wordpress

Perlengkapan traveling untuk jelajah hutan yang selanjutnya adalah sarung tangan. Tentunya, bukan sarung tangan biasa seperti untuk mengendarai motor ya sahabat explorer. Ini sarung tangan khusus menjelajah medan-medan seperti hutan, gunung, dan alam lainnya. Fungsinya jelas, untuk melindungi jari kalian dari risiko tertusuk duri atau ranting pohon yang tajam. Selain itu, melindungi tangan kalian juga dari daun yang berbahaya seperti Daun Pulus, dan juga binatang-binatang kecil yang membuat kalian gatal dan sebagainya, sahabat explorer. Jika kalian menghadapi cuaca dingin, maka sarung tangan yang baik digunakan adalah yang berbahan Wool. namun, umumnya saat berada di hutan atau gunung, sarung tangan yang digunakan ialah sarung tangan yang terbuat dari kulit, bentuknya juga sesuai dengan tangan kita, dan tidak kaku, agar mudah untuk digerakkan.

Jelajah Hutan Dengan Rasa Aman!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan traveling untuk jelajah hutan yang bisa YoExplore rekomendasikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu lagi di tulisan selanjutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar