Jawa Timur Petualangan dan Alam

Api Biru Kawah Gunung Ijen

blue fire ijen - Panduan Traveling YoExplore
image source : cosmopolitanfm

Ijen, Panduan Traveling YoExplore – Gunung Ijen, merupakan gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl ini terletak berdampingan dengan gunung Merapi. Terakhir kalinya Gunung Ijen meletus pada tahun 1999. Keunikan dari Gunung Ijen adalah Blue Fire Ijen yang dimiliki tepat di puncaknya loh sahabat explorer. Banyak banget para pendaki yang hiking ke gunung ini. Seperti dilansir liputan6.com bahwa jumlah kunjungan ke Gunung Ijen ini meningkat sekitar 3.500 sampai dengan 4.000 orang! Karena berada di perbatasan, para pendaki bisa memulai pendakian baik dari Bondowoso maupun Banyuwangi. Dengan medan tanah yang berpasir lalu terkadang terdapat batu yang terjal, diperkirakan kurang lebih para pendaki akan sampai dalam waktu normal 3 hingga 4 jam. Selain itu, hawa dingin dan kemiringan tanah yang mencapai 40 derajat akan menjadi tantangan utama dalam pendakian.

Gimana sahabat explorer? Tertantang ga nih untuk mengunjungi wisata Gunung Ijen? hehe. Pos demi pos akan dilalui oleh para pendaki demi mencapai puncak dari Gunung Ijen. Namun, sebenarnya apa yang mereka cari di puncak gunung sana sampai rela berjalan kaki hingga kurang lebih 3 kilometer dengan kondisi jalur yang ekstrim tersebut? Tidak lain adalah Kawah Gunung Ijen. Bukan hanya sekedar kawah, tapi pemandangan yang berbeda akan kita dapat jika kita bersabar menunggu hingga malam hari. Pemandangan Blue Fire Ijen tersebut lah yang dicari-cari orang.

Blue Fire Ijen, Fenomena Langka Di Dunia

blue fire ijen - Panduan Traveling YoExplore

image source : goodnewsfromindonesia

Luar biasa indah bukan? Tidak heran jika para pendaki rela untuk melakukan pendakian di malam hari. Oia, jangan lupa untuk membawa masker ya sahabat explorer, karena Blue Fire Ijen ini muncul bersamaan dengan asap belerang dari dalam kawah yang bisa bikin kita pusing kalo kita hirup terus-menerus. Waktu terbaik untuk melihat fenomena Blue Fire Ijen ini adalah pukul 00.00 dini hari hingga 05.00 WIB, karena pada saat itu si “Api Biru” dan oksigen sedang dalam kondisi bagus-bagusnya.

blue fire ijen - Panduan Traveling YoExplore

image source : jurukunci

Lihat kan sahabat explorer? luar biasa banget nih pemandangan Kawah Gunung Ijen ini. Pasti kalian akan takjub dan merasa sangat puas apabila melihat pemandangan yang langka ini. Walaupun memang terlihat birunya seperti api kompor gas, namun ga ada kan kompor gas yang sebesar kawah ini :D. Pokoknya, wisata gBlue Fire Ijen ini akan jadi pengalaman kalian yang paling unik deh sahabat explorer.

Tapi, api biru itu sebetulnya bukan api sungguhan loh sahabat explorer. Itu merupakan fenomena alam, bertemunya gas dari bawah tanah dengan oksigen, sehingga jadi terlihat seperti api berwarna biru. Namun, kebanyakan dari wisatawan tidak mempermasalahkan dari mana asal usul api biru tersebut sih sahabat explorer. Sebab, ini merupakan kebanggaan sendiri bagi Indonesia. Ternyata, kawah api biru itu hanya ada dua di dunia loh. Selain di Gunung Ijen, fenomena alam ini dapat kita lihat lagi di Islandia nih sahabat explorer. Mending ke Gunung Ijen kan? :D.

Penambang Belerang Sebagai Mayoritas Pekerjaan Di Kawasan Ijen

Tidak hanya Blue Fire Ijen saja loh sahabat explorer pemandangan yang bisa kita nikmati di Gunung Ijen. Selain menikmati keindahan alam di Gunung ini, kita juga bisa melihat penduduk lokal yang kesehariannya adalah sebagai penambang batu belerang. Aktivitas yang mereka lakukan ini cukup ekstrim loh, karena mereka turun hingga ke dasar kawah untuk mengambil bongkahan tersebut lalu memikulnya hingga ke puncak gunung sebagai tempat penampungannya. Luar biasa banget nih sahabat explorer, karena aktivitas ini sudah disorot hingga ke luar negeri!

Baca Juga : Surga Di Pulau Komodo

blue fire ijen - Panduan Traveling YoExplore

image source : penambangbelerang

Keren ya sahabat explorer, belum lagi kita bisa melihat pemandangan gunung di atas awan lainnya yang berdekatan dengan Gunung Ijen. Lalu, kita bisa melihat juga puncak Gunung Merapi di Yogyakarta. Panorama terbitnya matahari juga akan menjadi pemandangan indah lainnya sahabat explorer. Ibarat paket, ini sudah paket lengkap banget deh, dari pagi sampai ke pagi lagi kita dipenuhi dengan pemandangan yang fantastis dan menakjubkan. Ga usah pikir panjang lagi, langsung aja kalian wisata ke Blue Fire Ijen.

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar