Petualangan dan Alam

Sudah Tahu 5 Gunung Tertinggi di Indonesia?

gunung tertinggi di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : blogreservasi

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Gunung, memang memiliki pemandangan yang sangat indah dari kejauhan. Bagi kalian yang melihat dari bawah saja sudah ‘tersihir’ dengan keindahan gunung dan pemandangan di sekelilingnya tersebut. Apalagi jika kalian mendaki dan sampai ke puncak, tentu pemandangannya akan lebih luar biasa lagi loh sahabat explorer. Pendakian gunung tidak melulu harus dilakukan oleh para backpacker atau anak-anak kaum millenials. Selama kalian masih merasa sehat, dan memang dibolehkan oleh dokter, maka mendaki gunung sesekali pasti akan menyenangkan. Jika kalian sudah memiliki anak yang memang cukup umur dan paham soal pendakian, maka mendaki bersama keluarga akan menjadi pengalaman yang sangat unik. Apalagi jika kalian berani mencoba untuk mendaki salah satu gunung tertinggi di Indonesia ini. Wah, pasti rasanya bakalan puas banget deh sahabat explorer!

Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung adalah sebuah gundukan tanah yang tinggi menjulang ke atas. Bisa dinamakan gunung apabila tingginya melebihi dari 600 mdpl (meter di atas permukaan laut). Ada 2 jenis gunung yaitu gunung berapi aktif dan gunung yang tidak aktif. Bagaimana sih ceritanya gunung itu bisa terbentuk? Singkatnya, gunung terbentuk karena adanya aktivitas vulkanik dan atau tektonik. Indonesia yang memang merupakan sebuah negara kepulauan, tentu diberkahi dengan banyaknya gunung tersebut. Mulai dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Pulau Kalimantan, hingga Papua. Namun kalian sudah tau belum puncak tertinggi Indonesia itu apa saja?

Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai gunung tertinggi di Indonesia, jadi kalian simak ya. Uniknya, 4 dari 5 gunung yang akan kami sebutkan ini, berada di wilayah Papua. Memang pulau paling timur Indonesia yang satu itu sangat menakjubkan ya sahabat explorer! Baiklah, kalau begitu langsung kita mulai saja ya. By the way, khusus artikel kali ini kita akan count down dari nomor 5 (yang terendah) hingga ke nomor 1 (yang tertinggi). Langsung kita simak ulasannya ya sahabat explorer!

Baca Juga : Liburan Singkat? Camping Aja Yuk di Sukabumi!

5. Gunung Kerinci

gunung tertinggi di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; detiktravel

Gunung tertinggi di Indonesia yang nomor 5 adalah Gunung Kerinci. Gunung yang satu ini memang terkenal dengan wilayahnya yang memiliki kopi sangat nikmat. Bahkan kopi Kerinci ini sudah banyak diekspor ke luar negeri loh sahabat explorer. Bagi kalian yang ingin mendaki gunung ini, sebelum naik  ke atas, alangkah baiknya jika mencicipinya terlebih dahulu ya! Hehe.

Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl, yang terletak di Provinsi Jambi, Pulau Sumatera. Gunung ini memiliki sebutan lain yaitu, peak of indrapoera. Wuihh, julukannya keren banget ya sahabat explorer. Kira-kira kalian tertarik untuk mendaki gunung yang satu ini? Kalau iya, langsung berangkat ke Jambi ya sahabat explorer, pesan tiket pesawatnya bisa langsung dengan admin kami di +62-813-55555-757. Ditunggu ya!

Gunung ini pertama kali ditaklukkan oleh Arend Ludolf van Hasselt en Daniël David Veth pada tahun 1877. Oia, keterangan lainnya adalah, ini merupakan Gunung Berapi tertinggi di Indonesia, jadi sisanya yang akan kami sebut ini adalah gunung yang tidak aktif. Simak terus ya sahabat explorer!

4. Gunung Ngga Pilimsit

gunung tertinggi di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : infonusa

Gunung tertinggi di Indonesia yang nomor 4 adalah Gunung Ngga Pilimsit. Gunung ini berada di wilayah Papua nih sahabat explorer. Mungkin bagi kalian yang bukan pendaki gunung, nama gunung yang satu ini memang kalah populer dengan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa dan Sumatera. Namun, ini merupakan peringkat ke 4 tertinggi di Indonesia loh, pasti sangat menantang!

Gunung ini memiliki ketinggian 4.717 mdpl. Gunung ini termasuk dalam pegunungan Maoke di Barisa Sudirman Barat. Letaknya berada kurang lebih 15 kilometer dari puncak tertinggi di Indonesia. Penasaran? Simak terus ulasannya ya!

Pendakian gunung ini baru dimulai pada bulan Februari pada tahun 1962 oleh beberapa warga Austria. Penakluk pertama gunung ini adalah Heinrich Harrer dan Philip Temple.

3. Puncak Trikora

gunung tertinggi di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : dzargon

Gunung tertinggi di Indonesia yang nomor 3 adalah Puncak Trikora. Tidak seperti puncak gunung pada umumnya yang memiliki bentuk kerucut, Puncak Trikora justru memiliki bentuk yang landai dan luas, dan juga diselimuti oleh es. Kalau dilihat dari kejauhan, serasa bukan gunung dari Indonesia deh sahabat explorer. Karena esnya sangat tebal dan terlihat dari bawah sangat jelas. Bagaimana? Berani untuk mendaki gunung ini yang jelas dinginnya luar biasa nih pasti!

Gunung ini memiliki ketinggian 4.750 mdpl. Letaknya masih berada di wilayah Papua nih sahabat explorer. Gunung ini memiliki nama lain yang dipakai hingga tahun 1963 pada waktu itu, namanya adalah wilhelmina peak. Penakluk pertama gunung ini ialah Franssen Herderschee, Hubrecht and Versteeg pada tahun 1913.

Tertarik menjadi penakluk-penakluk selanjutnya? Silahkan pacu adrenalin kalian!

2. Puncak Mandala

gunung tertinggi di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : sueradventure

Gunung tertinggi di Indonesia yang nomor 2 adalah Puncak Mandala. Gunung ini juga termasuk dalam pegunungan Jayawijaya yang membentang di Provinsi Papua. Gunung yang satu ini juga biasa disebut dengan Juliana peak. Sebelumnya, di puncak ini diselimuti dengan salju. Namun, sejak terakhir dilihat pada tahun 20013, salju di puncak gunung ini sudah tidak terlihat lagi. Sayang sekali ya sahabat explorer, tapi tidak apa-apa, karena pendakiannya cukup menantang loh!

Gunung ini memiliki ketinggian 4.760 meter di atas permukaan laut. Memang beda tipis dengan Puncak Trikora, hanya beda 10 meter. Penakluk pertama gunung ini, dilakukan oleh beberapa orang Belanda, yaitu Herman Verstappen, Arthur Escher, Max Tissing, Jan de Wijn dan Piet ter Laa pada tahun 1959.

1. Puncak Jaya

gunung tertinggi di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : gunungbagging

Dan pada akhirnya, kita memasuki gunung tertinggi di Indonesia yaitu Puncak Jaya. Masih termasuk dalam Provinsi Papua nih sahabat explorer. Tentunya gunung yang satu ini menjadi cita-cita para pendaki gunung di Indonesia. Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi di Benua Oseania dan termasuk salah satu 7 puncak dunia atau seven summits.

Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 meter di atas laut, dan mendapat julukan yaitu cartensz pyramid. Gunung ini memiliki 3 puncak, yaitu East Carstensz Peak (4.808 mdpl), Sumantri (4.870 mdpl), dan Ngga Pulu (4.863 mdpl), ketiganya menjadi satu bagian dari Puncak Jaya sebagai puncak tertinggi di Indonesia.

Penakluk pertama gunung ini ialah Anton Colijn, Jean Jacques Dozy dan Frits Wissel pada tahun 1936. Bagaimana sahabat explorer? Sudah siap berada di tempat tertinggi di Indonesia ini? Kalau berani, langsung berangkat dan jangan lupa fotonya tag IG YoExplore ya!

Penakluk Gunung Indonesia

Sahabat explorer, itulah ulasan mengenai gunung tertinggi di Indonesia. Bagaimana nih? Kalian tertarik untuk mendakinya tidak? Kalau iya, jangan lupa ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu lagi ditulisan selanjutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar