Petualangan dan Alam

Gunung Tertinggi Di Kalimantan

gunung tertinggi di kalimantan - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: banjarmasinpost

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, sudah disahkan oleh pemerintah kita bahwa Ibukota kita akan pindah ke Kalimantan Timur. Dengan demikian pusat pemerintahan juga akan pindah ke sana semua sahabat explorer. Banyak sekali mengapa Kalimantan yang dijadikan ibukota kita, karena letaknya yang memang benar ada di tengah, lalu Kalimantan merupakan pulau yang memang jarang sekali terkena gempa sahabat explorer. Mungkin itulah beberapa alasan mengapa dipilihnya Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur sebagai Ibukota Indonesia yang baru. Bagaimana dengan pariwisatanya ya sahabat explorer? Destinasi wisata alamnya tidak perlu diragukan lagi kalau di Kalimantan! Mulai dari wisata air hingga wisata gunung semuanya ada! Ngomong-ngomong soal gunung, di Kalimantan memang tidak ada gunung berapi aktif sahabat explorer. Jadi sepertinya akan seru nih kalau mendaki gunung yang ada di Kalimantan. Kira-kira gunung tertinggi di Kalimantan itu segimana ya?

Gunung Tertinggi Di Kalimantan

Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan memberikan tulisan mengenai gunung tertinggi yang ada di Kalimantan. Semoga saja bisa membuat kalian ingin traveling ke Kalimantan. Selain menikmati keindahan alam yang lainnya, tidak ada salahnya jika coba untuk mendaki gunungnya sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak yuk ulasannya! Kira-kira tingginya berapa meter ya?!

Baca Juga: Destinasi Wisata Indah di Pulau Papua Indonesia | Explore Indonesia

4. Gunung Halau-Halau (1.892mdpl)

Gunung tertinggi di Kalimantan yang nomor 4 adalah Gunung Halau-Halau. Gunung yang satu ini merupakan gunung yang mungkin sangat jarang kalian dengar, atau bahkan belum pernah mendengar sama sekali sebelumnya. Namun, siapa sangka ternyata Gunung Halau- halau merupakan salah satu gunung yang cukup terkenal dikalangan pendaki, khususnya yang berada di pulau Kalimantan ini. Sebenarnya Halau- halau adalah nama puncak yang berada pada Pegunungan Maratua, Kampung Kiyu, Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Puncak Halau- halau ini berada di perbatasan tiga Kabupaten yakni Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu. Di dekat puncak Halau- halau tersebut terdapat hutan hujan tropis yang sudah tidak aktif lagi sahabat explorer. Meskipun tidak aktif lagi, mendaki puncak Halau- halau ini bukanlah hal yang mudah, karena banyak yang mengatakan bahwa tingkat kesulitan pendakiannya cukup tinggi.

3. Gunung Menyapa (2.000mdpl)

Gunung tertinggi di Kalimantan yang selanjutnya adalah Gunung Menyapa. Nama gunung ini cukup unik ya sahabat explorer, gunung yang satu ini memiliki ketinggian hingga 2.000 meter diatas permukaan laut. Gunung Menyapa memiliki nama unik yang seolah gunung ini ramah terhadap manusia, dikarenakan namanya adalah gunung Menyapa. Faktanya, gunung Menyapa adalah sebuah gunung yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Gunung Menyapa merupakan gunung yang dimana puncaknya merupakan kawah yang cukup lebar. Keberadaan kawah ini terbentuk dari dampak letusan gunung berapi yang terjadi di masa lalu sehingga meninggalkan bekas yang berupa kawah.  Mirip seperti gunung Liangpran, sampai saat ini tidak banyak informasi terkumpul mengenai gunung menyapa yang bisa di ekspos ke publik. Namun demikian kalian cukup mengetahui bahwa gunung Menyapa merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di Kalimantan.

2. Gunung Liangpran (2.240)

Gunung tertinggi di Kalimantan yang selanjutnya adalah Gunung Liangpran. Seperti yang disebutkan sebelumnya, gunung yang satu ini memang tidak terdapat banyak informasi mengenai potensi wisatanya sahabat explorer. Ketinggian gunung Liangpran yang mencapai 2. 240 meter di atas permukaan air laut mampu membawanya sebagai gunung tertinggi kedua di Kalimantan. Gunung Liangpran merupakan gunung yang berada di wilayah Kecamatan Long Pahangai. Gunung Liangpran terkenal akan keindahannya. Mungkin saja bagi kalian yang memang tertarik untuk mendaki gunung yang satu ini bisa kirim dan tag fotonya ke Instagram yoexplore ya! Klik aja tuh tautannya!

1. Gunung Bukit Raya (2.278)

Gunung tertinggi di Kalimantan adalah Gunung Bukit Raya. Meskipun namanya ada kata “bukit” bukan berarti ini adalah perbukitan ya sahabat explorer. Gunung ini memiliki ketinggian 2.278 meter diatas permukaan laut. Pulau Kalimantan ini memang memiliki bentang alam yang berbeda dengan pulau lainnya khususnya Sumatera. Pulau Sumatera memang sudah dikenal sebagai pulau yang memiliki bentuk permukaan bumi yang bergunung- gunung sahabat explorer, sehingga tidak mengherankan apabila banyak gunung yang tinggi. Namun berbeda dengan di Kalimantan, gunung yang tertinggi adalah Gunung Bukit Raya yang ketinggiannya mencapai dua ribuan saja.

Gunung Bukit Raya merupakan sebuah gunung tinggi yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Katingan.  Gunung Bukit Raya ini juga termasuk ke dalam kawasan konservasi yang mana terletak di jantung pulau Kalimantan. Bagi kalian, mungkin nama Gunung Bukit Raya terdengar asing karena tidak banyak masyarakat yang membicarakan mengenai gunung ini. Bahkan tidak hanya bagi masyarakat, bagi para pendaki atau orang- orang yang hobi mendaki gunung pun tidak begitu mengenal Gunung Bukit Raya ini walaupun gunung ini merupakan  puncak tertinggi di Kalimantan, Indonesia.

Kunjungi Kalimantan!

Sahabat explorer, itulah beberapa gunung tertinggi di Kalimantan yang YoExplore bisa bagikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar