Petualangan dan Alam

Berikut Adalah 4 Hal Yang Dilarang Saat Naik Gunung

hal yang dilarang saat naik gunung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: hellosehat

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, naik gunung memang merupakan sebuah petualangan yang sangat menarik dan menantang. Kalian bisa menikmati alam yang masih sangat asri dan juga membuat tenda kemah. Rasakan sensasi menginap di alam bebas dengan cuaca yang dingin dan juga perlengkapan yang seadanya. Namun, tidak semua hal bisa kalian lakukan saat mendaki gunung loh sahabat explorer. Ada beberapa hal yang dilarang saat naik gunung yang harus kalian patuhi loh. Tertulis atau tidak tertulis, namun peraturan ini memang ada baiknya untuk dilaksanakan. Namanya juga pegunungan, pasti menyimpan banyak rahasia alam yang tidak kalian ketahui. Dengan demikian, peraturan-peraturan ini dibuat untuk keselamatan kalian semua sahabat explorer

Hal Yang Dilarang Saat Naik Gunung

Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan membahas beberapa hal yang dilarang saat naik gunung. Perhatikan ulasan berikut ini, semoga bisa memberikan informasi bagi kalian yang memang merencanakan untuk mendaki gunung dalam waktu dekat ini. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak ulasannya ya sahabat explorer!

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Makaroni Schotel Yang Mantap!

1. Minum Alkohol

Hal yang dilarang saat naik gunung yang pertama adalah membawa dan meminum minuman beralkohol. Mungkin memang banyak yang beralasan membawa alkohol adalah untuk menghangatkan badan, padahal itu hanya bersifat sementara loh sahabat explorer. Alkohol hanya mempercepat darah ke permukaan kulit sehingga menimbulkan rasa hangat. Pada akhirnya justru alkohol akan membuat tubuh kita menjadi lebih dingin. 

Selain itu, alkohol tentu akan membuat kalian kehilangan kesadaran sehingga bisa membahayakan keselamatan kalian sahabat explorer. Dalam kondisi sedang naik gunung, ini sangat berbahaya loh! Bahkan tidak hanya untuk naik gunung saja, dalam keseharian pun konsumsi alkohol tidak baik untuk kesehatan. Jadi, hindari minuman ini ya sahabat explorer terutama saat sedang mendaki gunung, karena risikonya sangat besar!

2. Mengambil Sesuatu Kecuali Foto

Hal yang dilarang saat naik gunung adalah mengambil sesuatu selain dari foto. Contohnya jika kalian melihat bunga Edelweiss lalu mengambilnya, itu sangat dilarang dan bahkan ada hukumannya loh sahabat explorer. Cukup kalian foto saja tanpa harus merusak alamnya! Jangan juga meninggalkan apapun selain jejak kaki sahabat explorer. Yang dimaksud adalah jangan membuang sampah sembarangan, kalian bisa menikmati pemandangannya namun jangan juga mengotori alam dan kelestariannya ya sahabat explorer. Karena saat naik gunung kita itu ibarat sedang ‘menumpang’ jadi jagalah kesopanan kalian terutama dalam urusan sampah. 

3. Membuat Perapian

Hal yang dilarang saat naik gunung yang selanjutnya adalah membuat perapian. Mungkin saat sedang berkemah, membuat perapian adalah salah satu hal yang bisa menghangatkan badan dari cuaca dingin di atas gunung. Namun, sebisa mungkin jangan ya sahabat explorer, lebih baik kalian selimutan saja di dalam tenda atau mengobrol seru dengan teman sehingga cuaca dinginnya tidak terlalu terasa. 

Mengapa sebenarnya dilarang? Terutama saat musim kemarau sahabat explorer, karena cuaca akan cenderung lebih kering maka kalau ada pengapian jelas lebih gampang terjadi kebakaran. Kita gak mau lagi kan kejadian kebakaran hutan di Indonesia terulang lagi? Maka dari itu, kita sebisa mungkin tidak membuat perapian. Jika memang harus, maka tanggung jawab saja ya sahabat explorer, pastikan api tersebut sudah mati sebelum kalian pergi meninggalkan tempat kemah agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

4. Meremehkan Medan Pendakian

Hal yang dilarang saat naik gunung yang selanjutnya adalah meremehkan medan pendakian. Jangan pernah melakukan ini ya sahabat explorer, karena risikonya tidak main-main yaitu kehilangan nyawa. 

Sebelum mendaki, baik pemula ataupun profesional untuk melakukan persiapan dengan matang sahabat explorer. Rajin berolahraga untuk melatih fisik dan juga mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang gunung yang akan kalian daki (terutama bagian track). Tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ya sahabat explorer

Sahabat explorer, itulah beberapa hal yang dilarang saat naik gunung yang bisa dipersembahkan oleh YoExplore. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar