Petualangan dan Alam

Hutan Terluas Di Indonesia

hutan terluas di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: idntimes

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, beberapa waktu yang lalu kita dilanda musibah kebakaran hutan yang konon memang sengaja dibakar oleh beberapa oknum perusahaan yang mempunyai kepentingan. Terlepas dari benar atau tidaknya, kepolisian memang sudah menetapkan beberapa tersangka dalam kebakaran hutan di Riau yang menyebabkan polusi udara yang begitu parah. Padahal, seperti yang kita ketahui bahwa hutan bisa disebut sebagai paru-paru dunia sahabat explorer. Dengan adanya hutan yang asri maka masih bisa dibilang ada udara yang masih sangat baik, selain itu hutan juga merupakan tempat tinggal bagi satwa-satwa liar yang unik dan langka. Jika ada yang membakar hutan itu sama saja dengan merusak paru-paru dunia. Hutan yang luas merupakan anugerah bagi dunia sahabat explorer! Ngomong-ngomong, kalian sudah tau belum hutan terluas di Indonesia itu ada dimana saja?

Hutan Terluas Di Indonesia

Pastinya bukan di Jakarta ya sahabat explorer, karena kota yang satu ini merupakan kota yang sibuk dan menjadi pusat perekonomian Indonesia. Sepertinya akan menjadi aneh juga apabila Jakarta memiliki hutan yang sangat luas dan lebat, tidak ada tempat karena semuanya sudah menjadi gedung bertingkat. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas mengenai beberapa provinsi yang memiliki hutan terluas di Indonesia. Ada apa saja ya kira-kira? Baiklah kalau begitu mari langsung kita simak saja ulasannya yuk!

Baca Juga: Sahabat Explorer, Inilah Aturan Tidak Tertulis Saat Menginap di Hostel

4. Kalimantan Barat

Hutan terluas di Indonesia yang nomor 4 adalah Kalimantan Barat. Provinsi yang Ibukotanya Pontianak ini memiliki hutan yang cukup luas sahabat explorer. Lokasinya berada ditengah-tengah Indonesia. Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki luas hutan setidaknya sebesar 9.101.760.00 hektar. Selain itu hutan yang berada di Kalimantan Barat ini cukup rimbun dan menyimpan banyak sekali ekosistem sahabat explorer, mulai dari tumbuhan sampai dengan hewan. Selain itu, hutan di Kalimantan Barat juga didominasi dengan hutan tropis. Hutan di Kalimantan masih cukup perawan namun, pembalakan masih bisa kita temui. Terkadang pembalakan ini dilakukan untuk mengalihfungsikan lahan dari hutan menjadi perkebunan. Rimbunnya hutan juga membuat akses jalan di Kalimantan bisa dibilang berat karena terjal dan berliku.

3. Riau

Hutan terluas di Indonesia yang selanjutnya adalah Riau. Provinsi yang satu ini memang sedang dilanda musibah asap sahabat explorer akibat kebakaran hutan itu sendiri. Sengaja atau tidak sengaja, hal ini sudah seharusnya menjadi bencana nasional. Pemerintah hingga saat ini juga sudah berupaya dengan menangkap beberapa tersangka dalam kebakaran hutan ini sahabat explorer. Mari kita simak saja lagi bagaimana kelanjutannya!

Daerah hutan di Riau tersebar di banyak Kabupaten. Data terakhir menyebutkan bahwa Riau memiliki hutan seluas 9.456.160.00 hektar. Provinsi ini memiliki luas lebih dari 87 ribu meter persegi itu sampai sekarang masih harus dijaga karena kebakaran hutan di sana masih sangat mungkin terjadi kembali sahabat explorer. Semoga saja kebakaran hutan yang kemarin tersebut tidak terjadi dan terulang kembali ya! Mari ciptakan lingkungan yang sehat mulai dari tidak membakar dan juga mencegah kebakaran hutan!

2. Kalimantan Tengah

Hutan terluas di Indonesia yang selanjutnya adalah Kalimantan Tengah. Lagi-lagi di Kalimantan nih sahabat explorer, sepertinya warga Indonesia harus berterima kasih kepada pulau Borneo ini ya, karena hutan-hutannya termasuk dalam 4 hutan terluas di Indonesia. Provinsi yang ibukotanya Palangkaraya ini memiliki sedikitnya 15.300.000.00 hektar. Meski luas, alih fungsi lahan dari hutan menjadi perkebunan juga cukup tinggi. Terbukti banyak orang bermigrasi ke Kalimantan untuk jadi pekerja kebun. Walaupun sudah sangat luas dengan 15 juta tadi, namun ini bukan hutan terluas yang ada di Indonesia loh sahabat explorer. Kira-kira Provinsi mana ya yang memiliki hutan luas tersebut? Yuk simak lanjut ulasannya!

1. Papua

Hutan terluas di Indonesia adalah bumi Papua. Provinsi paling timur di Indonesia ini adalah nomor 1 sahabat explorer. Barangkali kita harus menyebut Papua sebagai paru-paru utama dunia. Mengapa? Hal ini tidak dianggap berlebihan karena Papua memiliki lebih dari 40.000.000.00 hektar yang kesemuanya adalah hutan! Pantas kalau di provinsi ini pembangunan tengah di genjot habis-habisan. Mengapa Papua masih begitu asri? Jawabannya adalah karena orang-orang Papua sangat menyayangi lingkungan hidup. Mereka begitu menjaga alam dan merawatnya. Karena itulah kita sangat jarang mendengar kejadian longsor atau bencana alam di daerah bumi cendrawasih tersebut sahabat explorer

Sahabat explorer, penting sekali loh menjaga alam ini agar tetap asri. Selain memberikan kualitas udara yang baik, menjaga alam juga banyak manfaat lainnya loh! Salah satunya mencegah yang namanya musibah alam seperti longsor dan sejenisnya. Semoga artikel hutan terluas di Indonesia ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar