Bali Petualangan dan Alam

Jelajah Pulau Kecil di Bali? Kenapa Tidak!

Panduan Traveling - YOEXPLORE - jelajah 3 pulau
image source : blog.darmawisataindonesia

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Sahabat explorer, Indonesia memang terdiri dari ribuan pulau yang mengelilingi seluruh kawasan Nusantara. Tidak heran, jika negara kita ini terkenal dengan eksotisme panorama pantai dan pemandangan bawah laut yang menawan. Bali, merupakan salah satu pulau yang memiliki dua harta karun tersebut. Selain memang terkenal dengan budayanya yang unik dan berbeda, pantai di Bali juga merupakan destinasi favorit turis untuk berlibur. Baik turis dalam negeri maupun mancanegara. Bali sendiri tidak pernah kehabisan pengunjung, kalau dulu orang datang kesana disaat sedang musim libur panjang. Tetapi, kalau kita lihat Bali sekarang, walaupun bukan sedang High Season, Bali tetap ramai akan turis-turisnya. Bahkan, banyak hotel-hotel bagus di Bali yang selalu full booked. Walaupun sudah bisa dipastikan kalau Bali adalah kota yang terkenal dengan keindahan pantainya, namun apakah kalian pernah jelajah 3 pulau di Bali? Hmm, menarik sepertinya.

Jelajah 3 Pulau Bali yang Eksotis!

Istilah ini, biasa disebut dengan island hopping. Artinya adalah, kalian pergi dari pulau kecil ke pulau kecil lainnya yang berjarak tidak terlalu jauh dari pulau utama. Hal ini, tentu sangat cocok dengan kondisi geografis Indonesia itu sendiri yang terdiri dari ribuan pulau. Di Indonesia sendiri, masih banyak pulau-pulau yang belum terjamah oleh manusia. Entah karena akses yang tidak memungkinkan, ataupun faktor lainnya yang masih belum diketahui. Tetapi, ini merupakan kegiatan yang mengasyikkan loh sahabat explorer. Kalian pernah melakukan kegiatan ini gak? Kalau belum, kalian bisa melakukan jelajah 3 pulau ini di Bali terlebih dahulu. Penasaran di mana saja? Yuk langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga : Eksotisme Pulau Wayag Raja Ampat

1. Nusa Lembongan

Panduan Traveling, YOEXPLORE - jelajah 3 pulau

image source : journeyera

Jelajah 3 pulau di Bali yang pertama adalah mengunjungi Nusa Lembongan. Agar sempat untuk mengunjungi pulau-pulau lainnya yang ada, maka sangat disarankan kalau kalian bangun lebih awal ya sahabat explorer.

Untuk memulai perjalanan island hopping, maka kalian harus terlebih dahulu pergi ke dermaga di Pantai Sanur. Dari sinilah perjalanan kalian akan dimulai. Karena pasti banyak pengunjung lain yang datang, maka kalian harus siapkan terlebih dahulu dari beberapa hari sebelumnya untuk memesan tiket penyebrangan.

Setelah melalui perjalanan sejauh 20 km dari pantai dengan kapal cepat, maka tibalah kalian di Pulau Nusa Lembongan. Di pulau ini, kalian dapat menikmati pemandangan-pemandangan indah. Kalian bisa mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki ataupun bersepeda. Bagi kalian yang menyukai kegiatan snorkeling, maka pulau ini sangat cocok untuk kalian. Banyak turis yang datang ke pulau ini untuk melakukan kegiatan tersebut dikarenakan pemandangan bawah lautnya yang bersih dan indah.

Kalian bisa membawa sendiri peralatan snorkeling kalian, atau menyewa di lokasi penyewaan yang tersedia di sana. Jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya sahabat explorer!

2. Nusa Ceningan

Panduan Traveling, YOEXPLORE - jelajah 3 pulau

image source : bali-indonesia.com

Jelajah 3 pulau di Bali yang selanjutnya adalah ke Nusa Ceningan. Untuk mencapai pulau ini, kalian hanya cukup menyebrangi jembatan kuning ini dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan sepeda motor. Kalian jangan takut, karena jembatan ini cukup lebar kok untuk dilalui dengan 2 motor secara bersamaan.

Namun, kami lebih menyarankan kalian untuk berjalan kaki saja, karena dengan itu, kalian bisa menikmati pemandangan indah biru laut. Dan tak ketinggalan juga untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto-foto.

Spot terbaik di Pulau yang satu ini adalah Blue Lagoon. Salah satu hal yang menarik yang ada di Blue Lagoon ini adalah Clift Jumping Point. Dari tebing ini, kalian dapat menikmati pemandangan  indah hempasan ombak pantai. Namun, kalian harus berhati-hati ya sahabat explorer, karena terkadang hempasan ombak tersebut sesekali mencapai puncak tebing. Jadi, sebelum berfoto-foto, alangkah baiknya jika kalian melihat keadaan sekitar dulu ya.

3. Nusa Penida

Panduan Traveling, YOEXPLORE - jelajah 3 pulau

image source : baliholidaydestination.com

Perjalanan jelajah 3 pulau kalian akan berakhir di pulau indah yang satu ini. Namanya adalah Nusa Penida. Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan dari pulau yang satu ini. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pulau ini sudah mulai banyak pengunjung. Pemandangan indah dari atas tebing Nusa Penida memiliki daya tarik tersendiri. Spot tersebut tentunya sangat Instagram-able banget loh sahabat explorer.

Selain itu, kalian juga dapat mengunjungi Goa Giri Putri di Desa Pakraman, yang dikenal sebagai tempat suci Dewa Siwa. Setelahnya, kalian juga dapat menikmati pemandangan indah Stalaktik dan Batu Gamping Gua.

Island Hopping Boleh Menjadi Alternatif Liburan Kalian

Sahabat explorer, itulah jelajah 3 pulau yang bisa kalian kunjungi saat sedang berlibur di Bali. Selain berjalan-jalan di kotanya, tidak ada salahnya kok sahabat explorer untuk mencoba kegiatan yang satu ini. Enaknya, kalian bisa melakukan kegiatan ini hanya dalam sehari saja loh. Jadi, masih ada waktu lain untuk menjelajahi destinasi wisata di Bali yang lainnya. Yuk, mari kita island hopping di Bali! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar