Papua Petualangan dan Alam

Menikmati ‘Mini Wayag’ Alias Pianemo

jelajah pianemo - Panduan traveling, YOEXPLORE
image source : journeyera.com

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Raja Ampat, memang tidak salah jika tempat ini mendapatkan julukan Surga Terakhir di Bumi. Bagaimana tidak, surga bahari yang membentang sejauh mata memandang ini, memang memiliki kejernihan dan pemandangan bawah laut yang luar biasa. Selain airnya yang bersih, dan biota laut yang menghiasi, wilayah ini juga merupakan tempat yang sangat nyaman untuk berlibur. Salah satu pulau yang wajib kalian kunjungi adalah Pulau Pianemo. Disini, kalian akan menikmati beberapa gugusan pulau kecil lainnya yang berada dekat dengan Pulau Pianemo. Jelajah Pianemo, tentu akan menjadi pengalaman dan liburan yang pastinya unik dan sangat menyenangkan. Kira-kira tempatnya ada apa saja ya sahabat explorer yang bisa kalian kunjungi?

Baca juga : Menikmati Wisata Budaya di Jambi

Jelajah Pianemo Yang Tidak Kalah Indah Dengan Wayag!

Pianemo, mendapatkan julukan sebagai Wayag Mini, karena bentuknya yang menyerupai gugusan Pulau Wayag, hanya saja, ini dalam ukuran yang lebih kecil sahabat explorer. Ada beberapa gugusan yang bisa kalian kunjungi, dan untuk urusan menginap, YoExplore serahkan lagi kepada kalian mau berapa lama. Karena tempatnya bagus banget dan banyak gugusan pulau, sepertinya kalau cuma 2 malam sih gak cukup tuh, hehe. Namun, mari kita sedikit tarik perjalanan ini dari awal saat kalian sampai di Papua ini. Biar ceritanya lebih jelas dan kalian gak bingung lagi nih untuk akses ke pulau tersebut seperti apa. Tentunya, kalian akan banyak pergi menggunakan kapal laut nih sahabat explorer, karena ini merupakan gugusan pulau, jadi lebih baik sewa kapal daripada motor atau mobil. Yaudah yuk sahabat explorer, langsung aja kita mulai itinerary Jelajah Pianemo-nya!

Sorong – Waisai

Kalian akan mendarat di bandara Dominique Edward Osok – Sorong dari manapun kalian berangkat. Setelah sampai, kalian bisa istirahat sebentar menyantap makanan siang khas Papua, dan sedikit melakukan sightseeing di kota tersebut. Setelahnya, kalian dapat melanjutkan perjalanan kalian ke Waisai, yang merupakan Ibu Kota dari Raja Ampat selama 2 jam dengan menggunakan kapal cepat. Ternyata lama juga ya sahabat explorer, sudah menggunakan kapal cepat saja masih lama, gimana kalau menggunakan kapal yang tidak cepat nih? 😀

Setelah sampai, di Waisai, kalian bisa istirahat sebentar, mungkin saja kalian sampai sudah sore atau malam, sehingga perjalanan mengelilingi gugusan pulau nampaknya harus dilakukan esok hari.

Teluk Kabui

jelajah pianemo - Panduan traveling, YOEXPLORE

image source : raja-ampat.biz

Jelajah Pianemo yang pertama adalah dengan mengunjungi gugusan pulau yang pertama yaitu Teluk Kabui. Di Teluk Kabui, kalian akan menjelajahi keindahan karst yang mengelilingi pulau dan keindahan pemandangan bawah airnya. Tempat ini memiliki beragam batu karang yang Indah. Air lautnya yang biru dan jernih akan membuat kalian dapat menikmati keindahan ikan-ikan yang berenang. Kalian tidak perlu ber-snorkeling atau menyelam, kalian dapat menikmati semua itu dari atas kapal. Saking jernihnya Namun demikian, kalian tetap boleh berenang jika kalian ingin. Pasti akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa ya sahabat explorer.

Batu Pensil

jelajah pianemo - Panduan traveling, YOEXPLORE

image source : backpackerjakarta

Jelajah Pianemo kalian berikutnya adalah dengan mengunjungi Batu Pensil. Disini, kalian akan terpesona dengan keindahan batu karang yang bentuknya menyerupai pensil. Kalian akan merasa seolah-olah melihat pensil raksasa yang muncul dari permukaan air laut, bentuknya sangat unik banget nih sahabat explorer, terus, air di sekelilingnya itu juga jernih banget. Nikmati waktu-waktu indah kalian dengan berselfie melalui kamera kalian. Bagi kalian yang memang menyukai fotografi landscape, maka baterai kamera DSLR atau Mirrorless kalian harus penuh nih sahabat explorer. Soalnya, pemandangan di sini tuh bagus-bagus dan tentunya sangat Instagram-able banget!

Lukisan Tengkorak

Di tempat ini, kalian akan mengamati lukisan  pra-sejarah zaman mesolithikum di dinding karang. Lukisan di dinding tersebut memiliki beragam pola. Salah satunya berbentuk seperti tengkorak, yang menyebabkan tempat ini dinamakan Lukisan Tengkorak. Selain itu, kalian juga dapat mengamati pola lukisan yang lain seperti pola telapak tangan dan binatang. Pola-pola ini memberikan gambaran tentang kesukaan berburu masyarakat zaman pra sejarah waktu itu. Jadi, tidak hanya sekedar liburan dan main air saja nih sahabat explorer, kalian juga bisa sedikit belajar sejarah, terutama mengenai kehidupan zaman pra-sejarah.

Arborek

jelajah pianemo - Panduan traveling, YOEXPLORE

image source : raja-ampat.biz

Selanjutnya, Jelajah Pianemo akan membawa kalian ke Arborek. Di Arborek, kalian akan snorkeling selama yang kalian inginkan sebelum kita mengunjungi pasar dan pusat kerajinan tangan di Desa Arborek. Di Desa ini, kalian akan menjumpai ragam kerajinan tangan yang dibuat oleh perempuan-perempuan Desa. Keputusan kalian untuk membeli kerajinan tangan tersebut akan sangat membantu pemberdayaan ekonomi di Desa Arborek, khususnya komunitas perempuannya. Selain itu, kalian pun dapat memberikan donasi kepada anak-anak berupa kudapan (snack), buku, atau alat-alat tulis. Berjalan-jalan sambil beramal gak ada salahnya juga kan sahabat explorer, membantu sesama juga merupakan salah satu kewajiban kita loh.

Masih Banyak Gugusan Pulau Lain Yang Bisa Dikunjungi

Nah sahabat explorer, itulah beberapa tempat dari gugusan pulau jelajah Pianemo yang bisa kalian kunjungi. Sebenarnya, masih banyak lagi tempat lain yang kalian bisa kunjungi. Cuma, daripada bikin kalian ngiler terus-terusan, mendingan kalian sendiri langsung jalan-jalan ke Pianemo aja deh, dijamin gak akan menyesal. Selain bisa diving dan snorkeling dengan pemandangan bawah laut terbaik di dunia, kalian juga bisa menikmati budaya, sejarah, dan kuliner khas yang ada di sini. Pastinya, ini akan menjadi pengalaman yang sangat unik dan tentunya tak terlupakan. Bagi kalian yang sudah pernah kesini sebelumnya, boleh share cerita kalian di kolom komen kita ya. Have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar