Bali Petualangan dan Alam

Sudah Pernah Ke Bali Naik Mobil dan Kapal Laut?

Cara traveling murah, YOEXPLORE - ke Bali naik mobil - YoExplore
image source : suarasurabaya.net

Cara Traveling Murah, YOEXPLORE – Sahabat explorer, mungkin banyak dari kalian yang sudah pernah menikmati liburan ke Bali. Bahkan, mungkin saja ada dari kalian yang bolak balik ke Bali setiap bulan. Entah untuk liburan, atau untuk urusan pekerjaan. Namun, apakah kalian pernah ke Bali naik mobil? Kalau belum, sudah waktunya mencoba nih sahabat explorer. Tentunya, ini akan menjadi pengalaman yang sangat unik dan berbeda dari lainnya. Kalian bisa memilih untuk melakukan Road Trip, atau direct langsung ke Pelabuhan Ketapang. Karena pasti memakan waktu yang lama, kami sarankan kalian untuk melakukan Road Trip. Minimal menginap selama dua malam, di dua kota sebelum Banyuwangi. Semua itu bertujuan agar kalian tidak mengalami masalah penurunan kesehatan fisik.

Ke Bali Naik Mobil Itu Menyenangkan!

Selama perjalanan, kalian akan banyak melihat pemandangan bagus dan hijau. Jika kalian berhenti di beberapa kota, tentu kalian bisa menikmati keindahan kota tersebut. Misalnya saat kalian melewati jalur Yogyakarta – Malang, kalian akan melintasi jalan yang berliku-liku ditemani dengan pemandangan bukit dan gunung dari kejauhan. Selain itu, cuaca yang dingin juga sangat menyejukkan badan, kalau naik mobil mending buka kaca aja deh sahabat explorer, dijamin gak akan kepanasan. Namun, jika kalian memang merasa mual karena jalanan yang berliku-liku, ada baiknya kalian berhenti sebentar di tempat peristirahatan. Sambil menikmati secangkir kopi khas Malang yang sudah mulai banyak kalian temui di kedai sekitaran jalur tersebut. Dibayangin aja udah seru kan ya sahabat explorer? Belum lagi, mata kalian akan disuguhkan pemandangan dari Gunung Arjuno dari kejauhan.

Setelah sampai di Malang, kalian bisa beristirahat sebentar di kota Batu atau Alun – Alun Malang yang tetap ramai walaupun siang hari. Atau mungkin kalian bisa melanjutkan perjalanan kalian menuju Lumajang untuk menikmati keindahan Gunung Semeru dari Kejauhan.

Menurut kami, jam terbaik untuk melanjutkan perjalanan langsung ke Banyuwangi adalah jam 8 malam. Dengan demikian, perkiraan sampai di lokasi kurang lebih pukul 11 atau 12 malam. Kalian bisa langsung menginap di sana, karena banyak penginapan murah yang tersedia di sana.

Keesokannya, kalian bisa langsung sarapan dan pergi ke Pelabuhan Ketapang. Sebelum memasukkan kendaraan ke dalam kapal, akan ada pengecekan terlebih dahulu, mobil dan orang dihitung secara terpisah, namun kalian tidak usah khawatir, karena harganya masih sangat terjangkau.

Selamat Datang di Gilimanuk!

Perjalanan ke Bali naik mobil sudah mau mencapai titik akhir nih sahabat explorer. Penyebrangan Ketapang – Gilimanuk ini memakan waktu kurang lebih 30 – 40 menit. Jangan kaget juga, kalau tiba-tiba jam di smartphone kalian berubah ya, karena di tengah laut sana nanti ada perbatasan antara WIB dan WITA.

Baca Juga : Ingin Pergi Road Trip? Siapkan Dulu Beberapa Hal Ini

Selama perjalanan, kalian bisa menikmati pemandangan Pulau Bali yang sudah terlihat dari kejauhan, selain itu juga pemandangan biru laut dan kapal-kapal besar yang melintas. Dijamin kalian gak akan mau duduk doang deh di atas kapal, pasti mau foto-foto.

Sesampainya di Gilimanuk, suasana akan terasa berbeda dan pastinya kalian tidak akan kelewatan untuk makan siang di rumah makan Ayam Betutu pertama yang ada di Bali. Mau tau di mana? Tunggu reviewnya di channel Youtube YoExplore ya!

Untuk mencapai Denpasar, sayangnya tidak memakan waktu yang sebentar nih sahabat explorer. Wajarin saja, namanya juga ke Bali naik mobil, jadi pasti kalian akan sangat sering melakukan perjalanan darat dengan jarak yang cukup jauh.

Perjalanan Panjang Menuju Denpasar

Untuk mencapai Denpasar, kurang lebih kalian akan memakan waktu perjalanan selama 3 jam. Namun, pemandangan yang ada di sepanjang jalan tentunya akan sangat menarik. Kalian bisa melihat pemandangan terasering sawah yang sangat luar biasa indah. Selain itu, kalian juga dapat melihat bagaimana rumah adat asli Bali yang masih sangat terjaga di sana. Pokoknya, perjalanan tersebut tidak akan terasa capek deh sahabat explorer.

Kalian juga bisa menikmati cemilan atau sekedar minum es campur di warung-warung kecil yang tersedia di sepanjang jalan, tentunya sambil menikmati pemandangan terasering yang sangat cantik tersebut. Hampir semua sawah di Bali itu berbentuk terasering sahabat explorer, jadi silahkan terkagum-kagum ya. Selama perjalanan, kalian juga bisa menemukan pantai-pantai yang masih belum banyak diketahui oleh turis, kapan lagi bisa ‘mantai’ di Bali dengan suasana yang tenang dan indah? 😀

Oke sahabat explorer, kira-kira seperti itulah gambaran perjalanan ke Bali naik mobil. Cukup menyenangkan pastinya, kalian lebih terasa dekat dengan alam, dan tentunya banyak menikmati pemandangan yang belum tentu bisa dirasakan oleh semua orang. Kalau kalian yang sudah pernah melakukan kegiatan ini, boleh di share pengalamannya di kolom komen kita ya sahabat explorer. Have a good day!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar