Jawa Barat Petualangan dan Alam

Liburan Anti Mainstream di Bandung! Pernah Coba?

liburan keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id
image source : bobocantik

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, bagi kalian yang memiliki rutinitas kerja yang cukup tinggi, pasti mendambakan yang namanya tanggal merah alias hari libur nasional. Hari libur itu bisa dimanfaatkan untuk beristirahat, menghabiskan waktu bersama keluarga, atau bahkan liburan bersama keluarga. Daripada di rumah saja, lebih baik memang keluar dan menikmati indahnya Indonesia. Yang namanya hari libur nasional, itu biasanya identik dengan long weekend, yang intinya, kalian libur 3 hari dalam seminggu. Namun ini bisa disebut long weekend kalau tanggal merah tersebut berada di hari Jumat atau Senin. Jika kalian melihat kalender dan menemukan tanggal dan hari tersebut, langsung saja bikin itinerary liburan. Jika kalian dari Jakarta, maka kami sarankan agar pergi ke Bandung saja sahabat explorer. Liburan keluarga Bandung menyediakan berbagai macam destinasi wisata yang tidak akan habis dan selalu bertambah tiap tahunnya. Baik yang dibuat oleh manusia, atau yang alami, tinggal kalian pilih saja maunya yang mana.

Liburan Keluarga Bandung

Artikel kali ini akan membahas mengenai liburan keluarga Bandung yang tentunya berbeda dengan yang sudah kami tulis sebelumnya. Kalau tempat-tempat yang ini, tergolong dalam kategori anti mainstream nih sahabat explorer. Pastinya, kalian akan merasakan sensasi yang berbeda dan berbeda pengalaman juga tentunya. Tempat-tempat yang kami berikan ini, memang tidak berada di pusat kota Bandung, namun sedikit ke pinggir. Maklum, namanya juga hidden paradise, pasti tidak berada di tempat yang diketahui oleh orang banyak. Penasaran di mana saja? Yaudah, langsung kita simak saja yuk ulasannya!

Baca Juga : Ini Merupakan Candi Termegah di Indonesia

1. Arung Jeram Sungai Citarum

liburan keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id

image source : semutireng

Liburan keluarga Bandung yang pertama adalah menikmati petualangan arung jeram di Sungai Citarum. Wah, kapan lagi nih kayak gini kalau ke Bandung? Biasanya kan cuma sekedar belanja-belanja di factory outlet, dan kulineran, coba dong wisata yang satu ini.

Aliran sungai ini memang cukup deras, jadi tentunya sangat memacu adrenalin nih sahabat explorer.

Akses menuju tempat ini juga tidak sulit, hanya sekitar 2 jam dari Kota Bandung dengan kendaraan bermotor. Lokasi persisnya berada di Desa Cisameng, sesampai di sana kalian bisa langsung memilih paket rafting dengan harga yang bervariasi. Durasi untuk rafting ini biasanya sekitar 3 sampai 4 jam. Wah, pasti bakalan hajar fisik banget nih, jadi kalian siapkan stamina terlebih dahulu ya!

Oia, bagi kalian yang belum berpengalaman, tidak usah takut, karena di setiap perahu ada guide profesional yang siap menemani kalian untuk menerjang liarnya Sungai Citarum ini. Penasaran? Langsung datengin aja sahabat explorer!

2. Curug Malela

liburan keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id

image source : explorewisata

Liburan keluarga Bandung yang selanjutnya adalah mengunjungi Curug Malela. By the way, kalian pernah dengar yang namanya Air Terjun Niagara tidak? Kalau iya, di Bandung juga punya loh! Di Curug Malela ini tepatnya. Curug ini memiliki lebar yang luas, oleh karena itu curug yang satu ini disebut mini Niagara di Jawa Barat. Aliran airnya cukup deras, dan debit airnya juga banyak. Cuaca yang sejuk dan juga pepohonan yang hijau dan asri, menambah kecantikan dari curug yang satu ini.

Tempat yang satu ini memang terbilang jarang dikunjungi oleh para wisatawan, dikarenakan akses menuju tempat ini memang tidak mudah. Kalian harus melewati beberapa medan yang berat agar bisa mencapai tempat ini. Namun, seperti biasa, medan berat tersebut seolah hilang ketika kalian melihat kecantikan Curug ini dari dekat. Pokoknya gokil sob!

3. Stone Garden, Padalarang

liburan keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id

image source : yoexplore

Liburan keluarga Bandung yang selanjutnya adalah mengunjungi Stone Garden, Padalarang, Bandung. Kalian pernah melihat film flinstones? Nah, kalau datang ke sini, kalian akan merasakan bagaimana hidup di zaman batu seperti karakter film kartun tersebut. Batu ini merupakan batu karst yang ada sejak 27 juta tahun yang lalu. Kalian bisa bayangkan, kalau bukit batu ini dahulunya adalah gunung di dasar laut!

Untuk mencapai puncaknya, kalian tidak perlu lama-lama trekking kok, cuma butuh waktu sekitar 15 menit dan kalian sudah sampai di puncak. Menikmati pemandangan di puncak bukit ini memang menjadi daya tarik para wisatawan. Kalian bisa melihat tebing-tebing yang tinggi dan luas, dan tentunya matahari terbit jika kalian datang lebih pagi.

Asal kalian tau, tempat wisata yang satu ini dikelola oleh POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) loh, jadi bukan pemerintah nih yang urus. Masyarakat lokal membersihkan, merawat, dan mempercantik kawasan ini agar semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tertarik ke sana? Langsung klik tautan yang satu biru ini ya.

4. Gua Putri

liburan keluarga bandung - yoexplore, liburan keluarga -yoexplore.co.id

image source : liburmulu

Liburan keluarga Bandung yang selanjutnya adalah mengunjungi Gua Putri yang berada di kawasan Cililin, 35 kilometer dari pusat kota Bandung. Bagi kalian yang menyukai kegiatan eksplorasi Gua, maka kalian boleh mencoba medan yang ada di Gua ini.

Namun, yang menarik dari tempat ini bukan hanya eksplorasi Gua sja loh sahabat explorer. Terdapat sebuah mata air yang memiliki kekuatan magis! Apa itu? Kata masyarakat setempat, jika kalian meminum atau mencuci badan dengan air ini, maka jodoh kalian akan cepat datang! Wah, ada-ada saja ya sahabat explorer, mungkin jodoh kalian lagi ke toilet dulu, jadi telat datang ke mata air ini :D.

Namun, terlepas dari candaan tadi, masyarakat sini percaya akan mitos tersebut. Oleh karena itu, banyak orang yang berkunjung ke sini demi menikmati air suci tersebut. Tapi, semua ini kembali kepada kalian ya mau percaya atau tidak, hehe.

Berpetualang Bersama Keluarga di Bandung

Sahabat explorer, itulah beberapa liburan keluarga Bandung anti mainstream yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin liburan long weekend bersama keluarga. Seperti biasa, jangan lupa share pengalaman unik liburan kalian di kolom komentar kami. Selamat berlibur, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar