Petualangan dan Alam Sulawesi

Menikmati Keindahan Alam Gorontalo

liburan keluarga di gorontalo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : uniqpost

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Sulawesi memang terkenal dengan Taman Bunakennya yang menakjubkan. Selain itu, ada juga destinasi wisata yang sedang naik daun di sana yaitu Pulau Togean. Kawasan tersebut sekarang sudah termasuk sebagai Taman Nasional loh, jadi kalian jangan heran dengan keindahan yang disajikan. Namun, keindahan Sulawesi tidak berhenti sampai disitu saja. Ada lagi keindahan lainnya yang bisa kalian nikmati selagi menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Destinasi wisata ini memang belum banyak orang yang tahu. Bahkan, destinasi yang satu ini bisa dibilang jauh kalah popularitas dengan Bali. Destinasi yang akan kita bahas kali ini adalah Gorontalo. Liburan keluarga di Gorontalo bisa menjadi pilihan yang anti mainstream bagi kalian keluarga petualang. Alasannya tentu karena wisata alamnya yang memiliki pemandangan luar biasa.

Liburan Keluarga di Gorontalo

Gorontalo merupakan sebuah Provinsi yang masuk ke dalam wilayah Sulawesi nih sahabat explorer. Destinasi wisata di sana, masih banyak juga yang belum terjamah sebenarnya. Oleh karena itu, YoExplore berkesempatan untuk membahas beberapa destinasi wisata tersebut agar menarik perhatian para pembaca. Dengan demikian, semakin banyak pula destinasi wisata di Indonesia yang berhasil terekspos. Manfaatnya banyak banget loh, selain menambah kekayaan wisatanya, tentunya ini akan menaikkan taraf ekonomi masyarakat sekitar. Selain itu, jika semakin terkenal dan akhirnya banyak turis mancanegara yang berkunjung, tentu akan menaikkan ekonomi negara juga nih jadinya dari sektor pariwisata. Tempat yang akan kita bahas ini tepatnya berada di Kabupaten Gorontalo Utara. Ada apa aja sih di sana? Langsung kita simak aja yuk ulasannya sahabat explorer.

Baca Juga : Menginap di Hotel Yang Langsung Menghadap Pantai di Bali

1. Pulau Diyonumo

liburan keluarga di gorontalo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : indonesiakaya

Liburan keluarga di Gorontalo yang pertama adalah mengunjungi Pulau Diyonumo. Indonesia memang negara kepulauan nih sahabat explorer. Jadi, jangan heran kalau dikit-dikit yang dibahas itu pulau. Namun, keunikannya adalah, bahwa setiap pulau memiliki potensi wisata yang berbeda-beda. Tidak hanya pantai saja yang pemandangannya indah untuk dilihat, masih banyak lagi potensi wisata yang ada di pulau-pulau tersebut.

Salah satu destinasi wisata yang berada di Gorontalo Utara ini, merupakan sebuah pulau kosong alias tak berpenghuni. Pulau yang satu ini memang jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan. Karena tidak berpenghuni tersebut lah kenapa pulau yang satu ini masih sangat terjaga alamnya. Jika kalian sempatkan diri untuk mengunjungi tempat ini saat berlibur, kalian akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah!

Seketika sampai di pulau ini, kalian akan disambut dengan bukit ilalang yang warna hijaunya sangat membuat dada kita plong. Terdapat banyak pohon kelapa yang bergoyang karena terkena angin seakan menyambut kedatangan kalian. Pasir pantai yang putih, dan juga air laut yang bersih dan berwarna biru bening, membuat kalian pasti terhipnotis dengan keindahannya. Rasanya ingin bermain di pantai, atau sejenak duduk-duduk bersantai menikmati pemandangan yang sangat langka ini.

Tentunya kalian bisa snorkeling di tempat ini nih sahabat explorer. Karena itu pulau tidak berpenghuni, oleh karena itu kalian tidak bisa membeli apapun nih di sini. Dengan demikian, persiapkan dulu semuanya sebelum berangkat ya, apalagi jika kalian pergi membawa anak, maka harus dipersiapkan banget!

2. Pulau Saronde

liburan keluarga di gorontalo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : travelingyuk

Liburan keluarga di Gorontalo yang selanjutnya adalah mengunjungi Pulau Saronde. Karena Gorontalo terkenal dengan wisata baharinya, maka jangan heran nih sahabat explorer dengan potensi wisata bahari di tempat ini. Kalau pulau yang satu ini sudah terkenal dikalangan para turis lho. Bahkan, banyak masyarakat yang menyebut bahwa keindahan tempat yang satu ini disandingkan dengan Maldives sana! Tapi, kalau kalian lihat di gambar, rasanya yang ngomong kayak gitu gak salah deh, soalnya emang keren banget!

Warna air laut yang biru muda dan pasir putih yang mempesona ini, menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Selain itu, kalian juga bisa menyewa cottage untuk menginap di tepi pantai ini. Atau, jika kalian ingin pengalaman yang lebih seru lagi bersama keluarga, kalian bisa membangun tenda di pantainya loh sahabat explorer! Pasti bakalan seru banget deh!

Karena pulau ini tidak begitu besar, oleh karena itu cottage-nya terbatas nih sahabat explorer. Jadi, kalian harus memastikannya terlebih dahulu sebelum berangkat ke pulau yang luar biasa cantik ini.

3. Benteng Orange

liburan keluarga di gorontalo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : situsbudaya.id

Liburan keluarga di Gorontalo yang selanjutnya adalah mengunjungi Benteng Orange. Tidak hanya sekedar wisata alam dan bahari saja nih sahabat explorer yang bisa kalian nikmati di Gorontalo. Ternyata, di sini juga ada situs sejarah dan budaya yang bisa dibilang memiliki nilai yang tinggi.

Destinasi wisata sejarah yang cukup terkenal di Gorontalo ini berlokasi di Dambolo, Kwandang, Gorontalo Utara. Ini merupakan benteng terbesar yang ada di Gorontalo loh sahabat explorer. Jadi, sayang banget kalau udah ke Gorontalo tapi gak dateng ke destinasi wisata yang satu ini.

Benteng Orange ini dibangun oleh bangsa Portugis pada tahun 1603 Masehi. Pembangunan benteng ini bertujuan untuk mengamankan dan mengawasi keadaan pesisir pantai Gorontalo. Sebagaimana yang kita ketahui dalam sejarah, bahwasanya Indonesia Timur pada masanya banyak dikuasai oleh bangsa Portugis. Tentunya ini merupakan destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi saat sedang bersama keluarga.

Selain menawarkan pemandangan alam yang luar biasa, kalian juga bisa melihat pemandangan laut lepas yang luar biasa indah. Lalu, tempat ini cocok bagi kalian yang ingin belajar sejarah dan misteri. Ada misteri yang belum terpecahkan di tempat ini. Konon, sempat diadakan eskavasi untuk kembali menilik potensi sejarah dan misteri yang ada di tempat ini. Kalian tertarik dengan sejarah dan misteri? Sudah sangat tepat mengunjungi tempat yang satu ini!

4. Hutan Mangrove Langge

liburan keluarga di gorontalo - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : youtube

Liburan keluarga di Gorontalo yang selanjutnya adalah mengunjungi Hutan Mangrove Langge. Kalau kalian lihat gambar di atas, di hutan Mangrove ini terdapat sebuah jembatan yang membentuk hati nih sahabat explorer. Jika kalian punya drone, maka tentunya ini wajib banget untuk difoto! Pastinya feeds Instagram kalian akan tambah bagus aja jadinya.

Kawasan Hutan Mangrove Langge ini masih terbilang baru di Gorontalo. Oleh karena itu, kalian wajib mengunjungi tempat ini biar makin hits! Kawasan ini baru dibuka pada tahun 2017 yang lalu, dan tentunya sangat potensial menjadi kawasan yang luar biasa keren. Dengan dibukanya tempat ini, menambah jajaran kawasan Hutan Mangrove yang ada di Indonesia loh sahabat explorer. Namun, jika kalian berkunjung saat sedang musim libur, jangan heran ya kalau tempat ini ramai dikunjungi. Tapi, sesekali gak apa-apa lah ya, masa mau di tempat yang sepi terus, kapan bisa berbaur dengan orang lain kalau begitu. Tempat yang satu ini walaupun ramai, kalian tetap bisa merasakan keindahan dan kesejukannya kok. Dijamin gak akan menyesal deh!

Eksplorasi Alam Gorontalo

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi liburan keluarga di Gorontalo yang dapat YoExplore berikan. Semoga menambah list wisata 2019 kalian ya.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar