Nusa Tenggara Timur Petualangan dan Alam

Berpetualang Bersama Keluarga ke Maumere

liburan keluarga di maumere - Yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : indonesiakaya

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mengeksplorasi Indonesia, mungkin akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Anggap saja jika kalian selalu memiliki waktu dan uang untuk berkeliling Indonesia, tentunya tidak akan sebentar. Bayangkan saja, kita memiliki ribuan pulau yang mengelilingi Nusantara ini. Setiap pulau baik berpenghuni atau tidak, tentu memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri. Untuk mengelilinginya juga terkadang akses yang tersedia belum lengkap atau bahkan bisa dibilang mustahil untuk dikunjungi. Bagi seorang traveler, hal itu memang menjadi tantangan tersendiri. Bahkan, sekarang mulai banyak dan sedang happening di Indonesia jika berpetualang itu tidak hanya bisa dilakukan oleh Backpacker saja. Berpetualang bersama keluarga juga sedang banyak digandrungi oleh keluarga-keluarga di Indonesia, terutama bagi mereka pasangan baru. Hal ini tentu menjadi fenomena yang sangat positif untuk keluarga mereka dan juga untuk ekonomi bangsa ini. Bagi kalian keluarga petualang, maka kalian harus coba liburan keluarga di Maumere. Sudah pernah denger belum??

Liburan Keluarga di Maumere

Kota Maumere merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sejak tahun 2007, Kecamatan Maumere berubah namanya menjadi Kecamatan Nelle sesuai dengan peraturan daerah Kabupaten Sikka Nomor 1 tahun 2007. Kota ini pernah dihantam dengan bencana Tsunami pada tahun 1992 yang lalu, dan menewaskan kurang lebih 900 orang. Selain itu, kota ini merupakan kota terkecil yang pernah dikunjungi oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989. Kota ini memiliki bandar udara terbesar di Flores, jadi bisa dibilang Maumere ini menjadi gerbang di NTT, Indonesia nih sahabat explorer. Liburan keluarga di Maumere kira-kira bisa kemana saja ya? Yaudah yuk, langsung kita simak ulasannya ya!

Baca Juga : Traveling Jauh ke Luar Negeri? Nih Tips Menghilangkan Jetlag!

1. Pantai Koka

liburan keluarga di maumere - Yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : backpackerjakarta

Liburan keluarga di Maumere yang pertama adalah mengunjungi Pantai Koka. Pantai yang satu ini merupakan surga tersembunyi Indonesia yang berada di wilayah Flores. Keindahan laut dan juga bukit yang mengelilinginya sungguh mempesona. Bagi kalian yang pergi bersama keluarga dan membawa anak-anak, maka cocok dengan pantai yang satu ini. Hamparan pasir putih yang luas dan juga warna biru yang kuat dapat kalian lihat dengan jarak yang dekat. Ombaknya juga tidak besar loh sahabat explorer, cocok banget untuk bermain anak-anak kalian.

Pantai yang satu ini sekarang juga bukan pantai yang sepi, namun juga bukan pantai yang sangat ramai. Menjelang hari libur atau saat weekend, maka kalian akan bertemu dengan banyak anak muda yang berkunjung ke pantai ini.

Pantai ini memiliki warna pasir putih yang sedikit kecoklatan dan sangat lembut. Bagi kalian yang berkunjung ke tempat ini, pasti langsung tidak sabar ingin melepas alas kaki dan merasakan kelembutannya. Jika kalian perhatikan secara seksama, Pantai Koka ini mirip dengan Pantai Tanjung Aan yang berada di Lombok. Namun untuk keindahannya, boleh diadu nih sahabat explorer, kalau gak percaya langsung datang aja ke tempat ini!

2. Patung Bunda Maria Bukit Nilo

liburan keluarga di maumere - Yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : flobamorata

Liburan keluarga di Maumere yang selanjutnya adalah mengunjungi Patung Bunda Maria yang berada di Bukit Nilo. Patung ini memiliki tinggi 28 meter dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat Maumere. Kawasan ini termasuk dalam kawasan wisata religi yang berada di wilayah Flores dan cukup terkenal bagi masyarakat Katolik yang berada di Maumere.

Patung yang berada di Bukit Keling-Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita ini, memang tidak hanya dikunjungi oleh para wisatawan beragama Katolik saja. Banyak pemeluk agama lain yang datang mengunjungi patung yang sangat megah dan tinggi ini. Memang, akhir-akhir ini tempat ini sudah menjadi salah satu objek wisata yang ada di Maumere.

Patung dengan berat 6 ton ini, dibuat pada tahun 2004 dan diresmikan sebagai sebuah lokasi wisata religi pada tahun 2005. Patung ini diresmikan oleh Almarhum Uskup Agung Ende Mgr. Abdon Longinus da Cunha.

Daya tarik tempat ini tidak hanya pada patung ini saja nih sahabat explorer, pemandangan bukit yang hijau dan cuaca yang sejuk juga menjadi nilai lebih. Apalagi jika kalian berkunjung saat matahari terbenam, pemandangannya semakin luar biasa deh sahabat explorer!

3. Museum Bikon Blewut

liburan keluarga di maumere - Yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : adlienerz

Liburan keluarga di Maumere yang selanjutnya adalah mengunjungi Museum Bikon Blewut. Siapa sih yang gak suka ke museum? Dari anak-anak hingga orang dewasa pasti semuanya excited saat berkunjung ke museum. Selain dapat menambah ilmu dan wawasan, anak-anak juga dapat mengenal budaya dari museum yang mereka kunjungi tersebut. Salah satunya adalah Museum Bikon Blewut yang berada di Maumere ini nih sahabat explorer.

Tempat yang satu ini memang berbeda dengan tempat wisata yang lainnya di Maumere, karena museum ini menyimpan berbagai macam peninggalan yang berhubungan dengan Flores. Sebenarnya ini memang hal yang bagus loh sahabat explorer, artinya saat kalian berkunjung ke suatu kota, maka lebih baik jika kalian juga tahu sejarahnya.

Museum yang masuk dalam kawasan Sekolah Tinggi Filsafat Katolik di Ledalero ini menyimpan banyak sejarah masa lampau Flores. Museum ini menyimpan berbagai macam artefak dan fosil dari manusia purba. Museum ini didirikan pada tahun 1973 oleh seorang misionaris SVD, Pastor Theodor Verhoeven.

Selain seorang pastor, beliau juga berprofesi sebagai arkeolog. Fosil dan artefak yang ada di museum ini juga merupakan penggalian beliau di gua-gua yang ada di sekitaran Maumere. Banyak loh wisatawan yang berkunjung ke museum ini, oleh karena itu keluarga kalian jangan sampai melewatkannya ya!

4. Desa Doka

liburan keluarga di maumere - Yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : goforawalk

Liburan keluarga di Maumere yang selanjutnya adalah mengunjungi Desa Doka. Selain menikmati keindahan alamnya, kalian juga harus menikmati Maumere dari sisi lain. Sisi lain tersebut tentu saja budaya dan masyarakatnya. Jika kalian yang ingin merasakan suasana budaya yang kental dan juga keramahtamahannya, kalian bisa mengunjungi desa ini.

Salah satu hasil kerajinan tangan yang terkenal di Flores dan bahkan di dunia bisa kalian lihat dan beli di sini. Tentu saja kain tenun khasnya yang sangat luar biasa indah, kalian pasti bakal dibuat takjub deh.

Perjalanan sekitar 20 kilometer dari kota Maumere, perjalanan yang melelahkan ini tentu akan terbayar sesampainya kalian di sana. Pokoknya dijamin seru deh berkunjung ke Desa Doka ini sahabat explorer. Kalian akan mendapat berbagai macam pengalaman unik dan baru, jadi tunggu apa lagi? Langsung berkunjung aja ke tempat ini!

Eksplorasi Flores Bersama Keluarga

Sahabat explorer, itulah beberapa destinasi liburan keluarga di Maumere yang dapat YoExplore rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk sharing cerita traveling kalian di kolom komentar dan Guest Post YoExplore ya! Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar