Petualangan dan Alam

5 Tips Mencari Makanan Di Hutan!

makanan di hutan - YOEXPLORE.co.id
image source : indokku

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, buat kalian para pecinta petualangan alam dan backpacker, pasti tidak asing lagi dengar kata trekking hutan. Di Indonesia, masih banyak hutan-hutan yang bisa dijelajahi oleh para petualang ini. Seperti di Kalimantan misalnya, dan juga beberapa kawasan di daerah Sumatera. Mereka yang menyukai kegiatan ini, pastinya sangat mencintai kedekatan mereka dengan alam. Di mana di kawasan inilah mereka bisa melihat kehidupan bebas dari para satwa liar maupun flora. Selain itu, tidak jarang juga mereka menemukan pemukiman masyarakat lokal yang hidupnya bergantungan pada kelestarian dari hutan tersebut. Namun, bagi mereka yang menyukai kegiatan tersebut, mereka sudah harus siap secara mental dan fisik untuk menghadapi segala risiko yang terjadi di dalam hutan itu sendiri. Seperti perubahan cuaca, binatang liar, dan juga jalur-jalur yang curam. Selain itu, mereka juga harus mempersiapkan bekal untuk diri mereka, karena mencari makanan di hutan bukanlah hal yang mudah.

Dibutuhkan Kesabaran dan Kejelian Dalam Memilih Makanan Di Hutan

Memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun apabila kita dalam keadaan terpaksa, kita harus melakukannya. Mencari makanan di hutan memang harus secara hati-hati. Tidak hanya sekedar terlihat bersih atau wangi yang sedap, kita juga harus memperhatikan beberapa hal. Langsung aja yuk sahabat explorer, mari kita simak 5 tips mencari makan di hutan!

1. Pilih Tumbuhan Yang Dimakan Oleh Kera

makanan di hutan - YOEXPLORE.co.id

image source : pinterest

Makanan yang biasa dimakan Kera atau Monyet biasanya adalah buah-buahan seperti pisang, semangka, jambu atau kacang-kacangan. Beberapa dedaunan juga disukai oleh monyet, terutama yang memiliki kandungan air yang tinggi. Pertanyaannya, kenapa harus monyet? Karena, secara genetik, binatang primata inilah yang hampir mirip dengan manusia. Secara logika, banyak makanan mereka yang bisa dicerna dengan baik juga oleh pencernaan manusia. Jadi, apabila kalian kebingungan mencari makanan di hutan, semoga kalian beruntung jika menemukan beberapa kera liar. Ikuti mereka, sehingga kalian dapat menemukan beberapa jenis makanan yang bisa kalian makan dan simpan untuk beberapa hari ke depan.

2. Berburu Hewan Liar

makanan di hutan - YOEXPLORE.co.id

image source : berburu.id

Selanjutnya adalah kalian dapat berburu hewan liar yang ada di hutan. Berburu memang bukanlah sebuah tindakan yang benar, namun beda cerita apabila kalian sedang kelaparan di tengah hutan tanpa memiliki persediaan. Jika di hutan yang kalian telusuri memiliki banyak hewan liar seperti kambing, rusa, ataupun babi, maka berburulah demi menyelamatkan hidup kalian. Dengan menggunakan alat sederhana seperti pisau, atau membuat tombak dari potongan kayu dan batu. Carilah hewan-hewan yang bisa kalian buru dengan mudah dan dapat menyediakan daging yang cukup untuk beberapa hari. Ingat ya sahabat explorer, memburu binatang liar ini secukupnya saja. Jangan berlebihan karena masih banyak makanan di hutan yang dapat kita eksplorasi!

3. Carilah Batang-Batangan Yang Dapat Dimakan

makanan di hutan - YOEXPLORE.co.id

image source : khasiat

Makanan di hutan selanjutnya adalah batang-batangan. Memang tidak semua batang bisa dimakan, namun ada beberapa yang bisa dimakan loh sahabat explorer. Salah satunya adalah bambu muda atau tunas bambu yang biasa disebut sebagai Rebung. Selain dari bambu tersebut, batang-batangan lain yang bisa kita makan adalah tebu, batang pisang, dan juga rotan muda. Batang-batangan ini tentunya harus direbus dulu sahabat explorer, agar lebih aman dan nikmat untuk dikonsumsi. Jika kalian memiliki persediaan air atau dekat dengan sumber mata air, maka cobalah kalian rebus batang-batangan ini!

4. Carilah Umbi Dari Tanaman

makanan di hutan - YOEXPLORE.co.id

image source : mediatani

Jika kalian beruntung, maka kalian jangan sia-siakan kesempatan ini. Menemukan tanaman umbi di hutan bukanlah hal yang sering terjadi. Seperti menemukan umbi talas, kentang, dan bengkoang merupakan sebuah keberuntungan yang kalian dapat. Saat kalian mendapatkannya, segeralah cabut dan bersihkan umbi-umbian tersebut. Jika kalian mendapatkan kentang, maka ambilah sebanyak-banyaknya, karena itu merupakan sumber energi pengganti nasi yang biasa kita konsumsi setiap harinya. Rebuslah umbi-umbian tersebut agar kalian bisa menikmatinya dengan makanan lain yang tersedia di alam bebas tersebut. Selain umbinya, batang dan dedaunan dari beberapa tumbuhan ini juga dapat dikonsumsi kok sahabat explorer. Jadi seperti mendapatkan paket lengkap nih apabila kalian menemukan umbi-umbian ini!

5. Kalau Terpaksa Carilah Jamur

makanan di hutan - YOEXPLORE.co.id

image source : floradanfauna

Nah, makanan hutan yang satu ini, kita harus sangat jeli dan teliti dalam memilihnya ya sahabat explorer. Tidak semua jamur bisa dimakan! Bahkan ada beberapa jamur yang jika kita konsumsi berbahaya bagi kesehatan tubuh hingga menyebabkan kematian. Jika kalian sedang mencari makanan di hutan dan tidak menemukan pilihan lain selain jamur, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama pastikan bahwa jamur tersebut tidak memiliki warna yang mencolok. Lalu, apabila baunya menyengat dan mengeluarkan getah, maka segera hindari. Selain itu, apabila jamur tersebut memiliki bintik-bintik yang kontras atau tumbuh di atas kotoran hewan, maka sudah dipastikan jamur itu tidak dapat kalian konsumsi.

Jamur-jamur yang bisa dikonsumsi adalah jamur kancing, jamur kuping, jamur tiram, dan jamur merang. Jika kalian menemukan salah satu dari jamur tersebut, maka bisa dipastikan jamur itu bisa dikonsumsi. Tentunya, dengan dibersihkan dan direbus terlebih dahulu agar lebih bersih dan aman untuk tubuh.

Baca Juga : Keindahan Tiada Tara Raja Ampat!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips untuk mencari makanan di hutan. Semua ini bisa dilakukan apabila kalian mempelajari terlebih dahulu mengenai hutan yang akan kalian telusuri tersebut. Dengan memiliki informasi yang cukup, maka jika kalian dalam keadaan mendesak kalian dapat menggunakan tips yang di atas.

Perhatikan Hal Berikut Ini!

Sekedar informasi, semua bahan makanan yang kalian dapatkan tadi, alangkah baiknya apabila dicek terlebih dahulu. Caranya adalah coba sayat makanan yang kalian dapatkan tadi, lalu coba gesekkan ke tangan kalian. Apabila terjadi iritasi, maka sebaiknya jangan dikonsumsi, karena bisa berbahaya bagi pencernaan. Lalu, biasakan untuk mencicipi makanan tersebut dengan porsi yang sedikit. Jika terjadi mual atau pusing, maka makanan itu bisa dibilang beracun dan tidak bisa kita konsumsi. Apabila beberapa tes tersebut sudah lolos, maka bisa dipastikan makanan tersebut aman untuk dikonsumsi oleh kalian. Semoga tips ini memberikan manfaat untuk kalian ya, selamat bertualang explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar