Bali Petualangan dan Alam

Menikmati Segarnya Air Terjun Gitgit

objek wisata air terjun gitgit - yoexplore - panduan traveling di bali
image source : kintamani.id

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Menikmati segar dan dinginnya air terjun yang masih alami, memang merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi diri kita. Terutama, apabila kita sedang traveling ke wilayah yang iklim cuacanya cukup panas. Seperti di Bali, yang memang sudah terkenal dengan pantai-pantainya yang eksotis. Tidak heran, banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Dewata ini. Belum lagi, Bali merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang sudah mendunia. Seakan-akan memiliki paket liburan yang lengkap, Bali tidak hanya memberikan pesona keindahan pantai dan budayanya saja. Air terjun, juga merupakan pesona yang banyak digemari oleh para wisatawan. Salah satunya adalah objek wisata air terjun Gitgit, Buleleng, Bali. Apakah sahabat explorer sudah ada yang pernah ke sana?

Baca Juga : Konser Terbaik di Indonesia Versi YoExplore!

Objek Wisata Air Terjun Gitgit, Buleleng

Bagi kalian yang belum pernah, lokasi objek wisata air terjun Gitgit ini berada di Buleleng. Tempatnya gak susah dicari kok sahabat explorer, pintu masuknya juga di pinggir jalan utama. Jalur itu, merupakan jalur untuk bepergian dari arah Denpasar – Singaraja, atau sebaliknya. Akses jalanannya sudah bagus, jadi kalian gak perlu khawatir, dan tempat parkir baik untuk motor atau mobil juga tersedia dan terjaga keamanannya. Tukang parkir di tempat wisata tersebut akan menjaga kendaraan kalian selama kalian turun ke bawah menuju air terjun yang sangat luar biasa tersebut. Jangan heran ya sahabat explorer, bila kalian bakal ngeliat banyak bule di sini. Memang biasanya, bule tuh suka tempat-tempat yang alami kaya gini, sehingga mereka bela-belain banget tuh naik turun tangga yang luar lumayan bikin capek.

Perjalanan kalian akan dimulai setelah kalian mempersiapkan bawaan seperti air minum, tas untuk bawa baju, handuk, dan lainnya. Mungkin saja kan kalau kalian pas lihat air terjunnya langsung khilaf dan nyebur, he he. Karena posisinya berada di bawah, jadi kalian akan menuruni banyak anak tangga nih sahabat explorer, siap-siap capek sedikit ya. Oia, untuk harga tiket masuknya juga murah kok sahabat explorer! Cuma 10rb rupiah saja.  Menuju ke objek wisata air terjun Gitgit ini memakan kurang lebih 20-25 menit menuruni anak tangga. Waktu tersebut jika kalian jalan tanpa berhenti ya sahabat explorer, kalau sedikit-sedikit berhenti ya pasti bisa lebih lama. Sepanjang perjalanan, kalian akan dihiasi pemandangan seperti pohon-pohon kopi, bunga dan rumput liar, dan juga ada ayam liar loh sahabat explorer. Kemungkinan punya warga sekitar air terjun, jadi jangan diambil ya. 😀

objek wisata air terjun gitgit - yoexplore - panduan traveling di bali

image by : yoexplore

Menikmati Alam Sekitar Air Terjun Gitgit

Nah, itu tuh ayam-ayamnya sahabat explorer, kalau lihat ayam di Bali, pasti bawaannya mau langsung makan Ayam Betutu deh, hehe. Selanjutnya, kalian akan terus melanjutkan perjalanan kalian ke bawah. Jalanannya sudah bagus, anak tangganya juga sudah terbuat dari semen agar tidak licin dan aman bagi para pengunjung. Tersedia juga warung-warung yang menjual makanan ringan dan minuman bagi kalian yang mungkin terlalu lelah menuruni anak tangga. Selain itu, ada juga cindramata lainnya yang dibuat oleh warga lokal, seperti gelang, kalung, ukiran, dan lain-lainnya. Tidak ketinggalan juga, mereka menjual kopi khas Bali loh, tersedia dalam bentuk bubuk yang sudah dikemas dengan rapi.

Setelah melewati 15 menit, sudah terlihat tuh sahabat explorer pemandangan objek wisata selain air terjun gitgit yang sangat bagus dan menarik untuk dikunjungi. Pemandangannya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

objek wisata air terjun gitgit - yoexplore - panduan traveling di bali

image by : yoexplore

Wah, bagus banget ya sahabat explorer, ada beberapa objek lainnya seperti spot selfie dan air terjun aliran lanjutan dari air terjun utama Gitgit. Bagi kalian yang memang hobi fotografi, ini pasti bakal jadi pemandangan landscape yang luar biasa banget nih sahabat explorer. Spot selfie yang dibuat oleh pengelola juga memiliki konsep dan pemilihan latar belakang yang bagus. Jadi kayaknya cocok nih buat ganti profile picture kalian yang lama. Salah satu spot selfie terbaiknya adalah yang satu ini.

objek wisata air terjun gitgit - yoexplore - panduan traveling di bali

image by : yoexplore

Spot Selfie dan Air Terjun Gitgit

Dengan latar belakang air terjun dan tebing yang dihiasi dengan pepohonan yang hijau dan alami, tentu akan menambah estetika dari foto kalian. Selain itu, kalian juga bisa bermain ‘ayunan’ yang sedang banyak diminati oleh orang yang berkunjung ke sini. Ayunan tersebut diikat dengan kencang di dua pohon kelapa, dan siap mengayunkan kalian selama beberapa menit. Dijamin seru banget deh sahabat explorer, bagi yang takut pasti bakalan teriak-teriak nih, hehe.

Selanjutnya, barulah kalian bisa langsung mengunjungi objek wisata air terjun Gitgit tersebut. Airnya sangat bersih, suasana di sekitar air terjun juga sangat sejuk, jadi bagi kalian yang gak kuat dingin, jangan lupa bawa jaket ya. Tapi, bagi kalian yang sudah menunggu lama, silahkan nyebur dan nikmati sejuknya air terjun Gitgit tersebut.

objek wisata air terjun gitgit - yoexplore - panduan traveling di bali

image by : yoexplore

Tebingnya memang tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya cukup deras. Dengan demikian, air terjun ini juga cocok bagi kalian yang hanya ingin bersantai di sekitar air terjun sambil menikmati suara air mengalir. Wah, pasti enak bangey ya sahabat explorer, namun jangan sampai mengotori kolam atau pinggir dari air terjun tersebut ya. Mari kita jaga kebersihannya agar tetap asri dan alami.

Nikmati Petualangan Kalian di Wisata Buleleng Lainnya

Sahabat explorer, itulah cerita sekilas mengenai objek wisata air terjun Gitgit yang dapat YoExplore sampaikan. Semoga, artikel ini bermanfaat ya, jadi kalian dapat gambaran nih bagaimana kira-kira tempat wisata yang satu ini. Atau mungkin sahabat explorer ada yang sudah pernah ke sini? Boleh di share ya ceritanya di kolom komentar kami. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar