Jawa Tengah Petualangan dan Alam

Berpetualang ke Karimunjawa, Jepara

objek wisata Karimunjawa - Panduan Traveling, YOEXPLORE
image source : yoexplore

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Mengelilingi Indonesia, mungkin menjadi salah satu cita-cita dari para traveler Indonesia. Dimulai dari kota-kota besar, kota kecil, kepulauan, dan gugusan pulau kecil, pasti menjadi daya tarik bagi para traveler tersebut. Sebagai negara kepulauan, Indonesia jelas menjadi juara untuk urusan ‘paket lengkap’ tersebut. Ribuan pulau kecil, baik yang sudah terjamah atau belum, memiliki panoramanya tersendiri. Tentunya, hal ini menjadi daya tarik bagi para turis baik lokal maupun mancanegara. Salah satu eksotisme dari pariwisata Indonesia yang menjadi bahan perbincangan adalah Karimunjawa. Objek wisata Karimunjawa ini mulai banyak menarik perhatian para turis beberapa tahun belakangan ini. Sahabat explorer, apa ada yang sudah pergi ke Karimunjawa

Objek Wisata Karimunjawa

Bagi kalian yang tertarik untuk berlibur ke Karimunjawa, kalian wajib banget nih untuk menyimak tulisan yang satu ini. Karena, kali ini kita akn membahas objek wisata Karimunjawa yang menjadi pesona bagi para turis. Karimunjawa itu sendiri merupakan sebuah pulau terbesar di gugusan Kepulauan Karimunjawa. Kalian akan melakukan penyebrangan dari Pelabuhan Kartini, Jepara. Kepulauan ini juga termasuk sebagai kategori Taman Nasional, dengan nama Taman Nasional Karimunjawa. Pulau ini juga menjadi area konservasi untuk hutan bakau, pantai, dan terumbu karang. Wah, tentu panorama pantai yang indah akan dapat kalian nikmati nih sahabat explorer. Sudah siap untuk mengetahui destinasi-destinasinya? Yuk langsung kita simak ulasannya!

1. Bukit Joko Tuo

objek wisata Karimunjawa - Panduan Traveling, YOEXPLORE

image source : uniquewisata

Objek wisata Karimunjawa yang pertama adalah dengan mengunjungi Bukit Joko Tuo. Di atas bukit ini, kalian dapat menikmati tiga pemandangan yang sangat istimewa. Pertama, adanya sebuah kerangka mamalia raksasa. Orang-orang banyak menyebutnya bahwa itu adalah kerangka ikan Paus. Nama dari Joko Tuo itu sendiri juga diambil dari filosofi ikan Paus tersebut. Joko yang artinya adalah Perjaka, sedangkan Tuo adalah Tua, sehingga namanya adalah Perjaka Tua. Ikan paus sendiri memiliki umur yang sangat panjang, dan orang jaman dahulu menemukan ikan Paus dan mempercayai bahwa jenis kelaminnya adalah laki-laki.

Setelah itu, kalian dapat melihat pemandangan Tasbih raksasa yang terbuat dari bebatuan Andesit. Terbuat dari bebatuan yang berbentuk bulat dan disetiap batu tersebut diberi lubang agar tali dapat masuk dan membentuk sebuah lingkaran seperti Tasbih pada umunya. Namun, bedanya ini dalam ukuran yang sangat besar sahabat explorer, gak bisa kalian pegang di tangan. 😀

Lalu, yang ketiga adalah kalian dapat menikmati pemandangan matahari terbenam. Wah, ini namanya kalian menikmati sunset di atas bukit ya sahabat explorer. Pasti pemandangannya bagus banget! Karena, yang namanya sunset memang akan lebih indah jika dilihat dari ketinggian, mungkin ini mengingatkan kita pada saat sunset di Tanah Lot ya.

2. Pantai Legon Lele

objek wisata Karimunjawa - Panduan Traveling, YOEXPLORE

Image source : wikimedaicommons

Objek wisata Karimunjawa yang selanjutnya adalah Pantai Legon Lele. Menurut sejarah, pantai ini adalah tempat pertama kalinya Sunan Nyamplungan atau Syekh Amir Hasan datang pertama kalinya di Karimunjawa.

Jika air sedang surut, maka kalian akan dapat melihat pemandangan pasir putih yang sangat luas, dan tentunya ini indah banget loh sahabat explorer. Kalau kalian berkunjung pada pagi hari ke pantai ini, kalian tentu akan dapat melihat pemandangan sunrise atau matahari terbit. Tentunya ini gak kalah keren dengan sunrise di Gunung Bromo nih sahabat explorer.

Walaupun jalanan ke pantai ini sedikit ekstrim, namun kalian tidak akan menyesal setelah sampai di pantai ini. Rasa capek tersebut akan terbayar dengan puas!

3. Mangrove Karimunjawa

objek wisata Karimunjawa - Panduan Traveling, YOEXPLORE

image source : paketwisatakarimunjawa

Objek wisata Karimunjawa yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi Taman Mangrove Karimunjawa. Secara lokasinya, Hutan Mangrove ini terbagi menjadi dua sisi. Satu sisi masuk ke dalam wilayah Karimunjawa, dan satu sisi lagi masuk ke dalam wilayah Pulau Kemujan.

Di dalamnya, sudah terdapat fasilitas seperti jalanan untuk trekking yang terbuat dari kayu, papan informasi mengenai flora dan fauna untuk pengunjung, pos penjagaan, dan fasilitas yang lainnya untuk memudahkan para turis.

Ada tempat menarik di sana, yaitu Gardu Pandang. Tempatnya berada di ketinggian, sehingga jika kalian ada yang naik ke atas, kalian akan dapat melihat pemandangan hutan Mangrove yang luas, lautan indah, dan juga bukit-bukit yang hijau. Dijamin, tempat yang satu ini pasti Instagram-able banget!

Baca Juga : Liburan Santai Bareng Keluarga? Ke Kuala Lumpur Aja!

4. Pantai Bunga Jabe

objek wisata Karimunjawa - Panduan Traveling, YOEXPLORE

image source : spadepicnic

Objek wisata Karimunjawa selanjutnya adalah mengunjungi Pantai Bunga Jabe. Pantai ini akan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah terutama bila air laut sedang surut. Kalian dapat melihat pasir putih yang membentang luas, dan sedikit menjorok ke dalam laut. Wah, ini pasti keren banget ya sahabat explorer. Selain itu, pantai ini memiliki perpaduan antara keindahan alam dengan seni dan budaya.

Kesenian yang dimaksud adalah kepada masyarakat sekitar yang membuat aneka fasilitas seperti ayunan, rumah kurcaci, rumah makan, rumah panggung, dan lain-lainnya. Kalian akan merasakan budaya Bugis yang begitu melekat pada masyarakat di sekitar pantai sini. Itu semua terlihat dari arsitektur bangunan yang mereka buat, terutama rumah panggungnya. Bahkan, sampai menu makanan juga masih bernuansa Bugis. Tertarik untuk ke pantai yang satu ini, sahabat explorer?

Sampai Bertemu di Karimunjawa

Sahabat explorer, itulah beberapa objek wisata Karimunjawa yang dapat kalian kunjungi. Karena ini banyak ‘berpetualang’ nya, kami sarankan kalian pergi ke sini bersama teman yang sesama hobi. Banyak tempat yang bisa kalian eksplorasi di sana. Dikarenakan ada beberapa medan yang sedikit ekstrim seperti akses pantai tadi, sepertinya ini kurang cocok untuk lansia atau anak kecil. So, bagi kalian yang ingin berlibur ke Karimunjawa, langsung pesan perjalanan kalian di YoExplore aja! Have a nice day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar