Petualangan dan Alam

Buat Para Pecinta Gunung Perhatikan Pantangan Berikut Ini Ya!

pantangan naik gunung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : hipwee

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, mendaki gunung memang terkadang menjadi sebuah tantangan bagi para traveler. Rasa penasaran akan selalu membayangi mereka bagi yang belum pernah mendaki sebelumnya. Namun, mendaki gunung itu memang harus dilakukan , terutama bagi kalian yang belum berkeluarga. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga untuk mereka yang sudah berkeluarga. Mendaki gunung itu seru dan asyik kok, jika kalian merupakan keluarga petualang, maka tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat unik loh. Bayangkan saja, kalian bisa berkemah bersama di atas gunung, lalu menikmati pemandangan sunrise yang pastinya akan sangat luar biasa. Selain kesenangan-kesenangan tersebut, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan juga nih sahabat explorer. Ada pantangan naik gunung yang harus kalian ingat dan tentunya kalian tidak boleh melanggarnya.

Pantangan Naik Gunung

Indonesia memang sangat erat dengan yang namanya mistis dan mitos, oleh karena itu kita lebih baik berjaga-jaga nih sahabat explorer. Memang, kita tidak boleh 100% mempercayainya, tapi ini sudah menjadi kebiasaan yang sudah turun temurun. Banyak juga para pendaki yang mempercayai hal tersebut dan menganggapnya sebagai hal yang sakral. Banyak kasus orang hilang di gunung, dan banyak juga yang bilang itu dikarenakan mereka melanggar hal-hal pantangan naik gunung tersebut. Waw, terdengar cukup menyeramkan ya sahabat explorer. Kira-kira ada apa saja sih pantangannya tersebut? Percaya gak percaya, beberapa hal ini juga bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari kok, bedanya kalau di gunung lebih wajib lagi nih sahabat explorer. Yaudah, langsung kita simak yuk ulasannya!

Baca Juga : Mau Liburan ke Banyuwangi? Nih, Ada Beberapa Hotel Yang Di Bawah 2 Juta Per Malam!

1. Berpikiran Jahat Atau Negatif

pantangan naik gunung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : merdeka

Pantangan naik gunung yang pertama adalah berpikiran negatif atau jahat. Percaya gak percaya nih sahabat explorer, yang namanya makhluk gaib itu memang benar adanya. Tuhan tidak hanya menciptakan manusia saja loh, ada juga makhluk halus lainnya yang Ia ciptakan. Makhluk-makhluk halus tersebut dapat dengan mudah membaca pikiran manusia. Gunung itu sendiri merupakan salah satu tempat alam yang memang jarang tersentuh oleh ulah manusia (dalam hal pembangunan). Apalagi Indonesia ini sangat kental dengan yang namanya mitos dan mistis.

Para penunggu tersebut yang bisa membaca pikiran manusia, tentu bisa mengetahui niat kalian. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka lebih baik hindari pikiran jahat atau negatif tersebut. Dan juga, hal ini baik untuk kehidupan sehari-hari kok sahabat explorer, tentunya lebih baik jika kita positive thinking saja. Bisa menghilangkan stress, dan juga pendakian gunung kalian akan terasa lebih menyenangkan.

Tapi harus dicatat, yang dimaksud berpikiran jahat atau negatif ini adalah terhadap alam atau sesama manusia. Dengan demikian, akan lebih baik jika kalian memikirkan hal yang lain saja sahabat explorer. Kira-kira mikirin kerjaan sambil naik gunung bikin tambah stres atau malah menyenangkan? 😀

2. Berbicara Kasar atau Kotor

pantangan naik gunung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : hipwee

Pantangan naik gunung yang selanjutnya adalah berbicara kasar atau kotor. Sama halnya dengan berpikiran negatif atau jahat yang tadi, berbicara kasar atau kotor juga bisa menyebabkan yang ada di sekitar kita tidak nyaman dan marah. Berlaku juga untuk ke pendaki lainnya yang kalian temui di jalur pendakian. Tentunya sangat tidak etis nih sahabat explorer apabila kalian berbicara dengan kasar.

Masyarakat sekitar percaya bahwa banyak orang yang ‘dihilangkan’ atau disesatkan itu karena mereka sering mengumpat atau berbicara kotor. Percaya gak percaya nih ya sekali lagi, bagi kalian yang tidak percaya juga tidak apa-apa. Namun, memang hal ini juga dalam kehidupan sehari-hari akan lebih baik jika tidak kita lakukan. Akan menyebabkan orang di sekitar kita itu tidak nyaman, jadi hindari hal yang satu ini juga ya sahabat explorer!

3. Membuang Sampah Sembarangan

pantangan naik gunung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : tribun

Mengaku sebagai Pecinta Alam, tapi kok buang sampah sembarangan? Di gunung pula, yang harusnya sangat dijaga kebersihannya. Hal ini memang sangat ironis dan sudah melekat pada orang Indonesia. Kebiasaan buang sampah sembarangan ini tidak hanya ditemukan di jalan-jalan saja sahabat explorer, sampai di gunung juga masih aja ada yang buang sampah sembarangan.

Ini merupakan pantangan naik gunung yang paling wajib kalian perhatikan nih. Tidak perlu percaya dengan mitos atau mistis, namun menjaga kebersihan alam itu sangatlah penting.

Selalu biasakan membawa plastik sampah di dalam tas kalian, dengan demikian kalian tetap bisa menjaga kebersihan alam. Saat ada tempat khusus untuk pembuangan, barulah kalian bisa buang sampah tersebut. Gunung itu sangat luas dan besar, tidak mungkin juga kan ada pengelola sampah yang bisa berhasil membersihkan sampah tersebut secara 100%.

Kalau tidak bisa membantu, setidaknya kita tidak menyusahkan mereka ya sahabat explorer. Budayakan buang sampah pada tempatnya, terutama jika kalian pergi berkeluarga. Maka bawa plastik sampah itu hukumnya wajib!

4. Memetik Edelweiss

pantangan naik gunung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : gnfi

Pantangan naik gunung yang selanjutnya adalah memetik Bunga Edelweiss atau yang biasa disebut dengan Bunga Abadi ini. Kecantikan dari bunga ini memang menggoda siapapun yang melihatnya, namun bunga ini dilarang dipetik. Bukan lagi dengan hal mitos dan mistis nih sahabat explorer, hal ini juga dilarang oleh pemerintah loh. Kenapa seperti itu? Karena Edelweiss merupakan bunga yang sangat langka dan hanya tumbuh di ketinggian tertentu saja. Salah satunya adalah di ketinggian gunung, namun tidak semua gunung ada Bunga Edelweiss ini nih sahabat explorer.

Termasuk dalam kategori yang langka, maka siapapun yang memetik ini akan mendapatkan hukuman. Alasan bagi tangan usil untuk memetiknya itu ada-ada saja, mulai dari untuk kenangan, buat pacar lah, sampai buat objek foto demi Instagram. Kelakuan kayak gini nih, yang bikin gunung di Indonesia jadi tidak alami. Ingat hal yang satu ini ya sahabat explorer, Edelweiss itu adalah ikon dari gunung, dan habitatnya memang di sana. Kami yakin, sahabat explorer semua adalah orang yang taat aturan, jadi jangan dipetik ya!

Menjadi Pendaki Gunung Yang Baik

Sahabat explorer, itulah beberapa pantangan naik gunung yang harus kalian perhatikan sebelum mendaki. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk bagi cerita kamu di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar