Petualangan dan Alam

Takut Tersesat Di Alam Bebas? Persiapkan Perlengkapan Survival Ini

perlengkapan survival - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: shopforedtabs

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, berpetualang di alam bebas itu memang sangat menyenangkan. Bagi kalian yang memang suka memacu adrenalin sambil mengeksplorasi tempat-tempat baru, sepertinya cocok dengan tema travel yang satu ini. Namun, keselamatan dan pencegahan hal yang tidak diinginkan itu wajib hukumnya dalam petualangan seperti ini. Namanya juga alam bebas, kalian tidak bisa memprediksi apa yang akan ada di depan kalian nantinya. Dengan demikian, ada beberapa perlengkapan survival yang wajib kalian bawa saat sedang berpetualang di alam bebas. Memang akan membuat barang bawaan kalian menjadi banyak, tapi tidak ada salahnya juga sahabat explorer. Benda-benda ini tentunya akan sangat berguna loh!

Perlengkapan Survival

Perlengkapan survival ini memiliki berbagai macam fungsi, kalian hanya perlu membawa yang memang sekiranya sesuai dan diperlukan dengan medan yang ingin kalian telurusi. Jika memang mau naik gunung, ya silahkan bawa beberapa dari perlengkapan yang akan kami sebutkan ini. Biasanya kalau naik gunung ini risiko terbesarnya adalah Hipotermia, sedangkan jelajah hutan ya risiko terbesarnya adalah tersesat. Untuk menghindari hal-hal tersebut, maka alangkah baiknya kita memiliki persiapan yang lebih matang sahabat explorer. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer

Baca Juga: Tokoh Wayang Dengan Kekuatan Layaknya Superhero!

1. Pemantik Api

perlengkapan survival - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tokopedia

Perlengkapan survival yang pertama adalah pemantik api. Tentu saja ini sangat berguna bagi kalian yang memang ingin membuat api unggun pada malam hari. Selain bisa memgurangi rasa dingin, api yang kita buat juga bisa untuk memasak. Dengan demikian jika kalian tersesat atau terasa kedinginan, kalian langsung saja buat api unggun. 

Saat tersesat di tengah hutan ini api juga sangat membantu sahabat explorer. Setidaknya hewan buas tidak berani mendekati api yang memiliki kobaran lumayan besar tersebut. Selain itu, api ini juga berfungsi untuk memberi sinyal kepada tim SAR apabila kalian memang tersesat. Benda ini juga tidak memakan banyak tempat dalam carrier kalian, jadi tidak ada salahnya membawa benda yang satu ini sahabat explorer. Beli yang kualitasnya bagus ya agar tidak terjadi masalah saat kalian membawanya dan saat dibutuhkan tidak rusak. 

2. Selimut Darurat

perlengkapan survival - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: jakartanotebook

Perlengkapan survival yang selanjutnya adalah selimut darurat yang terbuat dari alumunium foil. Ukurannya kecil, beratnya ringan namun manfaatnya besar sekali sahabat explorer. Selimut dari alumunium foil ini mampu menahan suhu panas di dalam tubuh dan dapat menjauhkan kalian dari risiko hipotermia. Jadi, barang bawaan ini sangat layak dan wajib masuk ke dalam perlengkapan kalian saat bepergian ke alam bebas, baik gunung, atau hutan sekalipun. Karena sekali lagi kami ingatkan, kita tidak bisa memprediksi cuaca dan juga keadaan yang akan terjadi di sekitar kita. 

3. Pisau Lipat Multiguna

perlengkapan survival - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: ndesoedisi

Perlengkapan survival yang selanjutnya adalah pisau lipat multiguna atau multifungsi. Kecil-kecil cabe rawit, mungkin itu julukan untuk benda yang satu ini. Bisa kita gunakan dalam kondisi terjebak, kondisi kritis, atau bahkan untuk situasi lainnya yang membutuhkan benda ini. Kalian harus punya dan standby dalam jangkauan yang mudah ya sahabat explorer. Anggap saja jika kalian membutuhkan untuk memotong ranting, membantu memotong semak-semak yang mungkin mengganggu perjalanan kalian atau bahkan saat dalam ancaman hewan buas. Jangan sepelekan fungsi barang yang satu ini ya sahabat explorer! Ada berbagai jenis pisau lipat yang bisa kalian cari, pokoknya cari yang paling lengkap ya!

4. Persediaan Makanan dan Keahlian Memperoleh Makanan

perlengkapan survival - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: detik

Perlengkapan survival yang berikutnya adalah membawa persediaan makanan. Contohnya seperti makanan para TNI seperti yang ada di foto sahabat explorer. Ringkas, enak, cukup banyak kalori untuk energi kalian dan tentunya mudah untuk dibawa. Biasakan untuk membawa 2x lipat dari estimasi hari kalian. Misalnya, jika kalian ingin berkelana seharian, maka bawalah pasokan untuk 2 hari untuk menjaga-jaga jika kalian tersesat atau terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, alangkah lebih baik jika kalian sering-sering membaca dan mencari informasi tentang bagaimana memperoleh makanan di alam rimba. Jika memang persediaan makanan kalian habis, maka kalian bisa memperoleh makanan dari hutan tersebut sahabat explorer. Khusus yang satu ini memang membutuhkan teknik khusus, maka dari itu kalian harus banyak-banyak mencari informasi dan latihan bersama profesional ya sahabat explorer

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan survival yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar