Petualangan dan Alam

Pengen Coba Touring Motor? Siapkan Dulu Perlengkapan Ini Ya!

perlengkapan touring motor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : marchelloka

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, touring motor memang mengasyikkan bagi sebagian orang di Indonesia. Biasanya, komunitas yang melakukan ini adalah komunitas motor-motor besar atau biasa disebut dengan Moge. Berjalan menyusuri kota-kota yang ada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Papua, atau Sulawesi dan juga Bali. Biasanya dilakukan oleh beberapa puluh pengendara dengan kendaraan dan juga jaket yang seragam. Dulu memang banyak yang berpandangan negatif dengan yang namanya geng motor, namun sekarang sudah berubah kok sahabat explorer. Justru, zaman sekarang mereka lebih suka disebut sebagai komunitas, dan melakukan hal-hal yang positif. Misalnya pada saat bulan puasa lalu banyak dari komunitas motor ini yang bagi-bagi takjil gratis dan memberikan makan sahur gratis. Motor yang ramah lingkungan (tidak berisik dan mengganggu) dan juga tidak kebut-kebutan. Menariknya, parai rider ini sangat well prepared sahabat explorer, perlengkapan touring motor mereka selalu lengkap. Wajar saja, karena biasanya perjalanannya jauh-jauh loh.

Perlengkapan Touring Motor

Dalam kesempatan kali ini, YoExplore akan membeberkan kira-kira perlengkapan touring motor apa sih yang perlu kalian bawa sebagai pemula? Sebenarnya ada banyak banget, namun kita akan bahas 4 saja dulu hari ini ya sahabat explorer. Keempat perlengkapan ini bisa dibilang paling vital dalam touring motor. Tentunya ini lebih mengarah kepada keselamatan dan keamanan kalian selama berkendara. Hukumnya wajib untuk mengecek terlebih dahulu kendaraan kalian sebelum melakukan touring. Namun, tetap saja perlengkapan yang akan kami sebutkan ini juga perlu dibawa, karena kita tidak tahu bagaimana kondisi track yang akan kita tempuh. Baiklah sahabat explorer, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya!

Baca Juga: Libur Lebaran Bingung Mau Kemana? Bogor Aja Yuk!

1. Jaket Anti Air

perlengkapan touring motor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: cnnindonesia

Perlengkapan touring motor yang pertama adalah Jaket Anti Air. Tentunya ini menjadi sangat penting bagi kalian para pengendara motor. Tidak hanya untuk touring saja, untuk berangkat kerja atau kuliah pun jaket ini sangat penting. Kondisi iklim dan cuaca di Indonesia yang labil membuat kita semua para pengendara motor membutuhkan jaket anti air ini. Terkadang mendadak hujan deras tanpa ada tanda-tanda, membuat  kita menjadi repot. Oleh karena itu, lebih baik jas ini stand by saja untuk dipakai.

Umumnya, jaket yang anti air itu juga anti angin sahabat explorer, jadi kalian tidak perlu takut masuk angin. Biasakan untuk membawa cadangan apabila kalian touring untuk waktu yang lumayan lama. Pokoknya penting banget deh barang yang satu ini, jangan sampai gak dipakai ya sahabat explorer. Sebelum berangkat, ada baiknya jika kalian membelinya terlebih dahulu apabila memang tidak punya jaket khusus ini. Apalagi jika berkendara di malam hari, anginnya tentu akan lebih kejam dibanding siang hari, maka dari itu fungsi dari jaket ini sangat vital.

2. Travel Medical Kit

perlengkapan touring motor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: gapyeartravelstore

Perlengkapan touring yang selanjutnya adalah Travel Medical Kit. Ini merupakan yang paling penting, terutama bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Bisa ditaruh di dalam ta atau jok motor, jadi jangan sampai kelupaan ya sahabat explorer. Kondisi dari cuaca, pengaruh dari angin terutama bagi kalian yang belum terbiasa, membuat kalian butuh nih perlengkapan yang satu ini.

Bentuknya bermacam-macam, tidak harus seperti yang ada di gambar sahabat explorer. Bisa disesuaikan dengan bawaan kalian yang lainnya. Yang penting adalah selalu dibawa jangan sampai tertinggal.

Untuk isinya, kalian juga wajib membawa obat-obatan untuk luka yang biasa dialami untuk kecelakaan motor. Walaupun berkendara secara berhati-hati, perlengkapan ini juga penting untuk dibawa buat jaga-jaga saja sahabat explorer. Tetap berkendara dengan aman ya!

3. Tool Kit

perlengkapan touring motor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: bikerhut

Perlengkapan touring motor yang selanjutnya adalah Tool Kit. Ada yang berbentuk dalam sebuah tas kecil seperti yang ada pada di gambar sahabat explorer. Agar kalian tidak terlalu banyak membawa barang. Bisa juga ditaruh di dalam jok motor atau tempat penyimpanan lainnya. Fungsinya sudah jelas, untuk memperbaiki motor apabila ada kerusakan di tengah jalan. Tentunya kerusakannya untuk kerusakan minor ya sahabat explorer, seperti misalnya ada baut-baut yang kendor atau masalah kecil lainnya. Jika memang kerusakan cukup berat, maka mau tidak mau harus ke bengkel yang besar sahabat explorer.

Tidak ada salahnya juga kok membawa Tool Kit yang lengkap, apalagi jika kalian ini memang mengerti soal mesin motor. Tentunya akan menjadi keuntungan jika kalian memiliki skill sebagai mekanik dalam sebuah komunitas pengendara motor. Selain bisa memperbaiki motor sendiri, kalian juga bisa membantu teman kalian yang mengalami kerusakan pada motornya.

Namun, perlu diingat, setiap motor memiliki ukuran baut atau jenis obeng yang berbeda. Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kalian membawa perlengkapan ini masing-masing yang sudah sesuai dengan standar dari motor kalian.

4. GPS/Peta Fisik

perlengkapan touring motor - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; tokopedia

Perlengkapan touring motor yang selanjutnya adalah GPS/peta fisik. Tentunya ini penting untuk menunjuk arah sahabat explorer. Karena di Indonesia masalah sinyal GPS masih menjadi masalah, alangkah baiknya kalian tetap membawa yang namanya peta fisik.

Tentunya dengan GPS semuanya akan lebih mudah sahabat explorer, tapi masalah seperti baterai, sinyal, dan juga system error yang kapanpun bisa terjadi. Dengan demikian, lebih baik kalian tetap punya dan belajar cara membaca peta fisik. Terutama jalur-jalur yang akan kalian lalui selama berkendara. Dan, jika GPS kalian error karena masalah sinyal atau lainnya, lebih baik kalian berhenti berkendara pada saat malam hari. Tentunya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sahabat explorer.

Touring Dengan Aman dan Nyaman

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan touring motor yang bisa YoExplore rekomendasikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar