Petualangan dan Alam

Mau Coba Yang Namanya Rafting? Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini Ya!

perlengkapan traveling untuk rafting - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : penjelajah

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Rafting, memang sebuah olahraga yang bisa dibilang sebagai fun attraction juga sahabat explorer. Karena, keseruan mendayung sebuah perahu karet di atas derasnya hantaman air sungai dan juga bebatuan, menjadi keseruan sendiri bagi mereka yang menaikinya. Kira-kira apa sahabat explorer juga suka olahraga yang satu ini? Di Indonesia, khususnya Jawa Barat banyak loh tempat-tempat untuk body rafting ini. Derasnya air sungai tersebut cukup menantang, dan medannya juga tidak selalu mudah. Olahraga yang satu ini memang akan menguras banyak stamina sahabat explorer, maka dari itu akan lebih seru jika dilakukan bersama keluarga atau teman-teman. Bagi kalian yang ingin belajar, maka kalian harus mengingat perlengkapan traveling untuk rafting ini yang wajib kalian gunakan ya.

Perlengkapan Traveling Untuk Rafting

Olahraga ini memang harus dilakukan dengan grup lebih dari 3 orang sahabat explorer. Semua peserta diwajibkan untuk mendayung agar bisa melawan derasnya ombak tersebut dan menstabilkan perahu. Kerjasama tim sangat dibutuhkan pada olahraga ini sahabat explorer, maka tidak heran keseruan akan sering terjadi. Apalagi jika kalian rafting berisikan orang-orang yang tidak berpengalaman semua (kecuali satu orang pemandu dari pengelola tentunya), wah pasti bakalan kocak banget deh! Namun, demi keamanan dan juga kenyamanan, maka kalian harus memiliki perlengkapan traveling untuk rafting ini sahabat explorer. Tentunya ini selain helm, dayung dan juga pelampung ya, karena itu merupakan perlengkapan wajib. Yang kami akan bahas berikut ini adalah perlengkapan lainnya yang memang tidak begitu diperhatikan, namun memiliki fungsi yang memudahkan kalian saat rafting. Kira-kira ada apa saja? Yaudah yuk langsung kita simak ulasannya ya!

Baca Juga : Zaman Sekarang Hanya Dengan Hp Sudah Bisa Bisnis Loh!

1. Pakai Bahan Pakaian Yang Tidak Menyerap Air

perlengkapan traveling untuk rafting - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : lazada

Perlengkapan traveling untuk rafting yang pertama adalah menggunakan pakaian yang berbahan tidak menyerap air. Jika kalian menggunakan pakaian biasa yang menyerap air, maka tentu akan terasa lebih berat dan dapat menguras stamina kalian. Usahakan menggunakan celana dan baju yang tidak menyerap air ini ya sahabat explorer. Pakaian yang basah akan menguras stamina, saat stamina dengan mudah sudah mulai terkuras, maka rasanya rafting itu sudah tidak menyenangkan lagi ya sahabat explorer. Jadi, jangan sepelekan bahan pakaian yang akan kalian gunakan untuk rafting.

Selalu ingat untuk menggunakan bahan yang terbuat dari polypropylene, wol, polyester, dan bulu mikro. Hindari menggunakan bahan yang 100% katun sahabat explorer. Jangan sampai lupa ya!

2. Pakai Sepatu Olahraga / Sandal Sungai

perlengkapan traveling untuk rafting - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: watersportbali

Perlengkapan traveling untuk rafting yang selanjutnya adalah memakai sepatu olahraga atau sandal khusus untuk aktivitas sungai. Memang sama seperti sandal untuk mendaki gunung sahabat explorer, karena sandal yang satu ini memang sudah di desain untuk medan-medan yang licin dan berbatu.

Tentu saja sandal ini melindungi kalian dari bebatuan kecil yang ada di dalam sungai. Jika kalian memang harus masuk ke dalam sungai, maka sandal yang satu ini akan terasa fungsinya saat kalian berada di dalam air. Selain itu, sandal jenis seperti ini juga enteng untuk digunakan sahabat explorer. Jadi, kalian tidak terasa gampang capek dan berat di kaki. Jadi, kalau belum punya, lebih baik beli terlebih dahulu ya sebelum memulai aktivitas rafting!

3. Kacamata Hitam Dengan Tali Pengikat

perlengkapan traveling untuk rafting - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jakartanotebook

Perlengkapan traveling untuk rafting yang selanjutnya adalah kacamata hitam dengan tali pengikat. Sekilas memang terlihat seperti kacamata renang ya sahabat explorer, tapi berwarna hitam. Tentu saja untuk melindungi mata kalian dari radiasi matahari dan juga dari cipratan air yang mungkin mengganggu mata kalian. Dengan menggunakan kaitan tali tersebut akan membuat kacamata tersebut stabil dan tidak mudah jatuh. Dengan demikian, kalian tetap bisa rafting dengan nyaman dan tanpa takut mata kalian sakit atau merah karena iritasi dari air atau benda-benda kecil lainnya. Jangan disepelekan ya sahabat explorer!

4. Kream Matahari

perlengkapan traveling untuk rafting - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : apstld

Perlengkapan traveling untuk rafting yang selanjutnya adalah kream matahari. Tentu saja untuk melindungi kulit kalian dari teriknya sinar matahari yang dapat membakar kulit kalian. Tidak mau kan liburan tapi kulit malah menjadi hitam dan tidak sehat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan kream matahari ini sebelum memulai aktivitas rafting. Dengan demikian, kalian bisa bersenang-senang tanpa takut kulit terbakar sahabat explorer. Jangan dilupakan ya!

Beli Paket Rafting di YoExplore!

Sahabat explorer, itulah beberapa perlengkapan traveling untuk rafting yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman traveling kalain di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Oia! Kalian juga bisa membeli paket rafting Pangandaran di YoExplore loh! Langsung klik tautannya ya!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar