Malaysia Petualangan dan Alam

Menjaga Habitat Gajah Asia Di Kuala Gandah

tempat konservasi gajah - YOEXPLORE.co.id
image source : catatankembaradunia

YOEXPLORE.co.id – Gajah, merupakan spesies yang terancam punah. Banyak para pemburu yang membunuh gajah tersebut demi mengambil gading dari hewan ini agar bisa dijual dengan harga yang tinggi di pasaran. Populasi dari hewan raksasa ini menurun secara drastis, sehingga gajah menjadi hewan yang harus dilindungi oleh setiap pemerintahan di setiap negara yang memiliki populasi hewan raksasa ini. Kalau di Indonesia sudah terkenal dengan Way Kambas di kota Lampung sebagai tempat konservasi gajah, namun di  Malaysia ternyata juga ada loh sahabat explorer. Nama tempat tersebut adalah Kuala Gandah Elephant Sanctuary & Aborigine Settlement. Tempat ini berlokasi di Kuala Gandah, Lanchang, Pahang, Malaysia. Perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam apa bila kita berangkat dari Kuala Lumpur.

Tempat Konservasi Gajah Malaysia Yang Hampir Punah

tempat konservasi gajah - YOEXPLORE.co.id

image source : catatankembaradunia

Sebelum kita masuk ke dalam tempat konservasi Kuala Gandah Elephant Sanctuary, ada baiknya apabila kita berhenti sejenak dan melihat pemukiman penduduk asli dan budaya dari warga tersebut. Kita dapat melihat kegiatan sehari-hari penduduk lokal, seperti berburu makanan, membuat api. Lalu, kita juga bisa melihat tempat tinggal mereka yang terbuat dari potongan kayu dan dengan atap dedaunan kering. Sebuah pengalaman yang menarik, karena hal ini juga sudah termasuk langka loh sahabat explorer. Kerennya lagi nih, mereka tidak mengeluh dengan apa yang diberikan alam, mereka justru dapat memanfaatkan hal tersebut sebaik mungkin, dan dengan cara itu pun mereka tetap bisa bertahan hidup. Luar biasa ya sahabat explorer. Kalau kita mah ga bisa hidup tanpa gadget dan internet ya kayanya :D.

Setelah itu, kita bisa melanjutkan perjalanan kita langsung ke tempat konservasi gajah Kuala Gandah Elephant Sanctuary. Kawasan tersebut dikelola oleh Taman Nasional dan Departemen Margasatwa Malaysia. Seperti yang sudah disebutkan tadi, populasi Gajah Asia ini terancam punah karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Hanya semata-mata demi uang, mereka rela membunuh binatang tidak berdosa ini. Para pengelola di sini ditugaskan oleh pemerintah untuk mencari gajah di habitat liarnya dan mentranslokasi-kan gajah tersebut ke kawasan konservasi ini. Tujuannya adalah untuk menjaga dan mengembangbiakkan populasi gajah tersebut. Serta, mereka diwajibkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya konservasi dan ancaman kepunahan gajah itu sendiri. Ini merupakan hal yang penting, karena bisa memupuk kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian hal tersebut. Jadi, pas lagi dijelasin kalian pada fokus dengerin ya sahabat explorer. 😀

Pengelola Kuala Gandah Sudah Terampil dan Profesional

tempat konservasi gajah - YOEXPLORE.co.id

image source : malaysiagazette

Sesampainya kita di sana, pemandangan langsung berubah drastis. Yang tadinya kita melihat penduduk asli Malaysia dengan pesona keasliannya, mendadak sekarang melihat salah satu binatang raksasa terbesar yang pernah ada dan hidup di muka bumi ini. Kita dapat memberi makan, dan bisa menungganginya untuk berkeliling hutan dengan bantuan petugas. Ada baiknya apabila kita meluangkan sedikit waktu untuk mengamati para staff  Kuala Gandah Elephant Sanctuary yang sudah profesional ini dalam merawat gajah sehari-harinya tanpa menyebabkan stres kepada gajah tersebut. Dibutuhkan keberanian dan skill khusus nih sahabat explorer, karena kalo i nanti kasian gajahnya jadi susah untuk ditenangin :D.

tempat konservasi gajah - YOEXPLORE.co.id

image source : sinarharian

Selain bisa menunggangi gajah tersebut, kita juga berkesempatan untuk ikut memandikan gajah di sungai bersama dengan petugas loh sahabat explorer. Tentunya, ini akan menjadi pengalaman yang unik, karena pastinya jarang banget nih kita bisa melakukan kegiatan ini. Jadi, jangan melewatkan kesempatan ini ya sahabat explorer.

tempat konservasi gajah - YOEXPLORE.co.id

image source : utusanonline

Nah, ini adalah salah satu hal yang unik lagi nih sahabat explorer. Jika kita beruntung, kita dapat bertemu dengan bayi-bayi gajah yang imut ini loh. Selain itu, kita juga tetap dapat memberinya makan, berkeliling, dan tentu memandikan gajah yang lucu dan mungil tersebut.

Baca juga : Liburan Di Cameron Highland Malaysia

Lindungi Gajah Dari Manusia Tak Bertanggung Jawab

Setelah kita selesai berkunjung di tempat konservasi gajah Kuala Gandah Elephant Sanctuary ini, harapannya selain terhibur dan menyegarkan pikiran adalah kita menjadi lebih memahami bahwa pentingnya merawat spesies yang terancam punah tersebut demi kelangsungan alam kita. Ini juga merupakan kekayaan dunia yang diberikan oleh alam. Dengan demikian, apabila kita melihat beberapa ekor gajah di alam liar, lebih baik kita langsung menghubungi departemen margasatwa pemerintah setempat agar gajah tersebut bisa langsung ditangani dan diselamatkan dari perburuan manusia yang tidak bertanggung jawab. Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar