Petualangan dan Alam

5 Tempat Snorkeling Terbaik di Dunia

tempat snorkeling terbaik di dunia - yoexplore.co.id -yoexplore
image source : iyakan

YOEXPLORE.co.id – Sahabat explorer, bagi para traveler yang merupakan pecinta lautan atau bahari, sudah tentu mereka sangat terbiasa yang namanya snorkeling nih. Beragam biota pemandangan bawah laut yang menakjubkan, sukses membuat para penyelam tersebut ketagihan. Kekayaan dunia akan keindahan tersebut, juga dijadikan petualangan tersendiri bagi mereka yang memiliki hobi berenang di lautan bebas ini. Mereka rela merogoh kocek yang dalam agar bisa pergi ke tempat-tempat snorkeling terbaik di dunia. Apakah salah satu dari kalian ini memiliki hobi snorkeling? Hobi tidak hobi, namun kegiatan ini memang menyenangkan ya sahabat explorer. Berbagai macam biota laut yang mungkin tidak pernah kita lihat sebelumnya, bisa menjadi pemandangan baru yang bisa diabadikan. Zaman sekarang kamera juga sudah canggih, sehingga kalian tetap bisa foto di dalam air tanpa takut kamera kalian rusak.

Tempat Snorkeling Terbaik di Dunia

Artikel kali ini, YoExplore akan membahas beberapa tempat snorkeling terbaik di dunia. Berbagai macam lokasi, iklim, lautan, tentu memiliki beberapa perbedaan pada biota laut yang hidup di dalamnya. Berbeda dengan diving, snorkeling hanya membutuhkan kacamata renang saja dan menyelam hingga kedalaman maksimal 3-5 meter, sedangkan diving, kalian diberikan alat bantu untuk bernafas dengan menggunakan tabung oksigen dan bisa menyelam lebih dalam lagi. Tentunya, pemandangan bawah laut yang semakin dalam akan menyimpan banyak rahasia yang lebih menakjubkan lagi nih sahabat explorer. Namun, sebelum menjadi seorang diver, lebih baik kalian snorkeling dulu dan melihat keajaiban laut yang spektakuler. Mau tau dimana saja tempat-tempatnya? Langsung aja kita simak ulasannya ya!

Baca Juga : Surga Kecil di Tengah Samudera Hindia

1. Raja Ampat, Indonesia

tempat snorkeling terbaik di dunia - yoexplore.co.id -yoexplore

image source : cntraveller

Tempat snorkeling terbaik di dunia yang pertama berasal dari negeri kita sendiri nih sahabat explorer, yaitu di Raja Ampat, Papua. Sudah bukan rahasia lagi jika pemandangan bawah laut di pulau yang satu ini merupakan yang terbaik di dunia. Mendapatkan julukan The Last Paradise On Earth atau Surga Terakhir di Bumi karena keindahannya itu. Menurut Indonesia.travel, tempat wisata yang berada di wilayah Papua Barat ini memiliki 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang dan 700 jenis Moluska. Wah, luar biasa banget ya sahabat explorer!

Sedangkan menurut laporan dari The Nature Conservancy and Conservation International, kurang lebih sekitar 75% spesies di dunia, hidup di perairan ini! Wah, tentu ini merupakan sebuah fakta yang sangat membanggakan ya sahabat explorer, tidak heran jika banyak turis yang berbondong-bondong ke sini saat musim libur telah tiba. Apakah kalian sudah pernah kesini sebelumnya? Kalau mau, klik link ini ya!

2. Great Barrier Reef, Australia

tempat snorkeling terbaik di dunia - yoexplore.co.id -yoexplore

image source : bussinesdestination

Tempat snorkeling terbaik di dunia yang kedua adalah Great Barrier Reef di Australia. Lokasi tepatnya berada di laut koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebenarnya, kalian bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang disediakan selain snorkeling. Beberapa diantaranya adalah Scuba Diving, tur pesawat terbang atau helikopter, perahu layar, wisata kapal pesiar, serta melihat ikan paus dan berenang dengan lumba-lumba.

Situs resmi greatreef.org , menyebutkan bahwa ada lebih dari 3000 terumbu karang yang hidup di bawah lautan ini, serta memiliki ratusan pulau tropis yang indah. Selain itu, mereka memiliki pantai yang indah dan sangat cocok untuk berjemur. Karena keindahannya tersebut, Great Barrier Reef menjadi salah satu destinasi wisata yang paling dicari oleh para turis di seluruh dunia. Wah, bagi sahabat explorer yang punya budget lebih, kayaknya tempat yang satu ini gak boleh dilewatin deh!

3. Belize Barrier Reef, Australia

tempat snorkeling terbaik di dunia - yoexplore.co.id -yoexplore

image source : banyanbay

Tempat snorkeling terbaik di dunia yang selanjutnya masih berada di wilayah negara Australia nih sahabat explorer. Namanya adalah Belize Barrier Reef, yang berlokasi di Pantai Belize, Australia. Belize Barrier Reef, merupakan laut dengan hamparan karang terluas setelah Great Barrier Reef. Dilansir dari situs travelbelize.org , di dalam laut ini ditemukan lebih dari 500 jenis spesies ikan, 70 spesies karang keras, dan 36 karang lunak.

UNESCO menjadikan tempat ini sebagai situs warisan dunia karena keindahan alam serta perkembangan alami yang signifikan yang dimilikinya pada tahun 1996. Jadi, saat kalian sedang berada di Australia, jangan tanggung-tanggung untuk mengunjungi kedua tempat snorkeling ini sahabat explorer. Mumpung masih dalam satu wilayah, yaa ga ada salahnya kan! Biar sekalian puasnya!

4. Garden of Eden, Seychelles

tempat snorkeling terbaik di dunia - yoexplore.co.id -yoexplore

image source : seyvillas

Tempat snorkeling terbaik di dunia yang selanjutnya adalah Garden Of Eden, Seychelles. Mungkin masih banyak dari kalian yang belum pernah dengar nama negara yang satu ini ya sahabat explorer. Republik Seychelles, merupakan sebuah negara yang terdiri dari 115 pulau yang terletak di Samudera Hindia, sebelah timur laut Madagaskar. Nah, dari lokasinya saja sudah kebayang dong gimana pemandangan indah bawah laut dan juga pulau-pulau yang mengelilinginya.

Selain ratusan biota laut dan karang yang tumbuh bebas di bawah lautnya, Garden of Eden ini memiliki air yang sangat jernih seperti kristal. Selain itu, memiliki pantai pasir putih yang sangat lembut. Ada keunikan lainnya nih sahabat explorer, konon mereka memiliki sebuah tumbuhan yang diberi nama Coco De Mer yang tidak boleh dicicipi. Hmm, semakin penasaran? Tertarik untuk berkunjung ke sini?

5. Galapagos Island, Ecuador

tempat snorkeling terbaik di dunia - yoexplore.co.id -yoexplore

image source : rainforestcruises

Yang terakhir dari YoExplore, Kepulauan Galapagos di Ekuador. Disini, tentu kalian akan merasakan perbedaan dari tempat yang lainnya nih sahabat explorer. Kenapa? Karena disini kalian tidak hanya berenang dengan ikan-ikan dan melihat terumbu karang saja loh sahabat explorer. Namun ada satu hal yang harus kalian ingat, di kepulauan ini tidak banyak tempat atau titik snorkeling yang tersedia. Dengan demikian, kalian harus menggunakan jasa pemandu lokal untuk mendapatkan spot terbaik yang ada.

Disini, kalian akan berenang dengan Penguin Galapagos, Singa Laut, Iguana Laut, Kura-Kura Laut, dan juga ikan yang beragam warna warni. Tentu sangat menarik nih sahabat explorer jika bisa berenang dengan hewan yang sejatinya bisa hidup di darat dan dalam air. Mungkin yang paling menakjubkan adalah Iguana lautnya itu ya. Kebanyakan dari kita pasti lebih sering melihat Iguana di daratan. Namun disini, kalian bahkan bisa berenang bersama mereka!

Sudah Siap Berenang di ‘Taman Laut’ ?

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat snorkeling terbaik di dunia yang bisa kami rekomendasikan kepada kalian. Bagi kalian yang memang memiliki hobi seperti ini, maka jangan kelamaan untuk mengunjungi tempat-tempat ‘berenang’ terbaik tersebut. Jadikan ini sebuah cerita dan pengalaman yang bisa kalian sampaikan kepada teman-teman, keluarga, kerabat, atau siapapun yang belum mengetahuinya. Karena hidup cuma sekali saja, gak ada salahnya untuk menikmati keindahan yang alami dan luar biasa ini. Bagi kalian yang mungkin tau tempat snorkeling terbaik lainnya, jangan sungkan untuk beri komentar di kolom komen kami ya! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar