Petualangan dan Alam

Berani Mengunjungi 4 Wisata Angker di Indonesia Ini?

tempat wisata angker di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : kepoan

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, Indonesia memang memiliki kebudayaan, adat istiadat, dan juga kepercayaan masyarakat lokal diluar dari agama-agama yang mereka anut. Banyak sekali kepercayaan dan agama lainnya yang memang bukan termasuk dari 5 agama yang diakui oleh negara. Itu semua terjadi dikarenakan keunikan Indonesia yang berbeda di tiap wilayahnya. Kepercayaan nenek moyang dan bahkan agama nenek moyang masih dianut oleh mereka yang mempercayainya. Selain dari kepercayaan tersebut, Indonesia juga sangat melekat dengan yang namanya mitos dan mistis. Tidak heran jika hal ini juga sering dikaitkan dengan kepercayaan nenek moyang itu sendiri. Banyak juga dari masyarakat Indonesia yang pada akhirnya mempercayai mitos dan mistis yang turun temurun diceritakan itu. Bahkan, ada juga beberapa tempat wisata angker di Indonesia yang justru ramai dikunjungi oleh wisatawan. Entah karena penasaran, atau justru karena mereka tidak percaya bahwa tempat ini angker.

Tempat Wisata Angker di Indonesia

Tentunya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang memang memiliki keberanian tinggi. Rasa penasaran akan cerita mitos-mitos dan mistis tersebut, membuat mereka akhirnya memberanikan diri untuk berkunjung. Apakah sahabat explorer termasuk salah satunya? Kalau iya, kira-kira kalian sudah tahu tempat yang akan YoExplore bahas kali ini belum? Jika belum, tentu ini bisa menjadi tantangan baru bagi kalian. Dan bagi kalian yang belum pernah tapi ingin mencobanya, boleh banget nih mengunjungi tempat-tempat yang akan kami rekomendasikan sebagai tempat wisata angker di Indonesia! Penasaran ada di mana saja? Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasannya!

Baca Juga : Libur Panjang? Wisata Bahari di Halmahera Yuk!

1. Taman Nasional Alas Purwo

tempat wisata angker di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : liburanaja

Tempat wisata angker di Indonesia yang pertama adalah Taman Nasional Alas Purwo yang berada di Banyuwangi. Kota yang satu ini, memang sedang heboh banget dengan destinasi wisatanya yang sangat indah. Sebut saja blue fire Ijen, Hutan Djawatan Benculuk, Pantai Pulau Merah, dan lain-lainnya.

Namun, kalian tahu gak kalau di Banyuwangi juga ada tempat wisata yang sudah terkenal angker! Namanya adalah Taman Nasional Alas Purwo, apa kalian familiar dengan nama ini? Tentu saja, karena sudah banyak orang yang bilang dan mengakui keangkeran dari tempat ini. Sekilas, memang terlihat biasa-biasa saja, mirip dengan Savana Bekol atau Taman Nasional Baluran yang juga ada di Banyuwangi.

Konon, banyak yang mempercayai kalau tempat ini merupakan tempat perkumpulan para jin. Bahkan, ada paranormal yang menuturkan bahwa ada kerajaan jin di sana! Wah, kayaknya serem banget nih sahabat explorer. Berani mengunjungi tempat ini?

Tidak jarang juga kalau penduduk sekitar sini sering melihat penampakan seperti Genderuwo atau Kuntilanak. Apalagi di sana terdapat banyak pohon-pohon besar yang rapat, jadi tidak heran jika ada yang tersesat, atau lebih mengerikan lagi kalau diculik jin! Hiiii!!!!!

2. Lawang Sewu

tempat wisata angker di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; merahputih

Tempat wisata angker di Indonesia yang selanjutnya adalah Lawang Sewu, Semarang. Tentu saja tempat yang satu ini sudah tidak asing lagi di mata kita dengan keangkerannya. Bahkan, beberapa tahun yang lalu, tempat ini pernah beberapa kali dijadikan sebagai lokasi syuting uji nyali dengan keangkerannya.

Sahabat explorer yang membaca, apakah kalian salah satu peserta yang mencoba uji nyali di tempat ini? Kira-kira bagaimana nih pengalamannya? Hehe.

Di tempat ini diyakini dengan penampakan Noni Belande dan juga Kuntilanak. Tentu saja, karena bangunan ini dahulunya dibuat oleh Belanda, dan pernah terjadi sebuah peperangan di depan gedung tersebut dan menelan banyak korban jiwa.

Dulunya, bagian bawah tanah dari gedung ini masih dibuka untuk umum, walaupun kabarnya sekarang sudah ditutup dan ada juga yang bilang hanya buka hingga pukul 9 malam.

Ruangannya sangat gelap, banyak sekali dulu orang yang wisata mistis di tempat ini, mulai pukul 10 malam hingga jam 3 pagi.

Sekarang, pengelola sudah memberikan penerangan di tempat tersebut dan sudah tidak dibuka lagi hingga tengah malam. Wah, kalau masih buka sih pasti seru banget deh! Banyak yang sudah kasih ‘testimoni’ kalau hantu-hantu di tempat ini nyata dan sangat menyeramkan loh sahabat explorer! Berani mencoba?

3. Gunung Kawi

tempat wisata angker di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : idntimes

Tempat wisata angker di Indonesia yang selanjutnya berada di Gunung Kawi, Jawa Timur nih sahabat explorer. Tempat yang satu ini sudah terkenal dengan Pesugihannya. Bagi kalian yang tidak tahu, pesugihan adalah sebuah cara yang harus memberikan tumbal kepada yang gaib, dan bisa membuat mereka menjadi kaya raya. Konon, dalam waktu setahun, kualitas dan kuantitas ekonomi para orang yang melakukan pesugihan tersebut akan meningkat. Hmm, 2019 kira-kira masih ada nih yang kaya gini? Jangan percaya ya sahabat explorer!

Terlepas dari hal tersebut, gunung ini juga memang terkenal angker. Mungkin karena efek dari pesugihan tersebut ya sahabat explorer. Ada juga kegiatan yang dilakukan pada Jumat Legi di gunung yang biasa dijadikan tempat ziarah ini. Salah satunya ialah sebagai pemakaman Eyang Jugo (Kyai Zakaria II). Sedangkan pada tanggal 12 bulan Suro, merupakan perayaan wafatnya Eyang Sujo (Raden Mas Iman Sudjono).

Bagi kalian yang suka mendaki gunung, apa tertarik untuk melalui jalur ini? Mau sekalian mampir buat pesugihan? :p, jangan ya sahabat explorer!

4. Bedugul Taman Rekreasi Hotel

tempat wisata angker di indonesia - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; banjarmasinpost

Tempat wisata angker di Indonesia yang selanjutnya adalah Bedugul Taman Rekreasi Hotel. Bali memang terkenal dengan panorama pantai dan juga gunung-gunungnya nih sahabat explorer. Salah satu wilayahnya yang banyak dikunjungi turis ialah Bedugul. Wisatanya ada Danau Beratan, Pura Ulun Danu, dan lain-lain. Pemandangannya luar biasa banget deh, dan juga cuacanya sangat sejuk! Jadi bagi kalian yang bosan panas-panasan di Denpasar, kalian bisa milipir ke wilayah ini.

Namun, bukan hanya keindahannya saja loh yang seru untuk dikunjungi. Ada juga sebuah hotel yang tidak berfungsi bernama Bedugul Taman Rekreasi Hotel yang sudah terkenal keangkerannya. Hotel ini bahkan mendapat julukan “The Ghost Palace” karena keangkerannya. Jika kalian berkunjung ke sini, kalian akan mendengar suara ramai-ramai, padahal tidak ada siapa-siapa di sana. Hmm, berani menginap di sini? Dibayaariin deeeeehhhhh :p

Percaya Dengan Mitos dan Mistis?

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata angker di Indonesia yang dapat YoExplore berikan. Semoga bermanfaat bagi kalian, dan mungkin bisa menjadi pilihan wisata yang menarik yang bisa dilakukan di 2019. Jangan lupa untuk ceritakan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya. Selamat berlibur, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar