Petualangan dan Alam Yogyakarta

Sudah Tau Belum Tempat Wisata Baru di Jogja Ini?

tempat wisata baru di jogja - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore
image source : liputan6

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Yogyakarta, memang tidak pernah habis cerita dari kreativitas masyarakatnya. Mulai dari kesenian seperti musik, tarian, hingga urusan kulinerpun, Jogja selalu memiliki inovasi terbaru. Biasanya, apa yang sudah terkenal di Jogja, akan bergeser ke Bandung, lalu barulah akan booming  di Jakarta. Namun tidak untuk urusan wisatanya, Jogja selalu memiliki potensi wisata yang unik-unik. Beberapa waktu yang lalu, booming juga salah satu tempat wisata baru di Jogja yakni, Gereja Ayam. Tempat tersebut terkenal karena film AADC 2 yang menyita banyak perhatian penonton. Setelahnya, banyak sekali orang-orang yang akhirnya wisata ke tempat tersebut. Namun sekarang, ada lagi nih wisata yang baru di Jogja! Sahabat explorer penasaran?

Tempat Wisata Baru di Jogja

Kali ini, kita akan ‘berwisata’ dengan tulisan ke Dlingo, Mangunan, Bantul. Tempat ini masih berada di wilayah D.I.Y atau daerah istimewa Yogyakarta, tepatnya kabupaten Bantul. Ternyata, tempat ini menyimpan banyak sekali panorama dan pesona alam yang sangat indah. Cocok sekali dengan kalian yang ingin mencoba petualangan baru dalam perjalanan traveling kalian. Banyak spot bagus seperti situs budaya, situs sejarah, air terjun dan tentunya spot-spot untuk foto yang sangat kekinian. Artikel kali ini, akan memberikan kalian semua rekomendasi, spot-spot mana saja yang kira-kira wajib untuk dikunjungi saat berada di Desa Mangunan ini. Langsung saja yuk sahabat explorer, kita simak ulasannya!

Baca Juga : Surga Air Di Banggai Kepulauan Sulawesi Tengah

1. Kebun Buah Mangunan

tempat wisata baru di jogja - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : jejakpiknik

Tempat wisata baru di Jogja yang pertama adalah mengunjungi Kebun Buah Mangunan. Destinasi yang satu ini merupakan sebuah tempat yang memberikan pemandangan Perbukitan Imogiri. Selain itu, tentu ada tempat untuk budidaya buah-buahan lokal seperti Jambu, Mangga, Rambutan, Kelengkeng, dan lain-lainnya. Tentunya, pemandangan akan sangat luar biasa jika kalian berkunjung pada pagi hari. Kalian bisa menikmati pemandangan sunrise atau matahari terbit yang sangat memukau mata.

Selain itu, balutan dari tebalnya kabut yang terlihat seperti awan, tentu menjadi pemandangan menarik untuk dilihat. Tidak heran, banyak orang yang berselfie di tempat ini sahabat explorer. Pemandangannya bagus banget!

2. Seribu Batu Songgo Langit

tempat wisata baru di jogja - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : trivindo

Selanjutnya adalah mengunjungi Seribu Batu Songgo Langit. Tempat ini tidak jauh dengan area Hutan Pinus yang ada di sekitar tempat tersebut. Diberi nama Seribu Batu Songgo Langit dikarenakan banyak batuan besar yang seolah menjadi penyangga untuk langit. Di dalamnya, terdapat beberapa spot foto bertema yang bisa kalian kunjungi. Seperti misalnya Rumah Hobbit, Rumah Kurcaci, dan juga ada Flying Fox.

Bagi sahabat explorer yang menyukai bentuk-bentuk rumah kurcaci ini, terdapat banyak sekali rumah yang keren untuk difoto. Oleh karena itu, saat mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk siapkan kamera kalian ya!

Coba Intip Ini Deh! : Kalo Penasaran di Buka Aja

3. Air Terjun Randusari

tempat wisata baru di jogja - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : aengaeng.com

Tempat wisata baru di Jogja yang selanjutnya adalah mengunjungi Air Terjun Randusari. Bagi kalian yang ingin menikmati percikan air segar sambil bersantai dengan hammock di pinggir sungai, sangat cocok untuk mengunjungi tempat ini. Warna air yang sangat jernih dan sedikit kebiruan, serta aliran deras dari puncak tebing menuju dasar sangat menakjubkan mata kalian.

Air terjun ini memiliki ketinggian 12-15 meter dan kedalaman 1-3 meter, jadi cocok banget nih buat kalian yang suka berenang. Tapi kalian harus ingat ya, jangan pernah mengotori dengan membuang sampah dalam bentuk apapun di sekitar air terjun ini. Jaga kebersihan agar tempat yang masih asri ini tetap terlihat indah, dan tentunya juga tidak menyusahkan warga sekitar.

4. Hutan Pinus Pengger

tempat wisata baru di jogja - Panduan Traveling, YOEXPLORE - yoexplore

image source : dakatour

Tempat wisata baru di Jogja yang selanjutnya adalah mengunjungi Hutan Pinus Pengger. Kalau bisa dibilang, tempat ini sangat Instagram-able. Jadi bagi kalian yang memang pengguna aktif di Instagram dan memiliki feed yang bagus, maka tempat ini sangat cocok untuk kalian. Lokasinya berada di Desa Sendangsari, Kecamatan Dlingo, Bantul.

Menariknya tempat ini adalah, kalian bisa foto pemandangan malam Jogja yang sangat indah. Gemerlap lampu perkotaan yang terlihat sangat jelas dari atas sini, tentunya menjadi pemandangan yang sangat langka untuk ditemui di Jogja. Bagi kalian yang menyukai fotografi dengan tema Landscape atau Low Light, maka tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi pada malam hari. Dijamin kalian gak akan menyesal deh!

Sampai Bertemu di Manganan!

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata baru di Jogja yang bisa kami rekomendasikan. Lokasinya memang berada di wilayah Mangunan semua, sehingga jarak antar tempat wisata tidak terlalu jauh. Bagi kalian yang sedang berada di wilayah Yogyakarta, gak usah mikir lama lagi, langsung arahkan kendaraan kalian ke arah Bantul ini. Nikmati pesona alam yang lagi-lagi ditawarkan oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga artikel ini bermanfaat, dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar