Petualangan dan Alam

Wisata ke Belitung? Kalian Wajib Mengunjungi Pulau-Pulau Ini!

tempat wisata di belitung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : treya

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, liburan bersama keluarga di Indonesia, memang bisa dilakukan kapanpun. Menjelang akhir pekan atau harpitnas (hari kejepit nasional), kalian sudah bisa mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia. Destinasi tersebut juga sudah tentu berbenah dan siap untuk dikunjungi ribuan wisatawan tiap tahunnya. Salah satunya adalah Bangka Belitung. Wilayah ini memang sedang naik daun nih dari 2018 hingga sekarang di 2019. Banyak sekali potensi wisata yang ada di tempat ini. Sempat terkenal sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi, Belitung mulai memperlihatkan keindahan lainnya yang tersedia. Tempat wisata di Belitung memang kebanyakan adalah gugusan pulau. Jadi, kalian bisa melakukan yang namanya island hopping di Belitung ini. Oleh karena itu, ini pasti menjadi petualangan yang seru bersama keluarga.

Tempat Wisata di Belitung

Banyak orang yang menyamakan Bangka dengan Belitung. Walaupun namanya digabung, tapi tempatnya berbeda loh sahabat explorer. Kedua pulau ini memiliki bandaranya masing-masing, kalau Bangka nama bandaranya adalah Bandar Udara Depati Amir atau lebih dikenal dengan Bandara Pangkal Pinang. Sedangkan Belitung memiliki bandara dengan nama Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin. Diingat nih sahabat explorer, karena kalau kalian sampai salah, maka bakalan ribet deh urusannya. Perjalanan dari Bangka ke Belitung itu juga tidak sebentar loh, butuh waktu beberapa jam lagi dengan menggunakan transportasi laut. Dalam artikel kali ini, YoExplore akan membahas beberapa tempat wisata di Belitung yang wajib kalian kunjungi bersama. Nikmati pengalaman island hopping yang tentunya tidak akan pernah kalian lupakan! Yaudah yuk, langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga : Nha Trang, Wisata Pantai Terbaik di Vietnam Untuk Keluarga

1. Pulau Memperak

tempat wisata di belitung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ayotraveling.co.id

Tempat wisata di Belitung yang pertama ialah Pulau Memperak. Pulau yang satu ini bisa dibilang sebagai surga tersembunyi di Belitung. Masih belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, dan juga pemandangannya masih sangat asri dan alami. Siapapun yang berkunjung ke pulau ini, maka kalian akan disuguhkan dengan pemandangan birunya laut dan hijaunya bukit dan pohon-pohon tinggi. Layaknya di film-film, kalian pasti akan takjub dengan keindahan dari pulau yang satu ini.

Pulau yang satu ini memang sudah terkenal bagi kalangan masyarakat di Pulau Belitung. Saat berkunjung ke pantainya, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan biru laut yang sedikit kehijauan, sehingga tampak sangat jernih dan juga bersih. Sampai-sampai tidak tega rasanya untuk mengotori laut tersebut!

Tentunya ini sangat refreshing banget bagi kalian yang memang penat dengan suasana di Ibu Kota atau kota besar lainnya. Pemandangan bawah lautnya juga tidak kalah spektakuler, bagi kalian yang hobi snorkeling, cocok banget nih. Pulau Memperak ini merupakan salah satu pulau yang terkenal dengan aktivitas snorkeling-nya, karena keindahan taman laut dan biotanya. Pulang dari tempat ini dijamin pikiran menjadi segar dan siap menghadapi kesibukan setiap harinya!

2. Pulau Lengkuas

tempat wisata di belitung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : youtube

Tempat wisata di Belitung yang selanjutnya adalah mengunjungi Pulau Lengkuas. Seperti yang sudah kami sampaikan tadi sahabat explorer, di Belitung kalian akan sering berpindah-pindah pulau. Keindahan dan keunikannya memang berbeda di tiap pulaunya, oleh karena itu, siapkan fisik kalian dan keluarga ya!
Pulau Lengkuas memiliki satu ikon yang memang paling menonjol di gugusan Pulau Belitung. Ikon itu adalah menara mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar ini merupakan salah satu peninggalan Belanda yang dibuat pada tahun 1882. Salah satu pesona yang memikat pada Pulau Lengkuas ini adalah keberadaan mercusuar ini dan juga kejernihan air lautnya yang tiada tara.

Pulau Lengkuas ini memang tidak besar sahabat explorer, hanya memiliki luas sekitar 1 hektar. Oleh karena itu, mengunjungi pulau ini saat bukan musim libur adalah waktu yang paling tepat. Adanya bebatuan granit memang menjadi ciri khas pantai yang ada di Bangka Belitung.

Sensasi menarik selain menikmati keindahan pantai dan snorkeling adalah menaiki mercusuar yang memiliki tinggi 50 meter ini. Dari atas sana, kalian dapat melihat keindahan laut lepas di Bangka Belitung. Pokoknya pemandangannya top markotop banget deh sahabat explorer!

3. Pantai Tanjung Kelayang

tempat wisata di belitung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : pakettourbelitung

Tempat wisata di Belitung yang selanjutnya adalah mengunjungi Pantai Tanjung Kelayang. Namanya mungkin sudah familiar ya bagi kalian yang sering traveling ke Belitung. Lokasinya berada sekitar 27 kilometer dari pusat kota Tanjungpandan.

Pada kalangan turis domestik, Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit. Hampir semua dari mereka, pasti menjadikan tempat ini sebagai tempat wajib saat berkunjung ke Belitung.

Pada Event Sil, ratusan perahu yacht yang berasal dari berbagai negara tersebut, akan singgah di Pantai Tanjung Kelayang ini. Wah, pasti pemandangannya sangat menakjubkan sekali ya sahabat explorer. Dijamin kalian bakalan puas deh berkunjung ke tempat ini!

Salah satu pemandangan menarik yang ada di tempat ini ialah susunan formasi batu granitnya yang menyerupai kepala seekor burung. Tentunya wajib banget untuk di foto nih sahabat explorer.

Pantai ini juga dikenal sebagai salah satu tempat digelarnya berbagai macam event besar, baik skala Nasional atau Internasional. Salah satunya yang terkenal adalah Sail Wakatibi – Belitong.

Yakin gak mengunjungi pantai ini saat ke Belitung? Salah besar!

4. Danau Kaolin

tempat wisata di belitung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source ; travelingyuk

Tempat wisata di Belitung yang selanjutnya adalah mengunjungi Danau Kaolin. Sebenarnya, danau ini adalah salah satu kekayaan tambang dari Belitung. Namun, karena memiliki warna air yang sangat biru dengan kaolin, maka tempat ini diburu oleh banyak fotografer. Pada akhirnya, tempat ini dijadikan tempat wisata deh, walaupun tidak seumum tempat-tempat lainnya.

Tempat yang satu ini tidak seramai tempat yang lainnya loh sahabat explorer, oleh karena itu bagi kalian yang ingin menikmati pemandangan indah dan juga kesunyian, cocok untuk mengunjungi danau ini.

Eksplorasi Belitung

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Belitung yang bisa YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore ya! Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar