Petualangan dan Alam

Tempat Wisata Menarik Yang Bisa Kalian Kunjungi Di Garut!

tempat wisata di garut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: anekatempatwisata

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, sudah lama nih gak ngebahas tempat wisata di Indonesia! Destinasi wisata di Indonesia itu memang tidak ada habisnya untuk dibahas, selalu muncul tempat-tempat baru yang memiliki pemandangan alam spektakuler. Salah satunya adalah tempat wisata di Garut, Jawa Barat yang memiliki pemandangan luar biasa indah sahabat explorer. Kota yang satu ini memang terkenal dengan kopi dari gunung Cikuray dan Papandayan, namun keindahannya tidak hanya ada di kopinya saja loh. Pemandangan alam dan juga tempat wisata buatan lainnya tidak kalah menarik untuk dikunjungi sahabat explorer. Jangan lupakan juga oleh-oleh khasnya yaitu Dodol Garut ya sahabat explorer!

Tempat Wisata Di Garut

Garut juga dikenal dengan alamnya yang asri, sehingga cuaca di sana dingin sahabat explorer. Wah, kayaknya bisa menjadi alternatif liburan lain selain di Bogor ya, dari segi jarak memang sedikit lebih jauh tapi pemandangannya dijamin gak bikin nyesel deh! Kira-kira tempatnya ada apa saja ya sahabat explorer? Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja ulasannya yuk! Cekidot!

Baca Juga: Pengen Honeymoon di Bali? Kami Punya Paket Menarik Loh!

1. Leuwi Jurig

tempat wisata di garut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: tribun

Tempat wisata di Garut yang pertama adalah Leuwi Jurig. Jika dalam bahasa Indonesia, artinya adalah “Kolam Setan”, wah serem banget ya artinya sahabat explorer! Tapi bukan berarti isinya setan semua, justru isinya adalah pemandangan kolam yang luar biasa indah. 

Sebenarnya, nama asli tempat ini adalah Leuwi Rumpit, yang berarti “kolam bertebing”. Pemandangannya sekilas mirip di Grand Canyon Arizona, Amerika Serikat sahabat explorer. Bagi kalian yang suka cliff jumping sepertinya cocok nih datang ke tempat ini. Warna kolamnya masih biru banget loh! Kalian bisa renang sepuasnya dan juga foto-foto dengan landscape yang luar biasa ini sahabat explorer! Mantul banget!

2. Lembah Karacak

tempat wisata di garut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: eljohn

Tempat wisata di Garut yang selanjutnya adalah Lembah Karacak. Tempat ini paling populer dengan nama Karacak Valley. Tempat wisata yang satu ini berada di Jl. Karacak Valley, Garut, tepatnya di perbatasan Kelurahan Margawati, Garut Kota dan Kelurahan Sukanegla, Garut kota.

Secara umum, tempat ini adalah sebuah lahan hutan pinus dan juga kebun kopi yang memiliki luas secara menyeluruh sekitar 92 hektar. Namun, biasanya yang digunakan untuk tempat wisata itu hanya 10 hektar saja sahabat explorer (belum ada info lagi hingga tulisan ini terbit). 

Ada apa saja sih di sini? Selain pemandangan pinus untuk foto-foto, ada juga Curug atau air terjun yang bernama Curug Ngebul untuk kalian yang ingin bermain air sahabat explorer. Selain itu juga ada puncak yang bernama Puncak Dogar. Pokoknya berlama-lama di tempat ini mengasyikkan deh sahabat explorer

3. Gunung Guntur

tempat wisata di garut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: gunung.id

Tempat wisata di Garut yang selanjutnya adalah mengunjungi Gunung Guntur. Ciri khas dari Gunung Guntur ini adalah  kebanyakan wilayahnya berpasir, sehingga tanaman tidak begitu banyak tumbuh dan tampak tandus sahabat explorer. Tapi, justru inilah yang bisa menjadi spot foto yang ciamik bagi kalian penggemar fotografi!

Di beberapa wilayah lainnya kebanyakan hanya ada rumput liar yang tumbuh dan terlihat seperti savana sahabat explorer. Di bagian atas hanya ada beberapa tanaman kantilever yang tumbuh. Selain kantilever, ada juga pohon pinus yang tumbuh lebih banyak di gunung ini.

Di area puncaknya ada sebuah kaldera yang begitu besar dan cukup dalam yang asalnya dari bekas letusan gunung. Di sekitaran kaki gunungnya, terdapat beberapa hotel dengan fasilitas pemandian air panas yang rasa panasnya itu sendiri didapat dari Gunung Guntur.

4. Leuweung Sancang

tempat wisata di garut - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source: mongabay

Tempat wisata di Garut yang selanjutnya adalah Leuweung Sancang. Tempat ini merupakan sebuah cagar alam sahabat explorer, karena namanya ada Sancangnya, lokasinya ada di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Garut. Memiliki luas sekitar 2.913 hektar.

Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata konservasi hutan dan cagar alam dengan taraf internasional di Indonesia. Kawasan ini dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu Cagar Alam Pantai / Hutan Pantai, Hutan Dataran Rendah dan Hutan Mangrove / Bakau sahabat explorer. 

Di cagar alam ini terdapat primata yang sudah mulai langka, yaitu Owa Jawa. Untuk tumbuh-tumbuhannya, ada tumbuhan yang dilindungi dan mulai langka, yaitu Kaboa dan juga Meranti Merah.

Selain itu ada juga curug (air terjun), namun kalian harus menyeberang sungai terlebih dulu untuk ke curugnya. Di Hutan Pantai, kalian akan disuguhi dengan pemandangan hamparan pasir putih dan air laut yang masih sangat jernih sahabat explorer

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata di Garut yang bisa YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

 

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar