Papua Petualangan dan Alam

Keindahan Tiada Tara Di Raja Ampat, Papua

tempat wisata di papua - Panduan Liburan di Raja Ampat
image source ; youtube.com

Panduan Liburan di Raja Ampat – Indonesia, memang tidak ada habisnya apabila kita membahas mengenai destinasi wisata. Dari KM 0 Sabang sampai ke ujung Papua memiliki panorama indah yang bisa dikunjungi. Papua yang terkenal dengan tambang emasnya ini juga memiliki kekayaan lain dalam bentuk wisata bahari yang sangat memukau. Tempat wisata di Papua ini dikenal dengan nama Raja Ampat. Keindahan dari pulau ini memang menjadi terkenal, baik oleh orang Indonesia itu sendiri maupun oleh wisatawan mancanegara. Banyak dari mereka yang sengaja jauh-jauh datang hanya untuk menikmati keindahan yang disajikan oleh pulau ini. Biru dan hijaunya air laut yang berpadu tersebut memberikan warna sendiri bagi para wisatawan yang melihatnya. Belum lagi kalian dapat mengeksplorasi pulau-pulau kecil lainnya yang tersedia.

Tempat Wisata Di Papua Yang Dibilang Surga Terakhir Di Bumi

Raja Ampat yang berlokasi di Provinsi Papua Barat merupakan sebuah wilayah kepulauan yang memiliki 1.500 pulau-pulau kecil! Pulau-pulau kecil tersebut dikelilingi oleh 4 pulau utama yaitu, Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Waigeo. Bagi mereka yang sudah pernah mengunjungi Raja Ampat, mereka menyebutkan bahwa ini adalah tempat menyelam terbaik di dunia. Mereka menyebut Raja Ampat sebagai ‘Surga Terakhir Di Bumi’ karena pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. Apa saja sih yang bisa kalian nikmati di tempat wisata di papua ini? Makin penasaran dengan wisata Raja Ampat? Langsung kita simak!

1. Jelajah Pulau Wayag dan Desa Sawinggrai

tempat wisata di papua - Panduan Liburan di Raja Ampat

image source : bingwallpaper

Pulau Wayag, merupakan ikon dari Raja Ampat itu sendiri. Kalian bisa langsung pergi ke lagunanya dan menikmati pemandangan bawah laut dengan snorkeling. Rasakan sensasi melihat keindahan bawah laut yang mungkin kalian belum pernah lihat sebelumnya. Selain melihat keindahan bawah laut tersebut, hal lain yang bisa kalian di Pulau Wayag ini adalah dengan trekking ke perbukitan batu karang untuk menikmati keindahan panorama Pulau Wayag dari ketinggian. Dijamin sahabat explorer akan merinding deh! Pasti kalian akan takjub melihat pemandangan air laut yang sangat tenang dan indah tersebut.

tempat wisata di papua - Panduan Liburan di Raja Ampat

image source : zenrooms

tempat wisata di papua - Panduan Liburan di Raja Ampat

image source : 1001indonesia

Selanjutnya kalian harus langsung mengunjungi Desa Sawinggrai. Di desa ini, kalian dapat melihat ikon dari burung Papua yaitu  Burung Cendrawasih.

Burung Cendrawasih ini juga sering disebut sebagai Burung Surga karena memiliki keindahan warna. Di desa ini, kalian akan menemui empat jenis burung Cendrawasih, yaitu : Paradisaea Apoda, Paradisaea minor, Cicinnurus Magfinicus, dan Paradisaea Rubra. Jenis yang terakhir tersebut juga dikenal dengan nama Cendrawasih Merah yang dijadikan juga sebagai maskot Desa Sawinggrai ini.

Selain melihat Burung Cendrawasih, kalian juga bisa menikmati tarian yang mereka lakukan. Burung Cendrawasih menari sebagai ritual untuk perkawinan mereka. Pejantan, akan saling menunjukkan kebolehan dengan menari agar dapat menarik hati para betinanya. Tetapi, untuk menikmati pemandangan ini, kalian harus mendaki selama 30 menit ke Bukit Manjai Sawinggrai. Selain itu, kalian harus ada di spot tersebut pada pukul 07.00 – 09.00 pagi atau pada pukul 16.00 – 17.00 sore. Kalian juga dapat menikmati snorkeling lagi di desa ini, atau memberi makan ikan di dermaga.

Bagaimana sahabat explorer? Saya saja yang nulis udah kepengen banget ke tempat wisata di Papua yang satu ini!

2. Pulau Mansuar

tempat wisata di papua - Panduan Liburan di Raja Ampat

image source : panduanwisata

Tempat wisata di Papua Raja Ampat selanjutnya adalah Pulau Mansuar. Dari Waisa, kita bisa menempuh perjalanan selama 30 menit dengan menggunakan kapal cepat untuk mencapai Pulau Mansuar ini. Selama perjalanan, kalian dapat menikmati pemandangan laut yang luar biasa ini, bahkan kalian bisa melihat ikan yang berenang hingga kedalaman 10 meter. Apabila kalian memutuskan ingin menyelam, kemungkinan besar kalian akan menemukan ikan Manta Ray. Ikan ini merupakan spesies yang unik, karena ukurannya yang besar seperti burung yang terbang dengan sayapnya. Namun, kalian tidak perlu takut, karena ikan ini bukanlah spesies yang berbahaya.

tempat wisata di papua - Panduan Liburan di Raja Ampat

image source : semuaikan

Pulau mansuar, merupakan sebuah pulau yang digugusi dengan terumbu karang dan pasir putih yang mengelilinginya. Di pulau ini, kalian dapat menemukan cleaning point atau tempat terbaik untuk menyelam dan melihat ikan Manta Ray tadi. Dengan ditemani dengan suara kicauan burung dan pemandangan bukit yang hijau, kalian juga bisa menikmati dan bersantai di salah satu pantai yang tersedia di pulau ini, yaitu pantai Yenpapir. Sahabat explorer, masih ragu untuk mengunjungi Raja Ampat?

3. Pasir Timbul

tempat wisata di papua - Panduan Liburan di Raja Ampat

image source : flickr

Tempat wisata di Papua Raja Ampat yang selanjutnya adalah Pasir Timbul. Pasir ini merupakan sebuah gundukan pasir yang membentuk sebuah pulau kecil dan timbul di tengah-tengah perairan di Raja Ampat. Kehadiran dari Pasir Timbul ini sangat bergantung pada pasang dan surutnya air laut. Sahabat explorer bisa menikmati Pasir Timbul ini saat air laut sedang benar-benar surut. Rasakan sensasi berdiri di atas pasir yang dikelilingi oleh lautan luas! Pastinya, kalian juga bisa snorkeling di sini.

Baca Juga : Berlibur Ke Stone Garden

Sahabat explorer, jangan heran kalau kegiatan yang kalian lakukan di Raja Ampat ini adalah snorkeling atau menyelam. Hal ini disebabkan karena Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 tempat menyelam terbaik di dunia. Nikmati pemandangan bawah laut yang sangat indah dan alami ini. Tempat wisata di Papua ini pastinya akan menyempurnakan destinasi-destinasi liburan yang sudah kalian lakukan sebelumnya. Tunggu apa lagi? Segera pesan trip Raja Ampat kalian sekarang!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar