Petualangan dan Alam

Banyak Kasus Orang Tersesat Di Gunung! Hindari Dengan Melakukan Tips Ini Ya!

tips agar tidak tersesat di gunung - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source: mounture

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, siapa nih diantara kalian yang belum pernah merasakan naik gunung? Kalau belum, mending secepatnya deh! Kesempatan yang satu ini akan susah jika kalian sudah bekerja atau bahkan menikah. Dengan demikian, jika kalian masih belum keduanya, maka langsung disegerakan sahabat explorer. Pesan tiket kereta atau pesawatnya di Qloti aja ya! Aplikasi bisnis travel tanpa modal yang tentunya sangat memudahkan kalian dalam belanja berbagai macam aktivitas pariwisata. Naik gunung memang tidak lepas dari yang namanya peraturan. Banyak orang yang akhirnya tersesat atau bahkan hilang karena tidak mematuhinya sahabat explorer. Patuhi peraturannya, dan juga simak tips agar tidak tersesat di gunung yang akan YoExplore berikan kepada kalian ini. 

Tips Agar Tidak Tersesat Di Gunung

Ada beberapa usaha untuk meminimalisir risiko tersesat sahabat explorer. Kasus hilangnya Thoriq Rizki Maulidan di Gunung Piramid, selain meninggalkan luka yang mendalam juga bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi para pendaki gunung. Baiklah kalau begitu, mari langsung kita simak saja yuk ulasannya sahabat explorer, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi kalian para pecinta gunung ya! Cekidot!

Baca Juga: Liburan Murah Tapi Gak Murahan? Ke Nepal Aja Yuk

1. Mendaftar Di Basecamp Pendakian

Tips agar tidak tersesat di gunung yang pertama adalah alangkah baiknya jika kalian mendaftar di basecamp pendakian. Biasanya pihak basecamp akan memberikan kalian peta sahabat explorer, jadi kalian tau jalur-jalur pendakian yang aman hingga ke puncak. Selain itu kalian juga tau bagaimana medan yang akan kalian lalui melalui peta tersebut. 

Selain itu, jika pendaki ada yang tersesat, pihak basecamp juga bisa segera mengambil tindakan penyelamatan. Biasanya, jika pendaki tidak turun sesuai dengan waktu yang dituliskan pada basecamp, pihak basecamp akan mempersiapkan beberapa personel untuk mulai pencarian. Oleh karena itu, biasakan untuk mendaftar ya sahabat explorer, jadi untuk berjaga-jaga saja, apalagi jika ini adalah pengalaman pertama kali kalian naik gunung. 

2. Sewa Pemandu

Tips agar tidak tersesat di gunung yang selanjutnya adalah menyewa pemandu untuk naik gunung. Seorang pemandu biasanya adalah orang yang sudah sangat berpengalaman, sehingga bisa membimbing kalian di jalur pendakian yang benar dan tidak tersesat. Tentunya ini sangat meminimalisir risiko, karena pemandu memang sudah berkali-kali naik turun gunung tersebut sahabat explorer. Cocok bagi kalian yang baru pertama kali mendaki gunung, keamanan akan lebih terjamin. Selain itu kalian juga bisa bertanya-tanya seputar gunung tersebut kepada si pemandu. Jadi, banyak manfaatnya kan sahabat explorer!

3. Tidak Memisahkan Diri Dari Rombongan

Tips agar tidak tersesat di gunung yang selanjutnya adalah tidak memisahkan diri dari rombongan. Meskipun kalian sudah berpengalaman naik gunung, namun tetap saja jangan memisahkan diri dari rombongan untuk kepentingan diri sendiri. Medan gunung itu berbeda-beda dan juga jalur mungkin ada perubahan dikarenakan sesuatu hal. Memisahkan diri dari rombongan tentu memiliki risiko yang besar untuk tersesat atau bahkan hilang sahabat explorer

Banyak kasus yang tersesat itu mengaku mereka jalan terlebih dahulu atau belakangan dibanding yang lainnya, tapi mereka justru tidak pernah sampai tujuan. Dengan demikian, para pendaki diminta wajib untuk tetap berada dalam satu rombongan. 

4. Mendaki Melalui Jalur Yang Dibuat

Tips agar tidak tersesat di gunung yang terakhir adalah mendaki melalui jalur yang sudah diresmikan ya sahabat explorer. Mungkin saja memang ada jalur yang lebih cepat, tapi pasti ada risiko lain mengapa tidak dijadikan resmi. Dengan demikian, lebih baik kalian mengikuti yang resmi-resmi saja ya, jangan mencoba untuk mencari tau sendiri apalagi membuka jalur lain. Tentunya risikonya akan sangat berbahaya. Gunung ini alam liar, jadi kita tidak bisa tau ada apa saja di sekeliling gunung tersebut. Dengan jalur resmi saja masih ada orang yang tersesat, apalagi tidak dengan jalur yang resmi sahabat explorer? Tentu akan sangat berbahaya!

Paketnya Ada Di YoExplore Loh!

Sahabat explorer, itulah beberapa tips agar tidak tersesat di gunung yang dapat YoExplore berikan kepada kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan seperti biasa jangan lupa untuk menceritakan pengalaman unik traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar