Petualangan dan Alam

Sedang Trekking Hutan? Perhatikan Tips Berikut Ini

Panduan Traveling, YOEXPLORE - tips saat masuk hutan
image source : jadiberita.com

Panduan Traveling, YOEXPLORE – Menjelajah hutan atau Trekking hutan, memang menjadi hobi bagi segelintir orang. Tidak semua orang bisa menikmati jenis traveling yang satu ini. Biasanya, orang yang menyukai kegiatan ini, betah untuk menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk Trekking hutan dan desa yang ada di sekitarnya. Bagi mereka, kenyamanan yang ada di dalam hutan membuat mereka melupakan hiruk pikuk ibu kota yang sangat membuat penat kepala. Nyanyian burung, hembusan angin segar, gemercik air sungai, dan tentunya flora dan fauna yang menakjubkan, membuat mereka sangat betah untuk menghabiskan waktu di dalam hutan. Mereka rela membawa barang-barang yang membuat pundak pegal dan melewati jalur-jalur yang terjal demi mendapatkan semua hal tersebut. Kali ini, YoExplore.co.id akan memberikan kalian tips saat masuk hutan yang tentunya sangat berguna bagi kalian yang menginginkan Trekking Hutan menjadi salah satu hobi kalian.

Tips Saat Masuk Hutan Yang Perlu Diperhatikan

Sahabat explorer, akan lebih baik jika kalian yang ingin melakukan Trekking Hutan, dipandu dengan pemandu profesional atau dengan orang yang memang sudah berpengalaman melakukan Trekking Hutan. Walaupun tips masuk hutan ini sangat mudah dilakukan, tapi tetap bagi kalian yang amatir, harus dipandu dengan para ahli agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan tentunya. Namanya juga alam bebas, jadi hal apapun bisa saja terjadi, jika kalian tidak memiliki pengalaman yang cukup, maka tentu kalian akan kesusahan sendiri nantinya apabila ada sesuatu yang terjadi pada diri kalian. Baiklah sahabat explorer, langsung aja yuk kita simak ada apa saja sih tips-tipsnya!

Bawa Barang Secukupnya

Tips saat masuk hutan yang pertama adalah membawa barang secukupnya atau seperlunya saja. Selama menjelajah hutan, biasanya kalian akan menetap di suatu tempat yang biasa disebut dengan basecamp. Selama menjelajah, taruhlah barang-barang yang tidak diperlukan di dalam basecamp. Hal ini tentunya bertujuan untuk memudahkan kalian yang sedang Trekking Hutan. Hal ini menjadi pengecualian jika kalian memang tidak berniat untuk menginap di basecamp tersebut, mungkin saja kalian mau mencari tempat lain untuk dijadikan basecamp.

Bawalah barang seperlunya, seperti botol air minum, pisau kecil, tongkat, dan tentunya makanan ringan jika memang kalian sudah mempersiapkan. Usahakan tidak lebih dari barang tersebut yang kalian bawa. Jika terlalu banyak tentu akan menyusahkan kalian juga, karena jalur di hutan tentu tidak bisa diprediksi.

Baca Juga : Eksplorasi Goa Kaca dan Goa Surupan

Pakai Pakaian Tertutup

Tips saat masuk hutan berikutnya adalah biasakan memakai pakaian yang tertutup. Kenapa? Sudah jelas untuk meminimalisir risiko kita digigit serangga atau tidak sengaja bersentuhan dengan pohon atau dedaunan yang beracun dan dapat menyebabkan kulit kita gatal atau lebih parah.

Oleh karena itu, lebih baik jika kalian menggunakan kaus berlengan panjang, celana panjang, dan sepatu Trekking. Hindari menggunakan Hot Pants, Kaous Buntung atau sejenisnya yang pendek dan tidak menutupi keseluruhan tubuh kalian. Belum lagi dengan gigitan nyamuk tentunya yang sangat mengganggu kalian sahabat explorer!

Pakai Krim Anti Nyamuk

Ini merupakan hal sepele tapi ternyata sangat bermanfaat. Sahabat explorer, asal kalian tahu, Nyamuk hutan ini berukuran besar-besar, berbeda dengan nyamuk yang biasa kita lihat sehari-hari di rumah. Sekali digigit olehnya, akan terasa sangat sakit dan bahkan bisa terasa sangat lama loh sahabat explorer.

Jadi, jangan pernah lupakan hal ini, kalau perlu krim anti nyamuk tersebut tetap stand by berada di kantong celana atau tas kecil kalian. Biar kalian juga gampang tidur pas malam, ga perlu lagi buang-buang tenaga untuk tepuk nyamuk. 😀

Jangan Pakai Parfum

Tips saat masuk hutan yang satu ini memang terdengar aneh, tapi ini harus sangat diperhatikan loh sahabat explorer. Walaupun memang sebenarnya boleh-boleh saja masuk hutan dengan kondisi wangi dan rapi, tapi usahakan untuk tidak menggunakan parfum ya. Kenapa? Karena aroma manis dari parfum tersebut bisa mengundang kedatangan serangga seperti Lebah atau Tawon untuk mengikuti kalian, kalau sampai digigit kan bisa repot sahabat explorer. Dicatat ya untuk tips yang satu ini!

Jika Mengamati Binatang Pakai Baju Gelap

Banyak tujuan yang berbeda dari para penjelajah hutan tersebut untuk masuk ke dalam hutan. Ada yang hanya sekedar menikmati pemandangan, atau sekedar mencari jalur-jalur Trekking baru, memang tidak diperlukan baju berwarna khusus untuk melakukannya.

Lain cerita jika tujuan kalian masuk ke dalam hutan adalah untuk mengamati binatang. Usahakan untuk menggunakan warna yang gelap atau warna yang sesuai dengan sekitaran kalian. Warna seperti hitam, hijau, coklat, ungu gelap tentu akan sangat cocok. Kenapa seperti itu? Hal ini tentunya untuk membuat binatang tersebut tidak sadar dengan kehadiran manusia karena samar-samar dengan warna di sekitar mereka

Nah sahabat explorer, itulah beberapa tips saat masuk hutan yang perlu kalian ketahui. Semoga tips ini bermanfaat bagi kalian yang  baru mau memulai pengalaman Trekking Hutan. Sekali lagi kami ingatkan, agar lebih aman, usahakan Trekking Hutan tersebut dipandu dengan para ahli atau profesional yang sudah lama menggeluti kegiatan ini. Tujuannya adalah agar kalian tetap aman dan meminimalisir risiko yang akan terjadi. Jadi, selamat mencoba ya sahabat explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar