Papua Petualangan dan Alam

Eksotisme Pulau Wayag Raja Ampat

wayag raja ampat - Panduan Liburan YoExplore
image source : foresteract

Raja Ampat, Panduan Liburan YoExplore – Sahabat explorer, kalian pasti sudah mengetahui kalau Raja Ampat itu merupakan sebuah surga yang tersembunyi. Di sini, kalian bisa menikmati wisata bahari yang sangat menakjubkan. Raja Ampat, merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Dengan demikian, kalian bisa menikmati pemandangan bawah laut yang sangat jernih dan asri. Raja Ampat merupakan sebuah lokasi yang terdiri dari beberapa gugusan pulau. Salah satu pulau besarnya adalah Pulau Wayag. Pulau ini bisa dibilang sebagai maskotnya Raja Ampat. Wisatawan banyak yang memilih untuk berwisata di Pulau Wayag Raja Ampat ini. Biasanya, sebelum eksplorasi pulau lain, mereka mendatangi Pulau Wayag ini untuk menikmati pemandangan bukit yang indah di sini. Sekilas info, Raja Ampat memiliki 610 pulau, konon katanya baru 400 pulau yang sudah dieksplorasi. Sisanya, masih belum tersentuh oleh tangan manusia. Waaaw, banyak banget ya sahabat explorer, mungkin kalian ada yang tertarik untuk eksplorasi sisanya? 😀

Wisata Wayag Raja Ampat Yang Menjadi Surga Tersembunyi

Sebenarnya ada apa sih di Pulau Wayag? Kenapa orang-orang pada suka banget ke sana? Jawabannya akan kita bahas di bawah ini. Langsung di scroll ya sahabat explorer!

1. Eksplorasi Waisai

wayag raja ampat - Panduan Liburan YoExplore

image source : wikipedia

Wisata Pulau Wayag Raja Ampat yang pertama adalah eksplorasi Kota Waisai. Setelah kalian sampai di Sorong, cepatlah kalian menuju Pelabuhan Sorong untuk segera meluncur ke Kota Waisai ini. Untuk mencapai Waisai dari Sorong, kalian bisa menempuh dengan kapal feri cepat atau dengan speedboat dan kapal rakyat. Perjalanan ke Waisai ini kurang lebih memakan waktu 4 jam. Jadi, kalian bisa memilih sendiri kapal mana yang ingin kalian tumpangi. Di sana, kalian tidak akan menemukan sewa mobil atau motor, melainkan hanya sewa kapal yang harganya juga lumayan mahal, karena hanya itulah kendaraan yang bisa kalian naiki untuk mengelilingi Raja Ampat.

Sesampainya di kota Waisai, kalian dapat menikmati “Surga Burung” yang berada di salah satu bukit di sana. Waisai merupakan Kabupaten di Pulau Waigeo. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan indah di Pantai Saleo dan Pantai WTC. Nikmati pemandangan laut dan pantai yang sangat bersih dan indah ini sahabat explorer.

Untuk urusan kuliner, Raja Ampat dan sekitarnya sudah pasti terkenal dengan makanan lautnya nih sahabat explorer. Sebenarnya, kalian juga bisa menemukan makanan khas Padang dan Coto Makassar, namun, harganya pasti lebih mahal dibanding Jakarta. Sebaiknya, kalian menikmati hidangan khas Papua seperti Sagu, dan Ulat Sagu Bakar. Ada juga Sup Kepompong dan Kerang yang ukurannya sangat besar!

2. Eksplorasi Wayag

wayag raja ampat - Panduan Liburan YoExplore

image source : backpackercantik.blogspot

Selanjutnya, inti dari perjalanan ke pulau ini adalah untuk mengeksplorasi Pulau Wayag Raja Ampat. Selamat datang di surga yang tersembunyi! Kalian dijamin tidak akan menyesal untuk berkunjung ke sini. Kalian sebaiknya bangun lebih awal untuk pergi ke Pulau Wayag ini, karena kalian harus mengunjungi perbukitan batu Karst. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk mendaki bukit ini hingga sampai ke puncak. Setelah sampai di puncak, kalian pasti akan speechless melihat pemandangan dari atas ini. Pemandangan Raja Ampat secara keseluruhan bisa kalian nikmati dari atas sini. Sebuah panorama yang sangat indah dan tidak mungkin untuk kalian lupakan. Oya, kalian jangan lupa untuk membawa perlengkapan mendaki ya, seperti air minum dan sepatu atau sandal gunung. Itu semua dibutuhkan agar kalian tetap merasa nyaman saat mendaki.

Memang membutuhkan sedikit perjuangan untuk melihat pemandangan yang luar biasa ini, tapi rasa capek kalian pasti akan terbayar sesampai di puncaknya.

Setelah itu, kalian bisa melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Pantai Friwen. Di pantai tersebut, kalian bisa menikmati berenang dengan air yang sangat jernih. Kalian juga bisa snorkeling atau diving  di sana. Di pinggir pantai, kalian bisa berayun-ayun di ranting pohon raksasa, dan juga bermain Kano. Pokoknya, kalian pasti akan sangat menikmati aktivitas di Pulau Wayag Raja Ampat ini deh sahabat explorer!

Nikmati Wisata Raja Ampat Kalian Dengan Teman-Teman Atau Keluarga

Kira-kira seperti itulah aktivitas yang bisa kalian lakukan saat berada di Pulau Wayag Raja Ampat. Tentunya, kalian bisa mengunjungi pulau-pulau lainnya yang ada di gugusan Kepulauan Raja Ampat ini. Nikmati wisata bahari yang tidak ada habisnya untuk menakjubkan kalian! Segera booking trip kalian bersama YoExplore sekarang juga!

Baca Juga : Keindahan Tiada Tara Raja Ampat

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar