Petualangan dan Alam Sulawesi

Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

wisata bahari di sulawesi tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source ; vebma

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menikmati wisata di Indonesia itu memang tidak akan ada habisnya. Selalu saja bermunculan destinasi wisata baru atau yang baru terekspos saat-saat ini. Salah satunya adalah yang akan YoExplore bahas hari ini, yaitu wisata bahari di Sulawesi Tenggara. Tepatnya berada di Kabupaten Muna nih sahabat explorer, mungkin kalian banyak yang belum pernah mendengar nama ini sebelumnya. Keindahannya tidak perlu diragukan lagi deh, kalian dijamin bakalan puas berkunjung ke tempat ini. Bahkan, banyak wisatawan yang memberikan testimoni kalau tempat ini layak disandingkan dengan keindahan di Raja Ampat, Papua. Wah, kira-kira pemandangannya kayak gimana ya? Hmm, sepertinya menarik untuk dibahas nih sahabat explorer.

Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

Kabupaten Mina berada di Sulawesi Tenggara. Dan juga merupakan salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia, dengan Ibu Kota di Raha. Pulau Muna pada umumnya beriklim tropis dan memiliki suhu rata-rata 25 – 27 derajat celcius. Tidak heran nih, jika wisata bahari di tempat ini tentu sangat mengasyikkan. Pemandangannya luar biasa banget sahabat explorer, dan terkenal memiliki banyak danau yang indah. Akan kami bahas danau terbaik dan juga pantai yang bisa kalian kunjungi. Pokoknya liburan keluarga di sini dijamin puas, karena pemandangan laut dan wisata lainnya juga oke punya! Belum lagi kalian bisa berinteraksi dengan suku asli tempat ini yaitu Suku Reha. Dengan demikian, liburannya dapat dan ilmunya juga dapat nih sahabat explorer. Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasan wisata bahari di Sulawesi Tenggara!

Baca Juga : Mari Jelajahi Surga Wisata Tersembunyi di Bali Utara

1. Pantai Meleura

wisata bahari di sulawesi tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : kendaripos

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang pertama adalah mengunjungi Pantai Meleura. Pantai yang satu ini memiliki panorama yang gak main-main nih indahnya sahabat explorer. Bisa dibilang ini merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia. Banyak wisatawan yang sudah berkunjung ke tempat ini dan mengakui keindahan dari pantai yang berada di Kabupaten Muna tersebut.

Bahkan, tidak sedikit juga yang bilang keindahan dari pantai ini mirip dengan yang ada di Raja Ampat, Papua. Lokasinya berada di Desa Lakarinta, Kecamatan Lohia. Kecantikannya memang sangat mumpuni nih sahabat explorer, mata kalian dimanjakan dengan panorama biru air laut yang kehijauan. Air laut yang tenang dan ombak yang tidak begitu tinggi, sangat cocok bagi kalian yang berkunjung bersama keluarga. Pemandangan bawah lautnya juga luar biasa banget nih sahabat explorer, tidak heran wisatawan yang sudah pernah ke sini makin jatuh cinta. Masa kalian gak tertarik sih? Langsung berangkat ke sini ya!

Kawasan Pantai Meleura ini bisa kalian tempuh dari Kota Raha, dengan jarak kurang lebih 18 kilometer. Tidak terlalu jauh kan sahabat explorer, tidak sampai satu jam dengan kendaraan roda empat atau motor, kalian sudah bisa sampai ke tempat ini. Sepanjang perjalanan, kalian juga dapat melihat pemandangan yang luar biasa indah. Selama perjalanan mata kalian akan disuguhkan pemandangan bukit batu kapur karang. Penduduk di sekitar pantai juga sangat ramah terhadap para turis yang berkunjung. Oleh karena itu, pantai ini jangan tidak sampai masuk list liburan kalian di Sulawesi Tenggara ya sahabat explorer!

2. Danau Ubur-Ubur Lohia

wisata bahari di sulawesi tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : jelajahsultra

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang selanjutnya adalah mengunjungi Danau Ubur-Ubur Lohia. Kalau ngomongin soal Danau Ubur-Ubur, pasti kalian semua akan teringat dengan destinasi wisata di Kalimantan Timur yaitu Danau Kakaban. Danau tersebut memang memiliki salah satu satwa yang sangat unik, yaitu ubur-ubur tidak menyengat, dan kalian tentu bisa berenang bersama mereka.

Di Indonesia sendiri, memiliki tiga danau yang memiliki ubur-ubur tidak menyengat tersebut, yaitu di Kakaban, Pulau Togean, dan tentu satu lagi adalah di Muna, Sulawesi Tenggara ini. Danau yang satu ini memang cukup terkenal dikalangan wisatawan yang berkunjung ke Muna. Selain memiliki ubur-ubur tidak menyengat, danau ini juga memiliki pemandangan sekitar yang sangat cantik. Lokasinya memang sedikit jauh dari pemukiman, namun ini lah yang menjadi daya tarik lainnya. Jelas karena tempat ini sepi dan tenang, jadi kalian bisa menikmati alam sepuasnya.

Airnya yang berwarna biru dan bening menjadi andalan dari danau ini, selain kalian bisa berenang dengan ubur-ubur tidak menyengat tersebut. Kami jamin, ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah kalian lupakan.

3. Danau Moko

wisata bahari di sulawesi tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : munabangkit

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang selanjutnya adalah mengunjungi Danau Moko. Jika sebelumnya kalian dapat berenang dengan ubur-ubur, bagaimana kalau sekarang kalian berenang di danau dengan penyu? Tentunya akan menjadi hal yang sangat menarik nih sahabat explorer. Hal ini bisa kalian lakukan apabila kalian berkunjung ke Muna dan mengunjungi Danau Moko.

Danau Moko merupakan primadona dari wisata di Muna, kejernihan airnya membuat siapapun takjub dengan pemandangannya. Danau yang jernih ini, memiliki kedalaman sekitar 12 meter. Selain itu, suhu di air ini juga dingin dan menyegarkan, rasanya pengen langsung nyebur aja deh pas udah ngeliat danau ini. Rasanya kayak di hipnotis!

Keunikan yang diincar oleh para wisatawan adalah berenang bersama penyu-penyu yang lucu tersebut. Tidak heran jika saat musim libur, tempat ini ramai dikunjungi oleh para turis. Sensasi menyelam di kolam dingin dengan penyu tersebut tentu akan menjadi pengalaman unik tersendiri. Penasaran? Langsung berangkat ke lokasi ya sahabat explorer!

4. Danau Napabale

wisata bahari di sulawesi tenggara - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : gocelebes

Wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang selanjutnya adalah mengunjungi Danau Napabale. Seperti yang sudah kami bilang tadi, bahwa Muna merupakan sebuah wilayah yang memang memiliki banyak wisata danau yang indah. Danau ini terletak di sebuah kaki bukit, dan yang paling menakjubkan ialah, bahwa danau ini dihubungkan dengan laut melalui sebuah terowongan!

Wah, tentunya akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan ya sahabat explorer. Pada saat air laut sedang surut, para wisatawan banyak yang berkunjung menelusuri terowongan tersebut. Namun, akan menjadi berbahaya apabila air laut sedang pasang, jadi kalian harus perhatikan baik-baik ya sahabat explorer.

Karena keunikannya tersebut, maka Danau Napabale merupakan salah satu danau air asin yang unik yang ada di Indonesia. Kawasan ini juga dikelilingi dengan bukit kapur yang kokoh, dan menambah kecantikan pemandangan dari tempat ini.

Eksplor Sulawesi Tenggara

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata bahari di Sulawesi Tenggara yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan seperti biasa jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar