Petualangan dan Alam

Perkenalkan Anak Ke Alam Bebas Dengan Camping

wisata camping keluarga - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore
image source : mommiesdaily

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sahabat explorer, menghibur diri dan keluarga, memang bisa berbagai macam caranya. Salah satu yang paling digemari oleh orang-orang adalah dengan Traveling. Berbagai macam jenis traveling bisa kalian nikmati bersama keluarga, baik berpetualang seperti Trekking hutan, naik gunung, jelajah goa, dan lainnya. Namun, ada yang tak kalah menarik juga nih sahabat explorer, yaitu wisata camping keluarga. Camping, merupakan salah satu jenis liburan yang tentu sangat menarik dan unik. Sekarang, sudah banyak area-area alam bebas yang sudah bisa dijadikan tempat camping untuk keluarga. Lokasi yang strategis, dan juga banyak objek wisata atau kegiatan outbond yang disediakan oleh pengelola. Kira-kira kalau sahabat explorer sendiri berniat untuk pergi camping bersama keluarganya gak? Boleh dicoba sesekali loh!

Wisata Camping Keluarga

Kegiatan camping, memang memiliki banyak manfaat tentunya, terutama bagi anak-anak kalian. Manfaat yang paling berguna tentunya adalah mereka bisa berdekatan langsung dengan alam. Dengan hal ini, mereka akan banyak belajar mengenai alam bebas, serta bagaimana memupuk pemahaman mereka tentang pentingnya menjaga alam. Selain itu, kedekatan antara keluarga juga semakin harmonis, apalagi jika kalian semua coba ikut dalam kegiatan outbond yang biasanya disediakan oleh pengelola tempat. Di Indonesia, banyak loh tempat camping dan glamping yang sangat seru dan menyenangkan. Cocok banget nih bagi keluarga-keluarga di Indonesia! Penasaran di mana saja? Yaudah yuk, kita simak ulasannya!

Baca Juga : Hal Yang Perlu Dipersiapkan Saat Liburan Bersama Keluarga

1. Baliwoso, Bali

wisata camping keluarga - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore

image source : yoexplore

Wisata camping keluarga yang pertama adalah di Baliwoso, Bali. Bagi kalian yang memang sudah menjadi hobi untuk berlibur ke Bali, boleh mencoba tempat yang satu ini nih sahabat explorer. Namanya adalah Baliwoso, lokasi tidak jauh dengan Desa wisata Penglipuran, kalian hanya tinggal jalan lurus beberapa kilometer, dan nanti keliatan kok tulisannya “Baliwoso”.

Saat masuk ke tempat ini, kalian sudah merasakan suasana alam yang sejuk dan jauh dari kebisingan.

Tersedia berbagai macam tenda yang bisa kalian tempati bersama keluarga. Kalau disini, sebenarnya konsep utamanya adalah Glamping atau camping namun sedikit lebih mewah dari camping biasanya.

Seperti yang ada pada gambar di atas, kalian bisa menikmati tenda mewah tersebut bersama keluarga. Di belakang area camping, terdapat lapangan besar untuk melakukan kegiatan outbond yang sangat seru untuk anak-anak kalian tentunya.

Selain itu, ada banyak Bale (seperti saung) untuk bersantai, jadi bagi kalian yang memang seorang Blogger atau penulis, sangat cocok nih sama tempat ini. Tempatnya tenang, dan jauh banget dari kebisingan, yang kalian bisa dengar hanya suara angin dan suara kicauan burung!

Disini juga ada jembatan bambu dan taman bunga, jadi sudah lengkap banget deh. Udah ga perlu ke mana-mana lagi kalau menginap di Baliwoso!

2. Cikahuripan

wisata camping keluarga - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore

image source ; yoexplore

Wisata camping keluarga yang selanjutnya adalah berkemah di Cikahuripan, Bandung. Tempat ini dikelola oleh komunitas lokal yang bernama Pokdarwis Tjikahoeripan Gebied. Kalau di sini, kalian akan berkemah di alam terbuka nih sahabat explorer, tepatnya kalian akan berkemah di hutan yang berada tidak jauh dari pedesaan tersebut.

Kalian tentu dapat menikmati aktivitas Hiking dan Trekking bersama pemandu lokal. Selain itu, kalian juga bisa menikmati santapan kuliner khas pedesaan seperti Nasi Liwet, dan juga tidak ketinggalan teh dan kopi asli dari Desa tersebut.

Tentunya, kalian dan anak-anak akan mendapatkan pelajaran yang berharga, yaitu bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal, kalian bisa mengetahui bagaimana kehidupan mereka. Selain itu, mereka juga menyediakan kegiatan outbond yang bisa kalian nikmati bersama keluarga. Pada saat malam hari, kalian juga bisa menikmati aktivitas api unggun sambil masak bersama. Wah, ini sih pasti seru banget ya sahabat explorer, dijamin kalian dan anak-anak akan puas deh saat berkunjung ke sini!

3. Eagle Hill Camp

wisata camping keluarga - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore

image source : eaglehill-outbond

Wisata camping keluarga yang selanjutnya adalah mengunjungi Eagle Hill Camp, Bogor. Tempat yang satu ini memang sedang populer dikalangan pecinta camping. Lokasi tepatnya berada di wilayah Megamendung, Bogor.

Biasanya, tempat ini dipakai untuk kegiatan training komunitas-komunitas, kegiatan sosial, training mahasiswa, training karyawan dan berbagai macam kegiatan berkelompok lainnya. Tempat ini, dikenal dengan memiliki suasana yang bagus untuk permainan problem solving. Eagle Hill Camp juga sudah menyediakan tenda yang berisikan tempat tidur, dan kamar mandi umum yang banyak. Selain itu, keamanannya juga sudah terjamin sahabat explorer, jadi bagi kalian yang pergi ke sini bersama keluarga, gak usah takut kenapa-kenapa lagi ya, dijamin aman!

Camping Seru Bareng Keluarga

Sahabat explorer, itulah beberapa tempat wisata camping keluarga yang kami bisa rekomendasikan kepada kalian. Nikmati liburan akhir tahun kalian bersama keluarga, dengan mencoba aktivitas seru yang satu ini. Pasti, kalian akan mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan, terutama bagi anak-anak kalian. Semoga artikel ini bermanfaat, dan bagi kalian yang juga punya tempat camping favorit lainnya, bisa di share di kolom komentar kami ya! Have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar