Jawa Barat Petualangan dan Alam

Ingin Wisata Pantai dan Air Terjun? Ke Sukabumi Yuk!

Wisata di Sukabumi - Cara Traveling Murah, YOEXPLORE - Ujung Genteng - yoexplore
image source : barrypramudya

Cara Traveling Murah, YOEXPLORE – Masih berkaitan dengan ‘kabur dari Jakarta’ nih sahabat explorer. Kali ini YoExplore akan kembali merekomendasikan sebuah lokasi untuk short vacation atau liburan singkat. Tidak jauh dari Jakarta, tidak perlu nyebrang pulau apalagi naik pesawat. Lokasi tempat wisata ini termasuk dalam kawasan Wisata di Sukabumi. Mungkin yang orang tau kalau di Sukabumi itu sejuk dan dingin seperti di Bogor. Tetapi, kalau kalian coba lurus lagi dari Sukabumi, kalian akan menemukan sebuah wilayah yang disebut dengan Ujung Genteng. Mirip sedikit dengan Bali, karena di Ujung Genteng ini tersedia banyak sekali pantai, dan tentunya ada banyak Curug (Air Terjun) juga loh sahabat explorer. Pantainya juga tidak kalah bagus dengan Bali atau Ujung Kulon. Bahkan, ada sebuah pantai yang disebut sebagai Tanah Lot nya Jawa. Penasaran?

Wisata di Sukabumi Yang Paling Ujung!

Ujung Genteng, merupakan sebuah desa yang berada di dalam wilayah Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Seperti yang kalian lihat di peta, lokasinya benar-benar di ujung banget tuh sahabat explorer. Desa ini merupakan desa hasil pemekaran dari Desa Gunungbatu. Karena lokasinya yang bisa dicapai dengan jalur darat, maka destinasi wisata ini sangat cocok bagi kalian yang berdomisili di Jakarta atau sekitarnya. Perjalanan juga tidak akan memakan waktu yang lama kok sahabat explorer. Jangan lupa bawa perlengkapan mantai dan kamera kalian ya, karena kami yakin, kalian pasti akan terkagum-kagum dengan keindahan landscape dari beberapa pantai wisata di Sukabumi ini. Penasaran tempatnya di mana saja? Yaudah yuk, langsung kita simak ulasannya!

Baca Juga : Memulai Bisnis Tanpa Modal Bersama Qloti

1. Pantai Ujung Genteng

Wisata di Sukabumi - Cara Traveling Murah, YOEXPLORE - Ujung Genteng - yoexplore

image source : tandapagar

Pertama, tentunya kalian akan mengunjungi Pantai Ujung Genteng. Salah satu tempat wisata di Sukabumi ini, memberikan panorama pantai yang sangat jernih dan bersih. Kalau kalian berangkat dari Sukabumi, maka perjalanan ke Pantai Ujung Genteng ini kurang lebih sekitar 3 – 4 jam. Kalian tentu akan menikmati sensasi perjalanan yang berkelok-kelok dan disuguhkan dengan pemandangan hijau di kanan dan kiri jalan.

Kalian bisa melihat pemandangan biru laut sambil ikut memburu Udang Lobster bersama para Nelayan. Jika kalian sedang beruntung, kalian dapat menemukan dan bahkan melihat secara langsung penyu-penyu yang sedang bertelur.

Tentu saja, kalian bisa menginap di sekitar pantai sini, apabila kalian ingin lebih lama berada di pantai ini. Namun, saran kami, kalian harus melihat pantai-pantai yang lainnya juga!

2. Pantai Pangumbahan

Wisata di Sukabumi - Cara Traveling Murah, YOEXPLORE - Ujung Genteng - yoexplore

Image source : iinsqual

Destinasi wisata di Sukabumi tepatnya Ujung Genteng yang selanjutnya adalah Pantai Pangumbahan. Dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Ujung Genteng, Pantai Pangumbahan ini termasuk pantai yang sepi pengunjung. Sejauh mata memandang, kalian tidak akan menemukan sampah, lalu pasirnya juga sangat lembut dan tidak ada karang. Pokoknya, kalian akan menemukan yang namanya ketenangan di sini.

Selain itu, pantai ini juga menjadi kawasan konservasi dan penangkaran penyu. Kalian dapat melihat penyu-penyu sedang bertelur pada malam hari. Tidak tanggung-tanggung, telur penyu yang berada di sini kurang lebih antara 80 – 200 telur. Di Pantai Pangumbahan, ada beberapa spesies penyu yang dapat kalian temui, seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Lekang, Penyu Belimbing, Penyu Pipih, dan Penyu Tempayan. Banyak banget ya sahabat explorer, tidak heran jika mereka bertelur di sini, karena pantainya bersih.

Ada 6 titik pos pengawasan untuk penyu bertelur. Kenapa? Karena Penyu tidak akan mau bertelur jika dia melihat atau terkena cahaya dan gangguan benda lainnya, sehingga kita tidak bisa mendekatinya secara langsung. Setelah Penyu tersebut bertelur, maka kalian baru bisa melihat, karena sifat Penyu yang tidak peduli setelah bertelur.

Bagi kalian yang berkunjung ke sini, mohon untuk perhatikan kebersihan pantai ya, jangan buang sampah sembarangan, karena jika saat penyu sedang menggali pasir dan menemukan sampah, maka ia tidak akan jadi bertelur. Kasian kan sahabat explorer!

3. Curug Cigangsa

Wisata di Sukabumi - Cara Traveling Murah, YOEXPLORE - Ujung Genteng - yoexplore

Image source : roninasrudin.wordpress

Wisata di Sukabumi yang selanjutnya adalah mengunjungi Curug Cigangsa. Untuk mencapai air terjun yang satu ini, memang sedikit susah karena minimnya papan petunjuk jalan. Namun, kalian jangan takut, karena banyak warga sekitar yang bisa kalian tanya tentunya. Curug Cigangsa ini juga dikenal dengan nama Curug Luhur yang mempunyai tiga tingkatan. Konon, air terjun ini terbentuk karena longsor yang disebabkan oleh gempa bumi. Wah, jadinya keren banget ya sahabat explorer.

Dari dekat Curug, kalian dapat melihat Batu Masigit atau Batu Masjid. Kalian dapat menikmati pemandangan curug dari dua arah. Atas atau bawah, tentunya kalau dari bawah akan lebih bagus, namun kalian harus berhati-hati karena medan yang curam dan licin.

Selain itu, berkaitan dengan sejarah, Curug yang satu ini juga berperan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Curug ini dijadikan sebagai tempat persembunyian bagi para pejuang yang sedang dikejar oleh tentara Belanda. Curug Cigangsa, tepatnya berada di Desa Batusuhunan, Kecamatan Surade, Sukabumi.

4. Curug Cikaso

Wisata di Sukabumi - Cara Traveling Murah, YOEXPLORE - Ujung Genteng - yoexplore

Image source : jejakpiknik

Wisata di Ujung Genteng yang selanjutnya adalah mengunjungi Curug Cikaso. Masih berada di Kecamatan yang sama yaitu Kecamatan Surade. Namun, Curug Cikaso ini memiliki panorama yang sangat cantik apabila kita berkunjung pada pagi hari. Ada 3 buah air terjun yang dapat kalian lihat di sini, dan juga air terjun tersebut ‘menampung’ air yang warnanya kebiruan di bawahnya. Pemandangannya sungguh sangat cantik, kami yakin kalian akan menyukai bila berkunjung ke Curug yang satu ini.

Lebar tebing di Curug tersebut kurang lebih 100 meter dan dengan ketinggian 80 meter. Wuih, lumayan juga ya sahabat explorer.  Masih ada beberapa Curug lagi yang kalian bisa kunjungi dan hanya berjarak sekitar 30 menit dari Curug Cikaso.

Sampai Bertemu di Ujung Genteng!

Sahabat explorer, bagaimana? Sudah siap mengunjungi kawasan desa wisata di Sukabumi ini? Tunggu apa lagi, langsung berangkat saja ke Ujung Genteng. Akses ke sana juga gampang kok, kalian tidak perlu nyebrang pulau segala, hehe. Tentunya, ini akan menjadi liburan singkat yang sangat berkesan sahabat explorer. Sebenarnya, masih banyak lagi pantai-pantai yang membentang luas di kawasan Desa Ujung Genteng ini, namun, kami memberikan rekomendasi yang terbaik dan unik bagi kalian. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung otw gih sahabat explorer! Have a good day!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar