Petualangan dan Alam Sulawesi

Keindahan Pariwisata di Sulawesi Barat Juga Tidak Kalah Menarik!

wisata di sulawesi barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id
image source : jurnalsulbar

YOEXPLORE, Liburan Keluarga – Sulawesi, menyimpan banyak sekali keindahan alam yang mungkin belum banyak diketahui oleh wisatawan. Namanya memang tidak seterkenal Pulau Togean, Bunaken, atau Wisata di Gorontalo. Namun, destinasi wisata di Sulawesi Barat ternyata juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi bersama keluarga loh sahabat explorer. Tersebar di beberapa daerah, destinasi wisata ini tentu beragam. Mulai dari pantai, hingga gardu pandang yang memiliki pemandangan luar biasa. Cocok bagi kalian yang ingin liburan mencari ketenangan, karena daerah ini tentu tidak seramai Ibu Kota. Wisata di Sulawesi Barat bisa menjadi pilihan liburan kalian untuk akhir tahun atau libur anak sekolah. Kalian juga bisa melihat rumah adat Sulawesi yang sangat khas, dan tentu juga kulinernya.

Wisata di Sulawesi Barat

Selain itu, festival adat dan kebudayaan di Sulawesi Barat juga tidak kalah menarik untuk ditonton. Namun, untuk bisa melihat kegiatan tersebut, kalian harus mencari tahu lebih dulu kapan dan dimana acara-acara tersebut biasanya diselenggarakan. Banyak sekali momen yang tidak akan kalian lupakan saat berkunjung ke Sulawesi Barat. Wilayah Sulawesi Barat terkenal dengan salah satu hasil alamnya yaitu kakao. Pesona alamnya ada keindahan gunung, flora-fauna dan juga wisata bahari tentunya. Ibu Kota Sulawesi Barat adalah Mamuju, dan resmi menjadi provinsi ke 33 NKRI pada tanggal 5 Oktober 2004. Walaupun beberapa tempat wisata masih bisa dikembangkan lagi, namun potensinya sudah jelas banget nih sahabat explorer. Yaudah yuk, langsung kita simak aja ulasannya, wisata di Sulawesi Barat. Cekidot!

Baca Juga : Suka Makanan Pedas? Ternyata Memang Ada Manfaat Kesehatannya Loh!

1. Air Terjun Tamasapi

wisata di sulawesi barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : ksmtour

Wisata di Sulawesi Barat yang pertama adalah mengunjungi Air Terjun Tamasapi. Sepertinya, wisata bahari atau air ini cukup mendominasi Sulawesi Barat, karena memang pemandangan dan keindahan pulau-pulau di dekatnya sangat cantik dan tidak kalah menakjubkan. Salah satunya adalah Air Terjun Tamasapi ini.

Lokasinya tidak jauh dari Sungai Tamasapi, Kecamatan Mamuju. Kalian hanya butuh jalan sekitar 1 kilometer untuk mencapai air terjun ini. Namun, perjalanan kalian tidak akan merasa bosan, karena tentunya akan dihiasi dengan pemandangan indah. Terjunannya cukup deras dan juga angin di sekitarnya lumayan kencang, oleh karena itu kalian pasti akan takjub dibuatnya.

Air terjun ini, merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi para pelancong, baik penduduk lokal atau yang dari luar Sulawesi Barat. Akses jalan menuju air terjun ini sudah diperbaiki, dengan demikian kalian akan mudah menuju tempat ini. Suasananya masih sangat alami, dengan pohon-pohon besar yang mengelilingi air terjun ini, membuat cuacanya menjadi sangat segar dan asri. Bagi kalian pecinta air terjun, maka tempat yang satu ini wajib untuk dikunjungi saat sedang berada di Sulawesi Barat.

2. Anjoro Pitu

wisata di sulawesi barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : triptrus

Wisata di Sulawesi Barat yang selanjutnya adalah mengunjungi Anjoro Pitu. secara harfiah, arti dari Anjoro Pitu adalah Kelapa Tujuh. Tempat ini merupakan sebuah objek wisata perbukitan yang dimana kalian dapat melihat landscape atau pemandangan kota Mamuju. Tentunya, kami merekomendasikan kalian untuk datang ke tempat ini pada malam hari. Pemandangan city light-nya sangat luar biasa sahabat explorer. Selain itu, cuacanya juga sangat sejuk, udaranya bersih dan sedikit dingin. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa jaket kalian ya!
Akses menuju tempat ini bisa menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat. Namun, dibutuhkan keahlian mengemudi yang mumpuni nih sahabat explorer, karena medannya menanjak dan lumayan curam. Sebelum itu, kalian harus cek terlebih dahulu mesin kendaraan dan kelengkapan lainnya ya sahabat explorer. Kemanan berkendara nomor 1!

3. Pulau Gusung Toraja

wisata di sulawesi barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : dugongsjokka

Wisata di Sulawesi Barat yang selanjutnya adalah berkunjung ke Pulau Gusung Toraja. Pulau ini terletak di jejeran pulau di kecamatan Binuang, Kabupaten Polman. Pulau ini populer dengan pasir putihnya yang bersih dan juga halus. Rasanya, kalian langsung ingin menginjakkan kaki sesampainya di pulau kecil ini.

Uniknya, pulau ini menjadi spot favorit para turis untuk melihat matahari terbenam, dan juga matahari terbit. Pemandangan indah keduanya bisa kalian lihat dengan mata telanjang. Oleh karena itu, tidak heran jika pulau yang satu ini menjadi tempat paling populer di wilayahnya.

Pulau ini tidak berpenghuni, dengan demikian kalian harus mempersiapkan segalanya ya sebelum berangkat ke tempat ini.

4. Pantai Palippis

wisata di sulawesi barat - yoexplore, liburan keluarga - yoexplore.co.id

image source : sumber

Wisata di Sulawesi Barat yang selanjutnya adalah mengunjungi Pantai Palippis. Pantai yang satu ini berlokasi 20 Kilometer dari Polewali Mandar. Pantai yang satu ini masih belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan loh sahabat explorer. Dengan demikian, suasananya masih sangat asri nih sahabat explorer. Dijamin seru deh berkunjung ke pantai yang satu ini.

Pantai ini tepatnya berada di Desa Kecamatan Balanipa, pemandangannya juga tidak hanya pantai saja loh sahabat explorer. Ada sebuah perbukitan dan sebuah batu karang dengan tebing dan goa alam di Lawuang yang memanjang sepanjang kurang lebih 3 kilometer, dan menyambung dengan Pantai Palippis ini. Amazing banget deh!

Menikmati Keindahan Sulawesi Barat

Sahabat explorer, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sulawesi Barat yang dapat YoExplore berikan. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk berbagi cerita dan pengalaman traveling kalian di kolom komentar atau Guest Post YoExplore. Sampai bertemu di tulisan berikutnya, selamat berlibur dan have a good day, explorer!

Tentang penulis

Romzi Shamlan

Romzi Shamlan

Saya adalah Digital Content Creator untuk majalah YOEXPLORE dan akun YOEXPLORE di YouTube dengan pengalaman dalam blogging di bidang musik, membuat konten kreatif di bidang musik, radio, dan film.

Tinggalkan komentar